Meningkatkan Hasil Belajar Lari Sprint 60 Meter Melalui Pendekatan Bermain Dengan Alat

  • Didi Suhaedi SD Negeri Jagara Kabupaten Kuningan

Abstract

Pembelajaran Lari sprint 60 meter siswa kelas V SD Negeri Jagara Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan, mengalami permasalahan yang timbul dalam pembelajaran dengan hasil pembelajaran siswa yang kurang dari nilai rata-rata dibawah nilai KKM 75. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V materi lari sprint 60 meter melalui pendekatan bermain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Jagara pada semester II tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 50 siswa terdiri atas 29 siswa putra dan 21 siswa putri. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data pada penelitian ini adalah lembar pengamatan, dan tes unjuk kerja siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Data penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran lari sprint 60 meter melalui penerapan pendekatan bermain dengan alat dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kondisi awal persentase siswa yang nilainya mencapai KKM 75 sebesar 40% atau 20 anak dari jumlah keseluruhan siswa, pada tindakan siklus pertama persentase siswa yang nilainya mencapai KKM mencapai 70% atau sebanyak 35 siswa kemudian pada siklus kedua persentase ketuntasan belajar mencapai 86% atau sebanyak 43 siswa.

Keywords: Lari, Sprint, Pendekatan, Bermain

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisasmita, Yusuf. 1992. Olahraga Pilihan Atletik. Depdikbud. Jakarta

Anni, Catharina Tri. 2008. Psikologi Belajar. UNNES: UPT MKK UNNES

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ateng, Abdul Kadir. 1992. Azas dan Landasan Pendidikan Jasmani. Jakarta Depdikbud Dirjen Dikti

Dikpora Jawa Barat. 2013. Petunjuk Pelaksanaan Popda Tingkat I Jawa Barat. Bandung

Djumijar. 2004. Atletik http://www.google.com/search?q=pengertian+lari+sprint & client=firefox diakses pada 12
mei 2013

Harsono, 1988. Coacing dan Aspek-aspek Psikologi dalam Coacing, Jakarta : Tambak Kusumo.

Mahendra, Agus. (2003). Falsafah Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdiknas

Mahendra, Agus. 2008. Permainan Anak dan Aktivitas Ritmik. Jakarta: Universitas Terbuka

Munasifah. 2008. Atletik Cabang Lompat, Aneka Ilmu.

Nadisah. 1992. Pengembangan kurikulum pendidikan jasmani dan kesehatan. Jakarta Depdikbud Dirjen Dikti

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media

Soegiyanto, Soedjarwo. 2001. Permainan Kecil. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti

Soemitro, Yosaphat. 1992. Dasar-dasar Atletik. Universitas Terbuka. Depdikbud.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Syaifudin, Aip. 2007. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Unitas dan Dintiman. 1979. Atletik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Waluyo. 2011. Teknologi Pendidikan dalam Penjas.Universitas Sebelas Maret Surakarta

Yoyo, B. Yusuf, U., dan Suherman, A. 2000. Atletik. Depdikbud. Dirjendikdasmen
Published
2016-07-27
How to Cite
Suhaedi, D. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Lari Sprint 60 Meter Melalui Pendekatan Bermain Dengan Alat. JUARA : Jurnal Olahraga, 1(2), 64-75. https://doi.org/10.33222/juara.v1i2.20
Abstract viewed = 637 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times