ASPEK SOSIOLOGI SASTRA DALAM FIKSIMINI DAYEUH KASAREUPNAKEUN KARANGAN NAZARUDIN AZHAR UNTUK BAHAN AJAR MEMBACA PEDARAN SASTRA DI SMA KELAS XI

  • Zaenal Abidin
  • Nanin Nurnaningsih
  • Nanin Nurnaningsih

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana dan apa saja aspek sosiologi yang terdapat dalam fiksimini Dayeuh Kasareupnakeun, baik konteks sosial pengarang, karya sastra merupakan cerminan masyarakat, juga bahan pembelajaran membaca bahasan sastra untuk SMA Kelas XI. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptifanalitik yang bertujuan untuk mendeskripsikan data-data, baik lisan maupun tulisan, dan menafsirkan objek penelitian berdasarkan data-data tersebut. Sedangkan tehnik yang digunakan adalah tehnik studi dokumentasi, studi analisis data, dan tehnik wawancara.penelitian ini memperoleh hasil sebagai berikut: terbitnya fiksimini Dayeuh Kasareupnakeun amat dipengaruhi oleh
latar belakang kehidupan pengarang, yaitu kondisi dimana pengarang bekerja dan lingkungan pengarang. Sedangkan realitas sosial dalam fiksimini Dayeuh Kasareupnakeun adalah realitas yang ada di masyarakat, realitas yang ditemukan dan merupakan cerminan masyarakat di antaranya fiksimini Dayeuh Kasareupnakeun menggambarkan masyarakat yang memiliki kepercayaan, kedudukan, Pekerjaan, Sejarah, dongeng yang terus berkembang, masyarakat modern, dan masyarakat yang terkena dampak bencana.pengarang mengharapkan hal-hal yang ditulis dalam karyanya tersebut dapat menjadi bahan pemikiran bagi pembaca, dan menjadi pengalaman sosial.fiksimini dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran membaca bahasan sastra di SMA kelas XI. Melalui penelitian ini, pandangan bahwa sastra adalah cerminan dari kehidupan sosial, terbukti benar adanya. Peneliti berharap kepada peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian dengan lebih mendalam. Akhirnya, semoga hasil penelitian ini dapat menambah khazanah bahasa, sastra, dan budaya Sunda beserta pembelajarannya.

Keywords: Sosiologi Sastra, Nazarudin Azhar, Bahan pembelajaran membaca

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryawinangun, Darpan. 2014. Panganteur Fiksimini Basa Sunda. Fiksimini Nu Kumaha téa?. Bandung: Majalah Manglé, No. 2501.

Damono, Sapardi Djoko. 1979. Sosiologi Sastra, Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Danadiibrata, RA. 2009. Kamus Basa Sunda. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Endaswara, Suwardi. 2003. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Widyatama

Faruk. 2012. Pengantar Sosiologi Sastra dari Strukturalisme Genetik sampai Post Modernisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Koswara, dedi. 2010. Racikan Sastra: Pangdeudeul Bahan Perkuliahan Sastra Sunda. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Nazarudin, Nunu. 2014. Dayeuh Kasareupnakeun. Tasikmalaya: Pustaka Mataholang.

Nurgiyantoro, Burhan. 1998. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pardopo, Rahmat Joko. 2001. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya.Yogya: Pustaka Pelajar.

Ratna, Nyoman Kutha.. 2003. Paradigma Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Internet:

https://agusnoorfiles.wordpress.com/2009/11/21/fiksi-mini-menyuling-cerita-menyuling-dunia/?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C9908961470. Aksés: 4 Agustus 2015.

Published
2017-04-25
Section
Articles
Abstract viewed = 179 times
PDF downloaded = 154 times