PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENDENGARKAN DONGENG SISWA DI KELAS VII SMP

  • Ulfa Nur ‘Alfiyah

Abstract

Berdasarkan survey pendahuluan yang peneliti laksanakan di SMP Negeri 3 Kuningan, kemampuan mendengarkan dongeng siswa masih rendah, hal ini dibuktikan siswa tidak bisa menjawab pertanyaan berkaitan dengan dongeng yang diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh pengajaran Pembelajaran Berbasis Masalah pada kemampuan mendengarkan dongeng siswa di Kelas VII SMP Negeri 3 Kuningan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan teknik tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kuningan yang berjumlah 350 siswa. Teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling, dimana peneliti memilih secara acak sampel penelitian sehingga sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 34 siswa sebagai kelompok eksperimen dengan menerapkan metode pengajaran pembelajaran berbasis masalah dan siswa kelas VII. F yang berjumlah 34 siswa sebagai kelompok kontrol dengan menerapkan metode pembelajaran konvensional. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji hipotesis (uji t) yang digunakan untuk mengetahui pengaruh pengajaran Pembelajaran Berbasis Masalah pada kemampuan mendengarkan cerita siswa di Kelas VII SMP Negeri 3 Kuningan. Berdasarkan perhitungan secara statistik diperoleh t hit (6,590) > t daf (1,67), Hi diterima artinya ada pengaruh pengajaran Pembelajaran Berbasis Masalah pada kemampuan mendengarkan cerita siswa di Kelas VII SMP Negeri 3 Kuningan. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh pengajaran Pembelajaran Berbasis Masalah pada kemampuan mendengarkan cerita siswa di Kelas VII SMP Negeri 3 Kuningan.

 

 

Keywords: Metode Pembelajaran Berbasis Masalah, kemampuan mendengarkan, dongeng

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Iif Khoiru, 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Surabaya : Prestasi Pustaka,
Aminuddin. 2006. Pengantar Apresiasi Karya Sastra, Bandung, Sinar Baru
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, Rineka Cipta
Arsyad, A. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka
Faturohman, Taufik. 2005. Ulikan Sastra, Bandung, Djatnika
Hadi, Sutrisno. 2003. Metode Penelitian. Bandung : Remaja Rosda Karya
Iskandarwassid, ed. 2004. Raksarasa, Bandung, Geger Sunten
------------------. 2005. Kamus Istilah Sastra, Bandung, Geger Sunten
Isnéndés, Retty. 2009. Panyawangan Sastra, Bandung, JPBD FPBS UPI
Koswara, Dedi. 2010. Sastra Sunda Modern, Bandung, JPBD
Kusumah. 2008. Media Pembelajaran. Bandung : Pustaka Setia
Kuswari, Usep. 2012. Pendekatan dan Kemampuan Membaca, Bandung, JPBD
LBSS. 2005. Kamus Umum Basa Sunda, Bandung, Tarate.
Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta : Gaung Persada Press
Nasir, Muhammad. 2003. Metode Statistika. Bandung : Pustaka
Nurhadi, Hadi. 2004. Teknik Pembelajaran dan Peningkatan Mutu Pendidikan Bandung : Sinar Baru.
------------------, 2004. Membaca Cepat dan Efektif, Bandung, Sinar Baru
Nurhasanah. 2007. Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Bandung : Pustaka Setia.
Purwanto, Ngalim. 2011. Ilmu Pendidikan : Teoritis dan Praktis. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Rahardjo. 2006. Media pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Roijakers, Ad. 2004. Mengajar Dengan Sukses, Jakarta, Dunia Pustaka Jaya.
Rusyana, Yus. 2004. Panyungsi Sastra, Bandung, Gunung Larang
Wina, Sanjaya. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Sobandi, Ahmad. 2002. Dongeng Basa Sunda. Bandung : Al – Huda
Sudaryat, Yayat. 2004. Élmuning Basa, Bandung, CV Walatra
------------------. 2007. Makaya Basa, Bandung, Sonagar Press
Sumantri, Maman, 2008. Palanggeran Éjahan Basa Sunda, Bandung, Sonagar Press
Suryani. 2010. Kajian Sastra. Bandung: Pustaka Setia
Suryatin, H.E. 2004. Keterkaitan antara Minat Baca Sastra Indonesia dan Pengalaman Belajar Sastra Indonesia dengan Tingkat Keterampilan Apresiasi Sastra Indonesia, Bandung, Fakultas Pasca Sarjana
Suyatna, Amir. 2005. Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Bahasa, Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia.
Tampubolon, D.P. 1991. Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca Pada Anak, Bandung,Angkasa
------------------. 2005. Kemajuan Membaca Tehnik, Membaca Efektif dan Efisien, Bandung, Angkasa
Tarigan, H.G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung, Angkasa
Umaedi. 2002. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher.
Published
2020-10-25
Section
Articles
Abstract viewed = 146 times
pdf downloaded = 140 times