PENGGUNAAN CLARISKETCH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA TEKS DESKRIPTIF SISWA KELAS IX SMPN 1 CIAWIGEBANG KABUPATEN KUNINGAN

  • Cephilman Buchroni Tendik

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada mengkaji pengaruh pengunaan aplikasi android bernama Clarisketch untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam bahasa Sunda, jenis teks deskriptif siswa kelas IX di SMPN 1 Ciawigebang Kabupaten Kuningan. Clarisketch dijadikan alat bantu dalam pembelajaran dikarenakan tidak mudahnya bagi siswa untuk menghasilkan teks ragam lisan tanpa menggunakan alat bantu visual yang membantu menghasilkan produk bahasa secara produktif. Mengacu pada latar belakang dan kegunaan dari Clarisketch,  penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan Clarisketch  pada aspek: 1) mendukung kelancaran berbicara, 2) penggunaan kosa kata yang digunakan pada saat berbicara, dan 3) pengurangan filler pada saat berbicara dalam bahasa Sunda. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan subyek diberi aplikasi Clariskecth sebagai alat bantu pada saat berbicara. Sebanyak 32 orang siswa kelas IX SMPN 1 Ciawigebang Kabupaten Kuningan berperan sebagai subyek dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Clarisketch efektif dalam memfasilitasi dan membantu siswa dalam berbicara ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang berada pada kategori Baik dan Sangat Baik, 2) berdasarkan hasil wawancara ditemukan bahwa siswa merasa lebih percaya diri ketika berbicara dengan menggunakan Clarisketch, dan 3) siswa dari kelompok pembelajar yang lambat dapat menggunakan struktur teks yang benar dan berterima untuk mendeskripsikan kampung adat.

 

Keywords: Clarisketch, berbicara bahasa Sunda, Teks Deskriptif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research Methods in Education . New York: Routledge, Taylor &Francis Group e-Libarary.

Derewianka, B. (2018). Text Type. RELC Journal, 133-155. doi:DOI: 10.1177/003368820303400202

Knapp, P., & Watkins, M. (2005). Genre, Text, Grammar: Technologies for teaching and assessing writing. Australia: National Library of Australia.

Martin, J., & Maton, K. (2017). Rethinking Field and Knowledge Structure. Research Gate, SFL:12-45.

rcampus. (2020, Februari 02). Grading Criteria for Speaking Test. Diambil kembali dari https://www.rcampus.com/rubricshowc.cfm?sp=yes&code=L47B46&: https://www.rcampus.com/rubricshowc.cfm?code=L47B46&sp=yes

Published
2020-04-25
Section
Articles
Abstract viewed = 114 times
pdf downloaded = 93 times