Pengembangan Model Pembelajaran Diskusi Kelompok Dalam Meningkat Pemahaman dan Aktivitas Belajar Mahasiswa

  • Dicky Tri Juniar Universitas Siliwangi
  • Aang Rohyana Universitas Siliwangi
  • Agus Arief Rahmat Universitas Siliwangi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat pengembangan model pembelajaran diskusi kelompok dalam upaya meningkatkan pemahaman dan aktivitas belajar mahasiswa ditinjau dari persepsi mahasiswa dalam keberlangsungan model pembelajaran Sharing And Knowing (SHARK) pada mata kuliah Belajar dan Pembelajaran Penjas. Proses pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mampu mengeksplor kemampuan penalaran pengetahuan dan meningkatkan respon terhadap kondisi sosial yang lebih positif sehingga menjadi bahan untuk memperkaya model pembelajaran bagi dosen khususnya Jurusan Pendidikan Jasmani. Metode penelitian menggunakan penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Borg dan Gall (1983) dan Gay (1990) yang dikutip oleh Sugiyono. Uji coba penelitian dilaksanakan melalui uji coba kelompok kecil dan kelompok besar pada mahasiswa semester 4 yang mengontrak mata kuliah Belajar dan Pembelajaran Penjas FKIP Universitas Siliwangi sesuai dengan kebutuhan peneliti. Uji coba kelompok kecil dilaksanakan pada bulan Agustus 2018 dan menghasilkan beberapa masukan untuk Model Sharing And Knowing. Kemudian dilanjutkan ke dalam uji coba kelompok besar dari hasil perbaikan-perbaikan dikelompok kecil sehingga didapat kesimpulan bahwa Model Sharing And Knowing bisa direkomendasikan menjadi salah satu model pembelajaran kooperatif di kelas. Namun tingkat keefektifannya belum diketahui, sehingga perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengukur tingkat keefektifan model tersebut

Keywords: Aktivitas, Belajar, Model, Diskusi Kelompok, Pemahaman

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi dan Jabar. 2015. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Heriyadi, D., & Hadiana, O. (2018). Perbandingan Model Discovery Learning Dengan Model Peer Teaching Terhadap Teknik Passing Bawah. JUARA : Jurnal Olahraga, 3(2). Retrieved from http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/juara/article/view/240

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Reflika Aditama: Bandung.

Kurnia, Rizka Dhini, Endang Lestari dan Ali Ibrahim. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa dan Peningkatan Mutu Lulusan Alumni Fasilkom UNSRI Berbasis E-Learning). Jurnal Sistem Informasi (JSI). Volume 6 No. 1 Halaman : 645-654

Kusuma, Febrian Widya dan Mimin Nur Aisyah. 2012. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. X No. Hal. 43 – 63.

Lehmann, H. (2010). The Systems Approach to Education. Special Presentation Conveyed in The International Seminar on Educational Innovation and Technology Manila. Innotech Publications-Vol 20 No. 05.

Mulyasa. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Bumi Aksara: Jakarta.

Nugroho, Aria Prasetyo, Trustho Raharjo, Wahyuningsih. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Permainan Ular Tangga ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 1 No. 1 Hal. 11-18.

Nurjaya, Gede. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Metode Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia berbasis Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kemampuan Aplikatif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 1 No. 2 Hal 102 – 111.

Ramadan, G., Sartono, Sartono & Hari, Aji Sugeng 2018. Pengembangan Model Latihan Paassing Bola Tangan. Jurnal Jossae, 3(1), 1-6. doi: 10.26740/jossae.v3n1.p1-6

Sagala, Syaiful. 2017. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta: Bandung.

Susanto, Joko. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study dengan Koopertif tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA di SD. Jurnal of Primary Education. Vol. 1 No. 2 Hal. 71 – 77.

Suyono dan Hariyanto. 2016. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. PT. Remaja Rodakarya: Bandung.

Taniredja, Tukiran, Efi Miftah dan Sri Harmianto. Model-Model Pemelajaran Inovatif dan efektif. Alfabeta: Badung.

Tauhidman, H., & Ramadan, G. (2018). Pengembangan Model Latihan Keseimbangan untuk Sekolah Dasar. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4(1), 133-144. doi:10.29407/js_unpgri.v4i1.12012

Zulkifli Matondang, 2015, Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian, Jurnal Tabularasa PPS Unimed. Vol. 6 Nomor 1 Juni 20.

Published
2019-04-19
How to Cite
Juniar, D. T., Rohyana, A., & Rahmat, A. A. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Diskusi Kelompok Dalam Meningkat Pemahaman dan Aktivitas Belajar Mahasiswa. JUARA : Jurnal Olahraga, 4(1), 15-26. https://doi.org/10.33222/juara.v4i1.381
Abstract viewed = 3398 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times