UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATERI CARITA PONDOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
(PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI KELAS XI SMK AR-RIDWAN CINTAMULYA KABUPATEN TASIKMALAYA)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi carita pondok melalui model pembelajaran problem based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode ini dilakukan melalui 4 tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi peserta didik, instrumen tes, dan catatan lapangan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil tes pemahaman peserta didik diakhir siklus I adalah 62, kemudian meningkat menjadi 74 di akhir siklus II. Sedangkan persentase aktivitas peserta didik mengalami peningkatan, yakni dari siklus I 63,35% dan di siklus II menjadi 82,13%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan modelĀ pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi
Downloads
References
Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama.
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Haerudin, Dingding, dkk. 2017. Basa Sunda Urang Pangajaran Basa Sunda pikeun Murid SMA/SMK/MA Kelas XI. Bandung: Geger Sunten.
I.G.A.K. Wardani, dkk. 2022. Pemantapan Kemampuan Profesional.
Ramadan, Gilang & Juniarti, Y. (2020). Metode penelitian : pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. CV Sadari Press
Sadiman, Arief S, dkk. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudaryat, Yayat, Deni Hadiansah. 2017. Panggelar Basa Sunda pikeun Murid SMA/SMK/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
Copyright (c) 2022 JALADRI : Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-nd/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan disediakan untuk tujuan lain apa pun atau kepada pihak lain mana pun.