Make-A Match untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Sisindiran Siswa SMP

  • Cephilman Buchroni Tendik

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran make - a match dalam meningkatkan kemampuan menulis sisindiran pada peserta didik  sekolah menengah pertama pada pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-B SMPN 1 Ciawigebang, Kuningan yang terdiri dari 35 orang, yaitu 14 laki-laki dan 21 perempuan. Penelitian ini menggunakan partisipatory action reseach yaitu peneliti terlibat langsung pada penelitian  sehingga pada saat peneliti merasakan ada masalah dalam pembelajaran langsung dilakukan tindakan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Data diperoleh dari observasi, catatan anekdotal, dan hasil tes yang dilakukan pada Siklus I dan Siklus II. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa penggunaan kartu Make-a macth  meningkatkan hasil belajar menulis sisindiran. Pada Siklus I peserta didik  mencapai hasil belajar dengan  rata-rata 65,6, dan 7 orang peserta didik   yang tuntas (20,0%). Pada Siklus II dari 35 orang peserta didik, 30 yang memiliki kriteria tuntas mencapai 85,71 % dan 5 orang yang belum tuntas 14,25%. Kesimpulan yang dapat diajukan adalah penggunaan kartu Make-a Match memfasilitasi peserta didik untuk dapat meningkat hasil belajarnya melalui kegiatan yang berpasangan melakukan percobaan menemukan sampiran dan isi sisindiran, dan kartu Make-a match  memfasilitasi peserta didik untuk menemukan beragam sisindiran yang menjadi pemicu utuk memperkaya sisindiran yang dapat dikuasainya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhirah, S. R. (2021). Sastra Nusantara: Analisis Mantra dan Sisindiran Berdasarkan Makna dan Fungsi. … Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra …, 5(5), 257–263. http://research-report.umm.ac.id/index.php/SENASBASA/article/view/4900%0Ahttp://research-report.umm.ac.id/index.php/SENASBASA/article/download/4900/4538
Creswell, Jhon, W. 2008. Educational Reseach: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, New Jersey: Pearson Education Inc.
Gubernur, P. (2013). Pergub 69 Tahun 2013 tentang Muatan Lokal Bahasa dan Sastra Daerah pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
Halil, M. A. (2016). Kajian Budaya Sastra Lisan Pandara dan Sisindiran. Edukasi, 14(1), 423–442.
Mulyaningsih, A. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja. Rosdakarya.
Nurkencana, Sunartana. 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.
Rismadiani Kurnia. (2014). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal of Elementary Education, 3(November), 14–20.
Published
2023-05-07
Section
Articles
Abstract viewed = 139 times
pdf downloaded = 124 times