PROSES KREATIF NOVEL SUNDA HANDEULEUM NA HATE BEUREUM: SEBUAH KAJIAN EKSPRESIF

  • Cucu Suminar

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mendeskripsikan unsur ekspresif pengarang (Chyé Rétty Isnéndés) dalam mencipta  novel Handeuleum na Haté Beureum, yang didahului oleh proses kreatif pengarang sebelum terciptanya karya tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptik kualitatif dengan teknik studi pustaka dan wawancara untuk menggali informasi unsur ekspresif pengarang. Hasil penelitian (1) unsur ekspresif yang terdiri atas kontemplasi, spontanitas, intuisi, pengalaman, intelegensi, integrasi, kapribadian, émosi, konsep seni, kakuatan batin, imajinasi, dan rasa, (2) setelah mengkaji unsur ekspresif dari latar belakang pengarang muncul proses kreatif di antaranya tahap pendekatan, tahap penemuan, tahap penggarapan, tahap pengekspresian, serta tahap mengkomunikasikan.

Keywords: unsur ekspresif, proses kreatif, Handeueleum na Haté Beureum

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrams, M. . (1953). The Mirorr and the Lamp. Oxford University.

Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell, J. W. (2017). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iskandarwassid. (2019). Kamus Istilah Sastra Sunda. Bandung: Geger Sunten.

Isnendes, C. R. (2010). Teori Sastra. Bandung: Bandung: Wahana Karya Grafika.

Isnendes, C. R. (2014). Handeuleum ’na Hate Beureum . Bandung: Yrama Widya.

Isnendes, C. R. (2018). Maher Nulis Skenarios. Bandung: DPBD FPBS UPI.

Koswara, D., Permana, R., & Suherman, A. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Anak Guha Karang Legok Pari Karya Hidayat Susanto. Lokabasa, 11(2), 127-135.

Koswara , D., Dallyono , R., Suherman , A., & Hyangsewu , P. (2021). The Analytical Scoring Assessment Usage to Examine Sundanese Students’ Performance in Writing Descriptive Texts. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(3), 573-583.

Ramadan, Gilang & Juniarti, Y. (2020). Metode penelitian : pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. CV Sadari Press

Ratna, N. K. (2015). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra dari Strukturalisme hingga Postrukturalisme Perspektif Wacana Naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Robby, K. K., Isnendes, R., & Suherman, A. (2021). Citra Perempuan dalam Roman Pendek Pileuleuyan Karya Yus Rusamsi. Lokabasa, 12(1), 60-72.

Stanton, R. (2012). Teori Fiksi Robert Stanton. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suherman, A. (2019). Literacy Tradition of Sundanese Society-Indonesia. International Journal for Innovation Education and Research, 7(3), 262-271.

Suryana, D., Sejati, A. P., & Suherman, A. (2021). Realisasi Active Learning pada Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Konteks Pendidikan Keperawatan..Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni, 22(1), 67-81.

Wakti, H. (2013). Kritik Ekspresif dan Objektif Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata dan Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra di SMA. Tersedia di http://eprints.unram.ac.id/3839/1/JURNAL%20akhir.pdf

Published
2021-10-25
Section
Articles
Abstract viewed = 422 times
pdf downloaded = 368 times