PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENDENGARKAN DONGENG SISWA DI KELAS VII SMP
Abstract
Berdasarkan survey pendahuluan yang peneliti laksanakan di SMP Negeri 3 Kuningan, kemampuan mendengarkan dongeng siswa masih rendah, hal ini dibuktikan siswa tidak bisa menjawab pertanyaan berkaitan dengan dongeng yang diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh pengajaran Pembelajaran Berbasis Masalah pada kemampuan mendengarkan dongeng siswa di Kelas VII SMP Negeri 3 Kuningan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan teknik tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kuningan yang berjumlah 350 siswa. Teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling, dimana peneliti memilih secara acak sampel penelitian sehingga sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 34 siswa sebagai kelompok eksperimen dengan menerapkan metode pengajaran pembelajaran berbasis masalah dan siswa kelas VII. F yang berjumlah 34 siswa sebagai kelompok kontrol dengan menerapkan metode pembelajaran konvensional. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji hipotesis (uji t) yang digunakan untuk mengetahui pengaruh pengajaran Pembelajaran Berbasis Masalah pada kemampuan mendengarkan cerita siswa di Kelas VII SMP Negeri 3 Kuningan. Berdasarkan perhitungan secara statistik diperoleh t hit (6,590) > t daf (1,67), Hi diterima artinya ada pengaruh pengajaran Pembelajaran Berbasis Masalah pada kemampuan mendengarkan cerita siswa di Kelas VII SMP Negeri 3 Kuningan. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh pengajaran Pembelajaran Berbasis Masalah pada kemampuan mendengarkan cerita siswa di Kelas VII SMP Negeri 3 Kuningan.
Downloads
References
Aminuddin. 2006. Pengantar Apresiasi Karya Sastra, Bandung, Sinar Baru
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, Rineka Cipta
Arsyad, A. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka
Faturohman, Taufik. 2005. Ulikan Sastra, Bandung, Djatnika
Hadi, Sutrisno. 2003. Metode Penelitian. Bandung : Remaja Rosda Karya
Iskandarwassid, ed. 2004. Raksarasa, Bandung, Geger Sunten
------------------. 2005. Kamus Istilah Sastra, Bandung, Geger Sunten
Isnéndés, Retty. 2009. Panyawangan Sastra, Bandung, JPBD FPBS UPI
Koswara, Dedi. 2010. Sastra Sunda Modern, Bandung, JPBD
Kusumah. 2008. Media Pembelajaran. Bandung : Pustaka Setia
Kuswari, Usep. 2012. Pendekatan dan Kemampuan Membaca, Bandung, JPBD
LBSS. 2005. Kamus Umum Basa Sunda, Bandung, Tarate.
Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta : Gaung Persada Press
Nasir, Muhammad. 2003. Metode Statistika. Bandung : Pustaka
Nurhadi, Hadi. 2004. Teknik Pembelajaran dan Peningkatan Mutu Pendidikan Bandung : Sinar Baru.
------------------, 2004. Membaca Cepat dan Efektif, Bandung, Sinar Baru
Nurhasanah. 2007. Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Bandung : Pustaka Setia.
Purwanto, Ngalim. 2011. Ilmu Pendidikan : Teoritis dan Praktis. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Rahardjo. 2006. Media pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Roijakers, Ad. 2004. Mengajar Dengan Sukses, Jakarta, Dunia Pustaka Jaya.
Rusyana, Yus. 2004. Panyungsi Sastra, Bandung, Gunung Larang
Wina, Sanjaya. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Sobandi, Ahmad. 2002. Dongeng Basa Sunda. Bandung : Al – Huda
Sudaryat, Yayat. 2004. Élmuning Basa, Bandung, CV Walatra
------------------. 2007. Makaya Basa, Bandung, Sonagar Press
Sumantri, Maman, 2008. Palanggeran Éjahan Basa Sunda, Bandung, Sonagar Press
Suryani. 2010. Kajian Sastra. Bandung: Pustaka Setia
Suryatin, H.E. 2004. Keterkaitan antara Minat Baca Sastra Indonesia dan Pengalaman Belajar Sastra Indonesia dengan Tingkat Keterampilan Apresiasi Sastra Indonesia, Bandung, Fakultas Pasca Sarjana
Suyatna, Amir. 2005. Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Bahasa, Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia.
Tampubolon, D.P. 1991. Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca Pada Anak, Bandung,Angkasa
------------------. 2005. Kemajuan Membaca Tehnik, Membaca Efektif dan Efisien, Bandung, Angkasa
Tarigan, H.G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung, Angkasa
Umaedi. 2002. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher.
Copyright (c) 2020 JALADRI : Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Silakan temukan hak dan lisensi di Jaladri: Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda. Dengan mengirimkan artikel/naskah artikel, penulis menyetujui kebijakan ini. Tidak diperlukan dokumen khusus.
1. Lisensi
Penggunaan artikel akan diatur oleh Creative Commons Attribution - lisensi ShareAlike seperti yang saat ini ditampilkan pada Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
2. Jaminan Penulis
Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah diterbitkan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang sepenuhnya dimiliki oleh penulis dan bebas dari hak pihak ketiga mana pun, dan izin tertulis apa pun yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
3. Hak Pengguna
Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda adalah menyebarkan artikel yang diterbitkan secara gratis. Di bawah lisensi Creative Commons, Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda mengizinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan menampilkan karya. Pengguna juga perlu mengaitkan penulis Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda yang mendistribusikan karya di jurnal dan media publikasi lainnya.
4. Hak Penulis
Penulis mempertahankan seluruh haknya atas karya yang diterbitkan, seperti (namun tidak terbatas pada) hak-hak berikut;
a. Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel tersebut, seperti hak paten,
b. Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya-karyanya di masa depan, termasuk ceramah dan buku,
c. Hak untuk memperbanyak artikel untuk kepentingan sendiri,
d. Hak untuk mengadakan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan artikel (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini (Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda).
5. Penulisan Bersama,
Jika artikel disiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua rekan penulis untuk menyetujui pemberitahuan (perjanjian) hak cipta dan lisensi ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan rekan penulisnya mengenai ketentuan kebijakan ini. Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda tidak bertanggung jawab atas segala hal yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda hanya akan berkomunikasi dengan penulis terkait.
6. Royalti
Menjadi jurnal yang dapat diakses secara terbuka dan menyebarkan artikel secara gratis di bawah ketentuan lisensi Creative Commons yang disebutkan, penulis menyadari bahwa Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda tidak memberikan hak kepada penulis untuk royalti atau biaya