PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYIMAK BERITA DI KELAS IX MTs AL-IKHLAS JAMBAR

  • Dedi Kurdiansah STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini difokuskan kepada upaya peningkatan kemampuan siswa dalam menyimak berita  dikelas IX MTs Al-Ikhlas Jambar. Penelitian ini didukung oleh teori tentang pengaruh media audiovisual serta teori tentang menyimak sesuai dengan kurikulum pembelajaran di SMP/MTs, yaitu kurikulum tiga belas.Skripsi ini menguraikan tentang pengaruh media audiovisual dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimak berita di kelas IX MTs Al-Ikhlas Jambar. Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum diketahuinya perbedaan kemampuan siswa dalam menyimak antara sebelum dan sesudah menggunakan media audiovisual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perbedaan kemampuan siswa dalam menyimak berita dikelas IX MTs Al-Ikhlas Jambar   antara sebelum dan sesudah menggunakan media audiovisual. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan siswa dalam menyimak berita dikelas IX MTs Al-Ikhlas Jambar antara sebelum dan sesudah menggunakan media audiovisual.Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilaksanakan selama empat bulan terhadap 30 orang siswa sebagai kelas kontrol dan 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data melalui uji coba dan tes dengan menggunakan instrumen penelitian berbentuk pertanyaan dan pedoman tes.

 

Keywords: media audiovisual, kemampuan, menyimak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Danadibrata, R.A, Kamus Basa Sunda. Bandung: PT. Kiblat Buku Utama,2010.
Dimyati, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Iskandarwassid, spk, Modél-modél Pembelajaran Bahasa dan Sastra Sunda.
Bandung:Wahana Karya Grafika, 2009.
Nurgiyantoro, Burhan, Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta:
BPFE-Yogyakarta,2010.
Nuryanti, B Lena, 99 Model Pembelajaran. Bina Tugas Mandiri, 2009.
Riduwan, Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: CV. Alfabeta, 2009.
Rusman, Modél-modél Pembelajaran. Jakarta: Rajagrapindo Persada,2012.
Somantri, Ating jeung Sambas Ali Muhidin, Aplikasi Statistik. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2006.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010.
Tarigan, Henry Guntur, Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa, 2008.
Published
2015-10-25
Section
Articles
Abstract viewed = 64 times
pdf downloaded = 70 times