Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Ibing Pencak Silat Paleredan

  • Resti Tisnasari STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Berdasarkan observasi di lapangan, diperoleh data hasiltes ibing pencak silat paleredan di kelas V SDN Cimalaka III masihkurangmaksimal, Hal tersebut dikarenakan siswakurang memahami gerak dasa ribbing pencak silat paleredan yang benardankinerja guru dalampembelajarankurang menggunakan media, sehingga membuat siswa kurang mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model spiral dari Kemmis dan Taggart yang rangkaian kegiatannya meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil pelaksanaan tindakan yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Pada data awal perencanaan pembelajaran yaitu 49,16%, siklus I mencapai 64,91%, pada siklus II meningkat menjadi 80,75% dan siklus III mencapai 89,15%, siklus Ikinerja guru mencapai 65,41%, pada siklus II meningkat menjadi 80%, dan siklus III mencapai 92,08%. Aktivitas siswa pada data awal yaitu 40%, siklus I baru mencapai 68%, pada siklus II meningkat 80%, dan siklus III mencapai 88%. Hasil belajar siswa yang tuntas pada data awal mencapai 6 orang (24%), pada siklus I 14 orang (56%), pada siklus II menjadi 19 orangĀ  (76%), pada siklus III menjadi 23 orang siswa (92%) dari 25 orang siswa yang telah mencapai batas ketuntasan belajar. Dengan demikian penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam melakukan gerak dasar ibing pencak silat paleredan pada siswa kelas V SDN Cimalaka III Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (PG) Press Jakarta

Aqib, Zainal. 2006. Pendidikan Tindakan Kelas.Bandung: CV. Yrama Widya.

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: Diva Press.

Moleong, Lexy, J. 2004. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muhtar, Tatang. (2011). Buku Ajar Pencak Silat. Bandung: Program Studi S1 Pendidikan Jasmani Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang.

Sertifikasi, Guru. 2012. Bahan Ajar Pendidikan Jasmani. Bandung: PLPG Rayon 110 UPI.

Setiawati, E., & Hadiana, O. 2016. Pengaruh Latihan Leg Press Terhadap Peninngkatan Power Otot Tungkai Pada Atlet Pencak Silat. JUARA : Jurnal Olahraga, 1(1).

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif). Bandung: Alfabeta

Susilo, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti Proyek PGSD.

Wiriaatmadja, R. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Published
2017-01-24
How to Cite
Tisnasari, R. (2017). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Ibing Pencak Silat Paleredan. JUARA : Jurnal Olahraga, 2(1), 37-48. https://doi.org/10.33222/juara.v2i1.30
Abstract viewed = 170 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times