NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL BUDAK MOTÉKAR KARYA JUNIARSO RIDWAN (TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA)
Abstract
Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dan pembentukan perilaku anak dapat dilakukan dengan berbagai media tanpa kecuali melalui novel Budak Motékar. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Budak Motékar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, kemudian ditinjau dengan menggunakan sosiologi sastra. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Budak Motékar karya Juniarso Ridwan. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Budak Motékar meliputi jujur, tanggung jawab, bekerja keras, mandiri, kreatif, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli sosial, bersahabat, peduli lingkungan.
Downloads
References
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Febriana, dkk. 2014. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Rantau Satu Muara Karya Ahmad Fuadi: Tinjauan Sosiologi Sastra. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran. Vol 2
(No. 3). Diakses Online: http://ejournal.unp.ac.id
Idhawati, Diyah. 2017. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter yang Terkandung dalam Novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi.IAIN Salatiga. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Diakses Online: repository.perpus.iainsalatiga.ac.id
Koswara, Dedi. 2010. Sastra Sunda Modern. Bandung: JPBD FPBS UPI.
Ratna, Nyoman Kutha. 2012. Penelitian Sastra: Teori, Metode, dan Teknik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ridwan, J. 2018. Budak Motékar. Bandung: Kiblat Buku Utama.
Suherman, A. (2018). Jabar Masagi: Penguatan Karakter Bagi Generasi Milenial Berbasis Kearifan Lokal. Lokabasa, 9(2), 107.
Suherman, A., & Nugraha, H. S. (2019, March). Culture and Citizenship Literacy in Sundanese Children's Literature. In Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE 2018). Atlantis Press.
Suherman, A. (2019). Literacy Tradition of Sundanese Society-Indonesia. International Journal for Innovation Education and Research, 7(3), 262-271. https://doi.org/10.31686/ijier.Vol7.Iss3.1377
Wellek, Rene dan Austin Warren. 1993. Teori Kesusastraan (Diindonesiakan oleh Melani Budianta). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Kencana Prenada media Group.
Zubaedi, 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Zuriah, Nurul. 2008. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara
Copyright (c) 2020 JALADRI : Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-nd/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan disediakan untuk tujuan lain apa pun atau kepada pihak lain mana pun.