Kandaga Kecap Istilah Tatanen Ngahuma di Kacamatan Ciwaru Kabupaten Kuningan pikeun Bahan Pangajaran Maca Bahasan di SMA

  • Hadiman Hadiman
  • Fajar Sukma Nur Alam

Abstract

Penelitian ini mempunyai beberapa tujuan, yaitu (1) untuk menginventalisir istilah-istilah tatanen ngahuma yang ada di Kecamatan Ciwaru Kabupaten Kuningan, (2) mendeskripsikan arti dari istilah tatanen ngahuma yang ada di Kecamatan Ciwaru Kabupaten Kuningan, (3) mendeskripsikan istilah tatanen ngahuma yang ada di Kecamatan Ciwaru Kabupaten Kuningan berdasarkan bentuk katanya, dan (4) untuk dijadikan bahan pembelajaran membaca bahasan di SMA. Adapun lokasi yang dijadikan tempat penelitian berjumlah 4 desa dari 12 desa yang ada di Kecamatan Ciwaru, yaitu Desa Citikur, Desa Citundun, Desa Lebakherang, dan Desa Sumberjaya. Hal ini berdasarkan desa-desa yang masih berpotensi ngahuma. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik yang digunakannya yaitu studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil inventarisasi, ditemukan 180 istilah tatanen ngahuma di Kecamatan Ciwaru Kabupaten Kuningan. Istilah tersebut dikelompokan berdasarkan bentuk katanya yaitu (1) bentuk kata asal berjumlah 72 istilah, (2) bentuk kata berimbuhan berjumlah 70 istilah yang terdiri dari awalan di- 7 istilah, awalan ka- 4 istilah, awalan N- (nasal) 33 istilah, awalan pa- 2 istilah, awalan sa- 5 istilah, akhiran -an 5 istilah, akhiran -eun 1 istilah, akhiran -na 1 istilah, imbuhan gabung pa+N+-an 1 istilah, imbuhan gabung N-+- keun 2 istilah, imbuhan gabung N-+-an 8 istilah, dan imbuhan gabung di-+-keun 1 istilah, (3) bentuk kata majemuk 32 istilah, dan (4) bentuk kata ulang 6 istilah. Berdasarkan hasil inventarisasi, istilah-istilah tatanen ngahuma yang ditemukan di Kecamatan Ciwaru Kabupaten Kuningan tersebut sudah memenuhi kriteria untuk dijadikan bahan pembelajaran membaca bahasan.

Keywords: Kandaga Kecap, Istilah Tatanén ngahuma, Membaca Bahasan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Danadibrata, 2006. Kamus Basa Sunda. Bandung: Kiblat

Ekadjati, Edi Suhardi, 1980. Masyarakat Sunda dan Kebudayaannya, Bandung: Girimukti Pasaka.

Faturrohman, Taufik, 1982. Tata Basa Sunda, Bandung: Jatmika.

Rosmana Iyos Ana, 2003. Morfologi Basa Sunda, Bandung, Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah FBS UPI Bandung.

Kridalaksana, Harimurti, 1993. Kamus Linguistik, Jakarta: Gramedia.

Majid, Abdul, 2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Rosda.

Novitasari, Vita, 2012. Analisis Pragmatis Paguneman dina Barakatak Manglé Édisi Juli-Agustus 2010 pikeun Bahan Pangajaran Maca di SMP. Bandung: JPBD FBS UPI.

Nurfaturahman, Aéf, 2014. Kandaga Kecap Istilah Tatanen Nyawah di Kacamatan Kalimanggis Kabupatén Kuningan piken Bahan Pangajaran Maca Bahasan di SMA. Kuningan: PBSD STKIPM Kuningan.

Prastowo, Andi, 2011. Panduan Kréatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Jogjakarta: Diva Préss.

Rahmawati, Yuli Siti, 2014. Istilah Tatanén Ngahuma di Désa Béncoy Kacamatan Cireunghas Sukabumi pikeun Bahan Pangajaran Maca Kelas XII. Bandung: JPBD FBS UPI.

Setiasih, Euis, 2014. Istilah Tatanén Melak Paré di Désa Cikaso Kacamatan Kramatmulya Kabupatén Kuningan pikeun Bahan Pangajaran Maca Artikel Budaya Sunda di SMP Kelas IX. Kuningan: PBSD STKIPM Kuningan.

Sudaryat, Yayat, 2010. Ulikan Semantik Sunda, Bandung: CV. Geger Sunten.

Sudaryat, Yayat. 2010. Pedaran Basa Sunda, Bandung: CV. Geger Sunten.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kunatitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke-18. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta.

Suyatna, Amir, 2010. Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Bahasa, Bandung: UPI.

Tamsyah, Budi Rahayu, 1996. Kamus Lengkap Sunda-Indonesia, Indonesia-Sunda, Sunda-Sunda. Bandung: Pustaka Setia.

Tarigan, Henry Guntur, 1979. Membaca Sebagai Keterampilan Berbhasa, Bandung: Angkasa.

Published
2017-04-25
Section
Articles
Abstract viewed = 1213 times
PDF downloaded = 142 times