ANALISIS STRUKTURAL DAN SEMIOTIK NOVEL PUPUTON KARYA AAM AMILIA

  • Aldi Rinaldi Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis dan membahas pendekatan struktural dan semiotik pada novel Puputon karya Aam Amilia. Novel tersebut menggambarkan perjalanan Ismet yang penuh dengan nilai-nilai kehidupan yang bisa dijadikan pembelajaran kehidupan. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan (1) struktur yang ada dalam novel Puputon karya Aam Amilia yang mencakup tema cerita, fakta cerita (galur, tokoh, dan latar), dan sarana cerita (judul, sudut pandang, dan gaya bahasa); (2) unsur semiotik (ikon, indeks, dan simbol) novel Puputon karya Aam Amilia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif analisis dengan teknik telaah pustaka, analisis data, dan interpretasi. Hasil penelitiannya: (1) novel ini memilki tema sosial mengenai perjalanan Ismet. Fakta cerita yang terdapat dalam novel ini di antaranya alur maju, lalu tokoh yang ditemukan terbagi menjadi dua yaitu tokoh utama dan tokoh tambahan, latarnya yaitu latar tempat dan waktu, sedangkan sarana cerita yang ditemukan yaitu judul Puputon yang diambil dari keadaan tokoh utama yaitu Ismet; (2) novel ini memiliki tanda yang mengandung makna, terlihat ada 23 ikon yang mayoritas menunjukkan panggilan sifat, 154 indeks yang mayoritas menunjukkan reaksi keadaan, dan 80 simbol yang mayoritas menunjukkan tanda waktu.

Keywords: novel, semiotik, struktural, puputon

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daledalle, G. (1978). L'ordre philosophique. Paris, Editions du Seuil.

Darajat, D., & Suherman, A. (2021). Names and Terms of Livelihood of Sundanese People: An Ethnolinguistic Study: Nama dan Istilah Mata Pencaharian Masyarakat Sunda: Sebuah Kajian Etnolinguistik. Jurnal Kata: Penelitian tentang Ilmu Bahasa dan Sastra, 5(2), 211-223.

Darajat, D., Ruhaliah, R., & Isnendes, R. (2020). Karakteristik Kepemimpinan Sunda dalam Novel Sejarah Mantri Jero Karya R. Memed Sastrahadiprawira. LOKABASA, 11(1), 10-21.

Dwiyanti, R., & Suherman, A. (2019). Unsur Budaya Dalam Cerita Film Cakra Buana Karya Sutradara Massimo Burhanuddin. Lokabasa, 10(2), 204-213.

Hayati, E. (2010). “Analisis Struktur dina Buku Kumpulan Carita Pondok Layung karya Aam Amilia pikeun Bahan Pangajaran Aprésiasi Sastra di SMP”. Skripsi. JPBD FPBS UPI.

Iskandarwassid. (2003). Kamus Istilah Sastra Pangdeudeul Pangajaran Sastra Sunda. Bandung: Geger Sunten.

Isnendes, C. R. (2010). Teori Sastra. Bandung: Wahana Karya Grafika.

Jamilah, A. (2015). “Ulikan Struktural jeung Féminis kana Novel Handeuleum na Haté Beureum Karya Chyé Rétty Isnéndés pikeun Bahan Pangajaran Maca Novel di SMA Kelas XI”. Skripsi. JPBD FPBS UPI.

Koswara, D. (2013). Racikan Sastra Pangdedeul Bahan Perkuliahan Sastra Sunda. Bandung: Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah.

Koswara , D., Dallyono , R., Suherman , A., & Hyangsewu , P. (2021). The Analytical Scoring Assessment Usage to Examine Sundanese Students’ Performance in Writing Descriptive Texts. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(3), 573-583.

Mukti, D. R. (2009). “Analisis Struktur Novel Neger jeung Bangsa Arab Karangan P.J. Andriessen”. Skripsi. JPBD FPBS UPI.

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurmala, R. T., & Suherman, A. (2021). Aspek Sosial dalam Kumpulan Cerita Pendek Layung Karya Aam Amilia. Lokabasa, 12(2), 169-180.

Nursinto. (2000). Iktiar Kesusasteraan Indonesia. Yogyakarta: Adicita.

Nuryanti, N. (2004). “Kajian Struktural dina Novel Kembang Rumah Tangga Karya Tjaraka”. Skripsi. JPBD FPBS UPI.

Ramadan, Gilang & Juniarti, Y. (2020). Metode penelitian : pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. CV Sadari Press

Rahmawati, I. (2004). “Analisis Struktur Novel Potrét Karangan Ahmad Bakri”. Skripsi. JPBD FPBS UPI.

Ratna, N. K. (2013). Teori, Metode, dan Teknk Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Robby, K. K., Isnendes, R., & Suherman, A. (2021). Citra Perempuan dalam Roman Pendek Pileuleuyan Karya Yus Rusamsi. Lokabasa, 12(1), 60-72.

Semi, M. A. (2012). Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.

Stanton, R. (2012). Teori Fiksi Robert Stanton. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suherman, A. (2019). Literacy Tradition of Sundanese Society-Indonesia. International Journal for Innovation Education and Research, 7(3), 262-271.

Teeuw, A. (2015). Sastra dan Ilmu Sastra. Bandung: Pustaka Jaya.

Zaimar, O. K.S. (1990). Menelusuri Makna Ziarah Karya Iwan Simatupang. Jakarta: Intermasa.

Published
2022-04-26
Section
Articles
Abstract viewed = 1078 times
pdf downloaded = 599 times