NOVEL CARITA SI DIRUN KARYA SAMSOEDI SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN MEMBACA NOVEL DI SMP

  • Riska Parlina

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat baca siswa terhadap karya sastra khususnya novel Sunda. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan struktur cerita dan nilai moral yang terkandung dalam novel Carita Si Dirun karya Samsoedi, serta dihubungkan dengan bahan pembelajaran membaca novel di SMP kelas IX. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitik. Selain itu, teknik yang digunakan adalah teknik studi pustaka. Hasil penelitian ini yaitu tema novel Carita Si Dirun adalah tema sosial tentang berubahnya sikap dan perilaku seorang anak yang sangat nakal dan tidak pernah mendengar ucapan orang tuanya; alur yang digunakan adalah alur maju; tokoh dalam novel ada 21 orang, dengan tokoh utamanya adalah Si Dirun; latar yang terdapat dalam novel Carita Si Dirun ada 21 latar tempat, 30 latar waktu, dan 3 golongan latar status sosial; sudut pandang yang digunakan oleh pengarang adalah orang ketiga serba tahu; gaya bahasa yang digunakan dalam novel ada 6 majas perbandingan atau simile, 1 majas personifikasi, dan 5 peribahasa. Nilai moral yang terkandung di dalamnya yaitu moral dilihat dari perkembangan perseptual, moral dilihat dari perkembangan motorik, moral dilihat dari perkembangan menguasai pola-pola keterampilan mental, dan moral dilihat dari perkembangan pengetahuan bahasa dan pikir. Hasil penelitian ini dapat diterapkan sebagai alternatif bahan pembelajaran membaca di SMP kelas IX.

Keywords: carita Si Dirun, nilai moral, struktual

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abin, S. M. (2007). Psikologi Kependidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Adam, A. (2015). Karakter Tokoh dalam Novel Kau, Aku Dan Sepucuk Angpau Merah Karya Tere Liye. Jurnal Humanika, 3(15), 18. Retrieved from http://ojs.uho.ac.id/index.php/HUMANIKA/article/view/584.
Dwiyanti, R., & Suherman, A. (2019). Unsur Budaya Dalam Cerita Film Cakra Buana Karya Sutradara Massimo Burhanuddin. LOKABASA, 10(2), 204-213.
Grinitha, V. (2015). Nilai-Nilai Moral dalam Novel Habiburrahman El Shirazy (Tinjauan Struktural Genetik). BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 202. https://doi.org/10.21009/bahtera.142.08
Haerudin, D. & Kardana, K. (2013). Panganteur Talaah Buku Ajar. Bandung: JPBD FPBS & Wahana Karya Grafika.
Haerudin, D., Suherman, A., & Nugraha, H. S. (2019, March). The Quality and Values of Character Education in Sundanese Language Text Book of the 2013 Elementary School Curriculum. In Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE 2018). Atlantis Press.
Isnendes, R. (2010). Teori Sastra. Bandung: CV Wahana Karya Grafika.
Nurhasyanah, I., & Ropiah, O. (2018). Analisis Struktural Jeung Ajén Moral dina Novél Kembang Asih di Pasantrén Karya Edyana Latief. Jaladri, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah STKIP Muhammadiyah Kuningan.
Ratna, N. K. (2015). Teori, Metode, Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Saleh, A. R. (2015). Peranan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Kegemaran Membaca dan Menulis Masyarakat. 6.
Salfia, N. (2017). Nilai Moral Dalam Novel Suminar. 15, 3(15).
Stanton, R. (2012). Teori Fiksi Robert Stanton. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suherman, A. (2019). Literacy Tradition of Sundanese Society-Indonesia. International Journal for Innovation Education and Research, 7(3), 262-271. https://doi.org/10.31686/ijier.Vol7.Iss3.1377.
Published
2019-04-25
Section
Articles
Abstract viewed = 6934 times
pdf downloaded = 1886 times