PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA BALAD PADA PEMBELAJARAN BAHASA SUNDA UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA SUNDA SISWA SD

  • Eki Hilman Rasyid Eki Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Mohammad Fahmi Nugraha 3FKIP, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Budi Hendrawan FKIP, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada kurangnya kosakata bahasa Sunda siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Tasikmlaya. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran aksara balad  yang dapat membantu meningkatkan kosakata bahasa sunda anak. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Hasil penelitian tahap validasi ahli media yaitu sebesar 94%  kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi ahli materi yaitu sebesar 95% kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi guru yaitu sebesar 100% kategori “Sangat Layak”. Dan hasil validasi praktisi pembelajaran yaitu sebesar 93% dengan kategori “Sangat Layak”. Sementara itu, pada uji coba kelompok kecil mendapatkan skor 86.25% dengan kategori “Sangat Layak” dan  pada uji coba kelompok besar mendapatkan skor 84.5% dengan kategori kelayakan “Sangat Layak”. Penelitian dilakukan di SDN Sukasenang berbantuan N-Gain dengan skor hasil rata-rata sebesar 0.8 atau 80%  dengan kategori “Efektif”. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajran aksara balad efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Sunda sebagai media untuk meningkatkan kosakata siswa SD.

 

Keywords: Media Pembelajaran, Bahasa Sunda, kosakata, Aksara Balad

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina Ellyana. (2016). Pengembangan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kosakata Siswa Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris.

Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315

Fridani, Lara; Dhieni, N. (2014). Hakikat Perkembangan Bahasa Anak. Metode Pengembangan Bahasa, 1–28.

Panagribuan, T. (2013). Paradigma Bahasa. Graha Ilmu, 53(9), 1689–1699.

Prof. Dr. Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN kuantitatif, kualitatif dan R&D (27th ed.). ALFABETA,cv.

Ramadan, Gilang & Juniarti, Y. (2020). Metode penelitian : pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. CV Sadari Press

Ramdhani, E. P., Khoirunnisa, F., & Siregar, N. A. N. (2020). Efektifitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple

Representation pada Materi Ikatan Kimia. Journal of Research and Technology, 6(1), 162–167.

Rina Devianty. (2017). Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24(2), 226–245.

Selvia, A. P. (2019). Sikap Pemertahanan Bahasa Sunda Dalam Konteks Pendidikan Anak Usia Dini (Kajian Sosiolinguistik Di Desa Sarireja, Kecamatan Jalan Cagak, Kabupaten Subang). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Yasbiati, Pranata, O. H., & Fauziayah, F. (2017). Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Sunda Anak Usia Dini Pada Kelompok B Di Tk Pgri Cibeureum. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 20–29.

Published
2022-04-26
Section
Articles
Abstract viewed = 384 times
pdf downloaded = 257 times