PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS AKSARA SUNDA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JALAKSANA
Abstract
Hasil penelitian menunjukan, kemampuan menulis aksara Sunda sebelum menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) di kelas eksperimen terbilang sangat rendah karena 100% siswa di kelas eksperimen memiliki nilai di bawah KKM dengan rata-rata 32,44. Setelah menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) menunjukan peningkatan yakni 55,6% sudah mampu menulis aksara Sunda, rata-rata 76,75. Di kelas kontrol data yang diperoleh saat posttest yakni 46,15% sudah mampu menulis aksara Sunda dengan rata-rata 70,87. Dari data di atas, perolehan nilai di kelas eksperimen setelah menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) lebih besar dari nilai di kelas kontrol dan ada peningkatan nilai di kelas eksperimen sesudah menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan mempunyai pengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis aksara Sunda. Pengaruh thitung 1,795 dan ttabel 1,666 dalam taraf signifikansi 5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Think Talk Write (TTW) mempunyai pengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis aksara Sunda.
Downloads
References
Cahyadi, Acep Deri. “Modél Éxplisit Intruction pikeun Ngaronjatkeun Kamampuh Nulis Aksara Sunda (Panalungtikan Tindakan kelas ka Siswa Kelas X.1 SMA Pasundan 3 Bandung Taun Ajar 2010/2011)”, Skripsi, Bandung, Fakultas Pendidikan Bahasa Daerah, UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA, 2011.
Danadibrata, RA. Kamus Basa Sunda, Bandung, PT. Kiblat Buku Utama, 2009.
Fajri, Em Zul, Spk. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Jakarta, Difa Publisher, 2008.
Guniarsih, Etik. “Media Gambar Pikeun Ngaronjatkeun kamampuh Nulis Aksara Sunda Siswa Kelas X SMAN 3 Kuningan”, Skripsi, Kuningan, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, STKIP MUHAMMADIYAH KUNINGAN, 2013.
Iskandarwassid., Spk. Model-Model Pembelajaran Bahasa dan Sastra Sunda, Bandung, UPI, 2009.
Mulyanto. Jurus Praktis Baca-Tulis Aksara Sunda Baku “Kaganga”, Bandung, Kiblat, 2009.
Nurgiyantoro, Burhan. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi, Yogyakarta, BPFE Yogyakarta, 2010.
Rahman. Model Mengajar & Bahan Pembelajaran, Bandung, Alqaprint Jatinangor, 2014.
Rusman. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Bandung, Rajawali Pers, 2012.
Somantri, Ating jeung Sambas Ali Muhidin. Aplikasi Statistika, Bandung, Pustaka Setia, 2006.
Sudijono, Anas. Pengantar Statistika Pendidikan, Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2011.
Suharsaputra, Uhar. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan, Bandung, PT Refika Aditama, 2012.
Suryani, Elis. Kamaheran jeung Kaparigelan Aksara Sunda, Bogor, Ghalia Indonesia, 2011.
Susetyo, Budi. Statistika Untuk Analisis Data Penelitian, Bandung, refika Aditama, 2010.
Suyatna, Amir. Pengantar Métodologi Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa, Bandung, Departemén Pendidikan Nasional UPI FPBS, 2002.
_. Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Bahasa Dan Sastra Sunda, Bandung, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, 2007.
Tarigan, Henry Guntur. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung, Angkasa, 2008.
Maula, Nikmatul. Model Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write (TTW). 2012. Download tanggal 25 Juni 2015, http://maulananikmatul.blogspot.com/2012/01/model-pembelajaran-think-talk-write-ttw.html
Rezaliah, Hasan. Makalah Model Pembelajaran Tipe Think-Talk-Write (TTW).2013. Download tanggal 25 Juni 2015, http://rezaliah.blogspot.com/2013/06/makalah-model-pembelajaran-tipethink.html
Wahyono, Budi. Metode Pembelajaran Think Talk Write (TTW). 2013. Download 25 Juni 2015, http://www.pendidikanekonomi.com/2013/08/metode-pembelajaran-think-talk-write-ttw.html
Copyright (c) 2018 JALADRI : Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Silakan temukan hak dan lisensi di Jaladri: Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda. Dengan mengirimkan artikel/naskah artikel, penulis menyetujui kebijakan ini. Tidak diperlukan dokumen khusus.
1. Lisensi
Penggunaan artikel akan diatur oleh Creative Commons Attribution - lisensi ShareAlike seperti yang saat ini ditampilkan pada Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
2. Jaminan Penulis
Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah diterbitkan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang sepenuhnya dimiliki oleh penulis dan bebas dari hak pihak ketiga mana pun, dan izin tertulis apa pun yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
3. Hak Pengguna
Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda adalah menyebarkan artikel yang diterbitkan secara gratis. Di bawah lisensi Creative Commons, Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda mengizinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan menampilkan karya. Pengguna juga perlu mengaitkan penulis Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda yang mendistribusikan karya di jurnal dan media publikasi lainnya.
4. Hak Penulis
Penulis mempertahankan seluruh haknya atas karya yang diterbitkan, seperti (namun tidak terbatas pada) hak-hak berikut;
a. Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel tersebut, seperti hak paten,
b. Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya-karyanya di masa depan, termasuk ceramah dan buku,
c. Hak untuk memperbanyak artikel untuk kepentingan sendiri,
d. Hak untuk mengadakan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan artikel (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini (Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda).
5. Penulisan Bersama,
Jika artikel disiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua rekan penulis untuk menyetujui pemberitahuan (perjanjian) hak cipta dan lisensi ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan rekan penulisnya mengenai ketentuan kebijakan ini. Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda tidak bertanggung jawab atas segala hal yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda hanya akan berkomunikasi dengan penulis terkait.
6. Royalti
Menjadi jurnal yang dapat diakses secara terbuka dan menyebarkan artikel secara gratis di bawah ketentuan lisensi Creative Commons yang disebutkan, penulis menyadari bahwa Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda tidak memberikan hak kepada penulis untuk royalti atau biaya