PENGARUH TEKNIK TALKING CHIPS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DALAM DISKUSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MALEBER

  • Syamsur Ramdhan Firdaus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara siswa setelah penerapan model cooperative learning teknik talking chip pada pembelajaran diskusi di kelas VIII SMP Negeri 1 Maleber. Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan dalam bentuk pertanyaan, yaitu: (1) bagaimana kemampuan berbicara siswa?, (2) bagaimana kemampuan berbicara siswa setelah menggunakan teknik talking chip?, dan (3) bagaimana implementasi teknik talking chip dalam proses pembelajaran?. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu: “adanya pengaruh yang signifikan dari pemakaian teknik talking chip terhadap kemampuan berbicara siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Maleber”. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Populasi yang diteliti yaitu semua siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Maleber Taun Ajaran 2014-2015. Dalam penelitian ini quota sampling digunakan untuk mendapatkan sampel. Penelitian ini menggunakan dua sampel yaitu siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII F sebagai kelas kontrol, yang jumlahnya 60 siswa. Instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data yaitu: (1) Observasi dilakukan untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa dalam pelajaran Bahasa Sunda di kelas VIII SMP Negeri 1 Maleber, (2) tes lisan agar dapat mengetahui kemampuan berbicara siswa sebelum (pretest) atau sesudah (posttest) menerapkan teknik talking chip. Tekhnik analisis data dalam penelitian kuantitatif menggunakan statistik. Hasil penelitian dan hitungan ststistik nilai tes ahir (posttets) menunjukan nilai thitung= 6,41 menggunakan α = 0,05 dan dk = 58 diperoleh ttabel = 2,00. jadi thitung (6,41) > ttabel (2,00). Artinya hipotésis Ha diterima, ada pengaruh yang signifikan dari pemakaian teknik talking chip terhadap peningkatan kemampuan berbicara dalam diskusi siswa kelas VIII dalam di SMP Negeri 1 Maleber. Jadi teknik talking chip terhadap peningkatan kemampuan berbicara dalam diskusi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Maleber memiliki pengaruh yang positif untuk meningkatkan kemampuan siswa.

 

Keywords: Talking Chips, Kemampuan Berbicara, Diskusi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Prosedur Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Danadibrata, R.A. 2006. Kamus Basa Sunda. Bandung: Kiblat.

Dinas Pendidikan Jawa Barat. 2014. Pamekar Diajar Basa Sunda Pikeun Guru SMP/MTs Kelas VIII. Bandung: DISDIK.

Huda, Miftahul. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Surya, Muhammad. 2003. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Yayasan Bhakti Winaya.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Published
2020-10-25
Section
Articles
Abstract viewed = 181 times
pdf downloaded = 154 times