PENGARUH METODE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK DI KELAS VII SMP NEGERI 1 LEBAKWANGI KABUPATEN KUNINGAN TAHUN 2015

  • Tri Amelia Saripuspa Nirwana

Abstract

Berdasarkan survey pendahuluan yang peneliti laksanakan di kelas VII SMP Negeri 1 Lebakwangi Kabupaten Kuningan, kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek masih rendah, hal ini dibuktikan dari hasil menulis serita pendek, siswa belum bisa menyusun cerita pendek. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode jigsaw terhadap kemampuan menulis carita pendek di kelas VII SMP Negeri 1 Lebakwangi Kabupaten Kuningan Tahun 2015. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh metode jigsaw terhadap kemampuan menulis carita pendek di kelas VII SMP Negeri 1 Lebakwangi Kabupaten Kuningan Tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan 1122menggunakan teknik tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lebakwangi Kabupaten Kuningan yang berjumlah 150 siswa. Teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling, dimana peneliti memilih secara acak sampel penelitian sehingga sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.A yang berjumlah 32 siswa sebagai kelompok eksperimen dengan menerapkan metode jigsaw dan siswa kelas VII.C yang berjumlah 32 siswa sebagai kelompok kontrol dengan menerapkan metode pembelajaran konvensional. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji hipotesis (uji t) yang digunakan untuk mengetahui pengaruh metode jigsaw terhadap kemampuan menulis carita pendek di kelas VII SMP Negeri 1 Lebakwangi Kabupaten Kuningan Tahun 2015. Berdasarkan perhitungan secara statistik diperoleh t hit (5,693) > t daf (1,67), hi ditarima artina ada pengaruh metode jigsaw terhadap kemampuan menulis carita pendek di kelas VII SMP Negeri 1 Lebakwangi Kabupaten Kuningan Tahun 2015. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh metode jigsaw terhadap kemampuan menulis carita pendek di kelas VII SMP Negeri 1 Lebakwangi Kabupaten Kuningan Tahun 2015.

Keywords: Metode jigsaw, kemampuan menulis, cerita pendek

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminuddin. 2001 Pengantar Apresiasi Karya Sastra, Sinar Baru, Bandung.
Arikunto, Suharsimi. 2010 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.

Atar Semi. 1993 Anatomi Sastra. Angkasa Raya : Padang.

Iskandarwassid. 1992 Kamus Istilah Sastra, Geger Sunten, Bandung.
Koswara, Dedi. 2010.Sastra Sunda Modern, JPBD, Bandung.
LBSS. 1995 Kamus Umum Basa Sunda, Tarate, Bandung.
Mulyasa. 2007 Strategi Pembelajaran. Bumi Aksara, Jakarta.

Nasir, Muhammad. 2003 Metode Statistika. Pustaka : Bandung

Nur dan Wikandari. 2005 Metode Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) : Remaja Rosda Karya, Bandung.

Nurgana, Endi. 2000 Statistika untuk Penelitian. Tarsito : Bandung.
Purwanto, Ngalim. 2011 Ilmu Pendidikan : Teoritis dan Praktis. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Rusyana, Yus. 1984 Panyungsi Sastra, Gunung Larang, Bandung.
Sanjaya, Wina. 2010Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan : Kencana Prenada Media Group : Jakarta.

Sudaryat, Yayat. 2007Makaya BasaSonagar Press, Bandung.

Sugiono. 2010 Statistik untuk penelitian. Alfhabeta Bandung.

Tarigan, H.G. 2008 Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Angkasa, Bandung.
Published
2020-10-25
Section
Articles
Abstract viewed = 271 times
pdf downloaded = 256 times