PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK DI KELAS XI SMK NEGERI 5 KUNINGAN KABUPATEN KUNINGAN

  • Iin Karsinah STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang peneliti laksanakan di SMK Negeri 5 Kuningan Kabupatén Kuningan, kemampuan siswa masih rendah, hal ini dibuktikan dari hasil menulis serita pendek, siswa belum bisa menyusun cerita pendek. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode pembelajaran course review horay terhadap kemampuan menulis carita pendek di kelas XI SMK Negeri 5 Kuningan Kabupaten Kuningan?. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh metode course review horay terhadap kemampuan menulis carita pendek di kelas XI SMK Negeri 5 Kuningan Kabupaten Kuningan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan teknik tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa XI SMK Negri 5 Kuningan yang berjumlah 186 siswa. Teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling, dimana peneliti memilih secara acak sampel penelitian sehingga sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI.A yang berjumlah 31 siswa sebagai kelompok eksperimen dengan menerapkan metode pembelajaran course review horay dan siswa kelas XI.C yang berjumlah 31 siswa sebagai kelompok kontrol dengan menerapkan metode pembelajaran konvensional. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji hipotesis (uji t) yang digunakan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran course review horay terhadap kemampuan menulis carita pendek di kelas XI SMK Negeri 5 Kuningan Kabupaten Kuningan. Berdasarkan perhitungan secara statistik diperoleh t hit (5,693) > t daf (1,67), hi ditarima artina ada pengaruh metode pembelajaran course review horay terhadap kemampuan menulis carita pendek di kelas XI SMK Negeri 5 Kuningan Kabupaten Kuningan. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh metode pembelajaran course review horay terhadap kemampuan menulis carita pendek di kelas XI SMK Negeri 5 Kuningan Kabupaten Kuningan.

 

Keywords: Metode pembelajaran, course review horay, kemampuan menulis carita pendek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminuddin. Pengantar Apresiasi Karya Sastra, Bandung, Sinar Baru, 2001.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, Rineka Cipta, 2010.
Atar Semi. Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya. 1993
Damayanti, Nina. Anatomi Pragmatik Wacana Bandung : Pustaka Setia. 2007
Faturrohman. Ulikan Sastra. Bandung : Djatnika. 1983
Ibrahim. Metode Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Leraning). Bandung : Remaja Rosda Karya. 2005
Iskandarwassid. Kamus Istilah Sastra, Bandung, Geger Sunten, 1992.

Koswara, Dedi. Sastra Sunda Modern, Bandung, JPBD, 2010.
Purwanto, Ngalim. Ilmu Pendidikan : Teoritis dan Praktis. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2011
Rusyana, Yus. Panyungsi Sastra, Bandung, Gunung Larang, 1984.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2010
Sudaryat, Yayat. Makaya Basa, Bandung, Sonagar Press, 2007.
Sugiono. Statistik untuk penelitian. Bandung. Alfhabeta, 2010
Tarigan, H.G. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung, Angkasa, 2008.
Published
2015-10-25
Section
Articles
Abstract viewed = 85 times
pdf downloaded = 210 times