PENGARUH METODE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIANTARA DI KELAS IX SMP NEGERI 4 CIAWIGEBANG KABUPATEN KUNINGAN

  • Mita Haurriyatul Zannah

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di sekolah kemampuan menulis teks pidato siswa kelas IX di SMPN 4 Ciawigebang Kabupaten Kuningan masih rendah, terbukti dari hasil menulis teks, sebagian besar siswa mendapat nilai di bawah KKM yang ditetapkan oleh guru. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode pembelajaran two stay two stray terhadap kemampuan menulis text to speech pada siswa kelas IX SMP Negeri 4 Ciawigebang Kabupaten Kuningan?. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran two stay two stray terhadap kemampuan menulis teks pidato pada siswa kelas IX SMP Negeri 4 Ciawigebang Kabupaten Kuningan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan teknik tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 4 Ciawigebang IX Kabupaten Kuningan yang berjumlah 150 siswa. Teknik cluster sampling random sampling, dimana peneliti memilih sampel secara acak sehingga sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.B yang berjumlah 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dengan menerapkan metode pembelajaran two stay two stray kelas IX.E yang berjumlah 30 siswa. siswa sebagai kelompok kontrol dengan menerapkan metode pengajaran konvensional. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menguji hipotesis normalitas dan uji (uji t) digunakan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran two stay two stray terhadap kemampuan menulis text to speech pada siswa kelas IX SMP Negeri 4 Ciawigebang Kabupaten Kuningan. . Berdasarkan perhitungan statistik diperoleh t hit (5,803) > t daf (1,67), hi ditarima Artina tidak ada pengaruh metode pembelajaran two stay two stray terhadap kemampuan menulis text to speech pada siswa kelas IX SMP Negeri 4 Ciawigebang Kabupaten Kuningan. Disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran two stay two stray terhadap kemampuan menulis teks pidato pada siswa kelas IX SMP Negeri 4 Ciawigebang Kabupaten Kuningan.

Keywords: Metode pengajaran two stay two stray, kemampuan menulis, text to speech

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, Titin. Panduan Menulis untuk Pemula. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. 2007
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, Rineka Cipta, 2010.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia,
Jakarta, Balai Pustaka, 1989.
Hadi, Sutrisno. Metode Penelitian. Bandung : Remaja Rosda Karya. 2003.
Iskandarwassid, ed. Raksarasa, Bandung, Geger Sunten, 2004.
Kuncoro, Agus. Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi Paikem). Yogyakarta :
Pustaka Pelajar, 2011
LBSS. Kamus Umum Basa Sunda, Bandung, Tarate, 1995.
Mahsyuri. 2005. Strategi Pembelajaran Cooperative Learning. Surabaya :
Kartika, 2005
Nasir, Muhammad. Metode Statistika. Bandung : Pustaka, 2003
Nurgana, Endi. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Tarsito, 2000
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra.
Yogyakarta : BPFE.
Purwanto, Ngalim. Ilmu Pendidikan : Teoritis dan Praktis. Bandung : PT Remaja
Rosdakarya, 2011
Rakhmat, Jalaludin. 2008. Retorika Modern Pendekatan Praktis. Bandung :
Remaja Rosda Karya.
Rusmadi. 2007. Pidato dan Sambutan. Bandung : Del Fajar.
Rusyana, Yus. Panyungsi Sastra, Bandung, Gunung Larang, 1984.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan
Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2010
Sudaryat, Yayat. Élmuning Basa, Bandung, CV Walatra, 2004.
Sugiono. Statistik untuk penelitian. Bandung. Alfhabeta, 2010
Suprijono, Agus. Cooperative Leraning (Teori dan Aplikasi PAIKEM). Surabaya :
Pustaka Pelajar, 2011.
Suryaningtyas. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara, 2009
Tarigan, H.G. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung,
Angkasa, 2008.
Yusuf, Muhammad. Metode Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Kartika, 2002
Published
2016-10-25
Section
Articles
Abstract viewed = 67 times
pdf downloaded = 41 times