PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYIMAK BERITA DI KELAS IX MTs AL-IKHLAS JAMBAR
Abstract
Penelitian ini difokuskan kepada upaya peningkatan kemampuan siswa dalam menyimak berita dikelas IX MTs Al-Ikhlas Jambar. Penelitian ini didukung oleh teori tentang pengaruh media audiovisual serta teori tentang menyimak sesuai dengan kurikulum pembelajaran di SMP/MTs, yaitu kurikulum tiga belas.Skripsi ini menguraikan tentang pengaruh media audiovisual dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimak berita di kelas IX MTs Al-Ikhlas Jambar. Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum diketahuinya perbedaan kemampuan siswa dalam menyimak antara sebelum dan sesudah menggunakan media audiovisual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perbedaan kemampuan siswa dalam menyimak berita dikelas IX MTs Al-Ikhlas Jambar antara sebelum dan sesudah menggunakan media audiovisual. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan siswa dalam menyimak berita dikelas IX MTs Al-Ikhlas Jambar antara sebelum dan sesudah menggunakan media audiovisual.Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilaksanakan selama empat bulan terhadap 30 orang siswa sebagai kelas kontrol dan 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data melalui uji coba dan tes dengan menggunakan instrumen penelitian berbentuk pertanyaan dan pedoman tes.
Downloads
References
Dimyati, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Iskandarwassid, spk, Modél-modél Pembelajaran Bahasa dan Sastra Sunda.
Bandung:Wahana Karya Grafika, 2009.
Nurgiyantoro, Burhan, Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta:
BPFE-Yogyakarta,2010.
Nuryanti, B Lena, 99 Model Pembelajaran. Bina Tugas Mandiri, 2009.
Riduwan, Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: CV. Alfabeta, 2009.
Rusman, Modél-modél Pembelajaran. Jakarta: Rajagrapindo Persada,2012.
Somantri, Ating jeung Sambas Ali Muhidin, Aplikasi Statistik. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2006.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010.
Tarigan, Henry Guntur, Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa, 2008.
Copyright (c) 2015 JALADRI : Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Silakan temukan hak dan lisensi di Jaladri: Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda. Dengan mengirimkan artikel/naskah artikel, penulis menyetujui kebijakan ini. Tidak diperlukan dokumen khusus.
1. Lisensi
Penggunaan artikel akan diatur oleh Creative Commons Attribution - lisensi ShareAlike seperti yang saat ini ditampilkan pada Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
2. Jaminan Penulis
Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah diterbitkan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang sepenuhnya dimiliki oleh penulis dan bebas dari hak pihak ketiga mana pun, dan izin tertulis apa pun yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
3. Hak Pengguna
Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda adalah menyebarkan artikel yang diterbitkan secara gratis. Di bawah lisensi Creative Commons, Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda mengizinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan menampilkan karya. Pengguna juga perlu mengaitkan penulis Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda yang mendistribusikan karya di jurnal dan media publikasi lainnya.
4. Hak Penulis
Penulis mempertahankan seluruh haknya atas karya yang diterbitkan, seperti (namun tidak terbatas pada) hak-hak berikut;
a. Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel tersebut, seperti hak paten,
b. Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya-karyanya di masa depan, termasuk ceramah dan buku,
c. Hak untuk memperbanyak artikel untuk kepentingan sendiri,
d. Hak untuk mengadakan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan artikel (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini (Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda).
5. Penulisan Bersama,
Jika artikel disiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua rekan penulis untuk menyetujui pemberitahuan (perjanjian) hak cipta dan lisensi ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan rekan penulisnya mengenai ketentuan kebijakan ini. Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda tidak bertanggung jawab atas segala hal yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda hanya akan berkomunikasi dengan penulis terkait.
6. Royalti
Menjadi jurnal yang dapat diakses secara terbuka dan menyebarkan artikel secara gratis di bawah ketentuan lisensi Creative Commons yang disebutkan, penulis menyadari bahwa Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda tidak memberikan hak kepada penulis untuk royalti atau biaya