ANALISIS STRUKTUR DAN NILAI PENDIDIKAN NOVEL DIRAWU KÉLONG KARYA AHMAD BAKRI SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN
Abstract
This study aims to: 1) analyze the structure of the novel Dirawu Kélong by Ahmad Bakri; 2) analyze the educational value of Ahmad Bakri's Dirawu Kélong novel; 3) as well as for learning materials for reading novels in class IX SMP. This research is qualitative research with a descriptive analysis method. The technique of collecting data using the literature study technique and the data source is the novel Dirawu Kélong by Ahmad Bakri. The results of this study are: 1) this novel is themed about the daily life of Udin, the lines used are mixed lines, and the 18 characters involved. The mandate contained in it is to advise about life so that you can think long, respect all God's creatures, and be obedient to your parents; 2) Analysis of educational values in the Dirawu Kélong novel includes character education values, namely religious, honest, tolerance, discipline, hard work, creative, independent, democratic, curiosity, national spirit, love peace, love to read, care for the environment, responsibility; 3) the novel Dirawu Kélong deserves to be used as a learning material for reading novels in grade IX SMP because it covers aspects of language, psychology, and cultural background..
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Bertens, K. 2007. Etika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
LBSS. 2007. Kamus Umum Basa Sunda. PT. Kiblat Buku Utama
Nurgiantoro, Burhan. 1994. Teori Pengkajian Sastra.Yogyakarta: Gajah Mada FBS Univrsitas Press
Iskadarwassid. 1996. Kamus Istilah Sastra Pangdeudeul Pangajaran Sastra Sunda. Bandung: Geger sunten
Isnendes, Retty. 2010. Teori Sastra Bandung: Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah FPBS Universitas Pendidikan Indonesia
Koswara, Dedi. 2010. Sastra Sunda Modern. Bandung: Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah FPBS Uiversitas Indonesia
Ramadan, Gilang & Juniarti, Y. (2020). Metode penelitian : pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. CV Sadari Press
Ropiah, O. (2015). Pendidikan Karakter Dalam Paribasa Sunda. JALADRI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Daerah), 1(1), 1–11.
Staton, Robert. 2007. Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sugiyono, 2015. Métode penelitian pendidikan kuantitatif & kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Suyatna, Amir. 2002. Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan dan Pengajaran Basa. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni.
Tamsyah, Budi Rahayu Spk. 1996. Pengajaran Sastra Sunda. Bandung: pustaka setia
Copyright (c) 2022 JALADRI : Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Silakan temukan hak dan lisensi di Jaladri: Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda. Dengan mengirimkan artikel/naskah artikel, penulis menyetujui kebijakan ini. Tidak diperlukan dokumen khusus.
1. Lisensi
Penggunaan artikel akan diatur oleh Creative Commons Attribution - lisensi ShareAlike seperti yang saat ini ditampilkan pada Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
2. Jaminan Penulis
Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah diterbitkan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang sepenuhnya dimiliki oleh penulis dan bebas dari hak pihak ketiga mana pun, dan izin tertulis apa pun yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
3. Hak Pengguna
Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda adalah menyebarkan artikel yang diterbitkan secara gratis. Di bawah lisensi Creative Commons, Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda mengizinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan menampilkan karya. Pengguna juga perlu mengaitkan penulis Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda yang mendistribusikan karya di jurnal dan media publikasi lainnya.
4. Hak Penulis
Penulis mempertahankan seluruh haknya atas karya yang diterbitkan, seperti (namun tidak terbatas pada) hak-hak berikut;
a. Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel tersebut, seperti hak paten,
b. Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya-karyanya di masa depan, termasuk ceramah dan buku,
c. Hak untuk memperbanyak artikel untuk kepentingan sendiri,
d. Hak untuk mengadakan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan artikel (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini (Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda).
5. Penulisan Bersama,
Jika artikel disiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua rekan penulis untuk menyetujui pemberitahuan (perjanjian) hak cipta dan lisensi ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan rekan penulisnya mengenai ketentuan kebijakan ini. Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda tidak bertanggung jawab atas segala hal yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda hanya akan berkomunikasi dengan penulis terkait.
6. Royalti
Menjadi jurnal yang dapat diakses secara terbuka dan menyebarkan artikel secara gratis di bawah ketentuan lisensi Creative Commons yang disebutkan, penulis menyadari bahwa Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda tidak memberikan hak kepada penulis untuk royalti atau biaya