UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATERI CARITA PONDOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

(PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI KELAS XI SMK AR-RIDWAN CINTAMULYA KABUPATEN TASIKMALAYA)

  • Tika Yuanita Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tika Nurhayati Lestari Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Padjajaran Bandung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi carita pondok melalui model pembelajaran problem based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode ini dilakukan melalui 4 tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi peserta didik, instrumen tes, dan catatan lapangan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil tes pemahaman peserta didik diakhir siklus I adalah 62, kemudian meningkat menjadi 74 di akhir siklus II. Sedangkan persentase aktivitas peserta didik mengalami peningkatan, yakni dari siklus I 63,35% dan di siklus II menjadi 82,13%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan modelĀ  pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi

Keywords: Pemahaman Belajar, Carita Pondok, Problem Based Learning

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Haerudin, Dingding, dkk. 2017. Basa Sunda Urang Pangajaran Basa Sunda pikeun Murid SMA/SMK/MA Kelas XI. Bandung: Geger Sunten.

I.G.A.K. Wardani, dkk. 2022. Pemantapan Kemampuan Profesional.

Ramadan, Gilang & Juniarti, Y. (2020). Metode penelitian : pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. CV Sadari Press

Sadiman, Arief S, dkk. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudaryat, Yayat, Deni Hadiansah. 2017. Panggelar Basa Sunda pikeun Murid SMA/SMK/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Published
2022-10-27
Section
Articles
Abstract viewed = 115 times
pdf downloaded = 132 times