NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL BUDAK MOTÉKAR KARYA JUNIARSO RIDWAN (TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA)

  • Annisa Ramadhani
  • Indah Purnamasari Universitas Pendidikan Indonesia
  • M. Triesnaldi Aditia Sutrisno Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dan pembentukan perilaku anak dapat dilakukan dengan berbagai media tanpa kecuali melalui novel Budak Motékar. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Budak Motékar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, kemudian ditinjau dengan menggunakan sosiologi sastra. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Budak Motékar karya Juniarso Ridwan. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Budak Motékar meliputi jujur, tanggung jawab, bekerja keras, mandiri, kreatif, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli sosial, bersahabat, peduli lingkungan.

Keywords: Pendidikan karakter, novel Budak Motékar, sosiologi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Febriana, dkk. 2014. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Rantau Satu Muara Karya Ahmad Fuadi: Tinjauan Sosiologi Sastra. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran. Vol 2
(No. 3). Diakses Online: http://ejournal.unp.ac.id

Idhawati, Diyah. 2017. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter yang Terkandung dalam Novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi.IAIN Salatiga. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Diakses Online: repository.perpus.iainsalatiga.ac.id
Koswara, Dedi. 2010. Sastra Sunda Modern. Bandung: JPBD FPBS UPI.
Ratna, Nyoman Kutha. 2012. Penelitian Sastra: Teori, Metode, dan Teknik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ridwan, J. 2018. Budak Motékar. Bandung: Kiblat Buku Utama.
Suherman, A. (2018). Jabar Masagi: Penguatan Karakter Bagi Generasi Milenial Berbasis Kearifan Lokal. Lokabasa, 9(2), 107.
Suherman, A., & Nugraha, H. S. (2019, March). Culture and Citizenship Literacy in Sundanese Children's Literature. In Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE 2018). Atlantis Press.
Suherman, A. (2019). Literacy Tradition of Sundanese Society-Indonesia. International Journal for Innovation Education and Research, 7(3), 262-271. https://doi.org/10.31686/ijier.Vol7.Iss3.1377
Wellek, Rene dan Austin Warren. 1993. Teori Kesusastraan (Diindonesiakan oleh Melani Budianta). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Kencana Prenada media Group.
Zubaedi, 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Zuriah, Nurul. 2008. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara
Published
2020-04-25
Section
Articles
Abstract viewed = 1323 times
pdf downloaded = 760 times