PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS AKSARA SUNDA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JALAKSANA
Abstract
Hasil penelitian menunjukan, kemampuan menulis aksara Sunda sebelum menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) di kelas eksperimen terbilang sangat rendah karena 100% siswa di kelas eksperimen memiliki nilai di bawah KKM dengan rata-rata 32,44. Setelah menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) menunjukan peningkatan yakni 55,6% sudah mampu menulis aksara Sunda, rata-rata 76,75. Di kelas kontrol data yang diperoleh saat posttest yakni 46,15% sudah mampu menulis aksara Sunda dengan rata-rata 70,87. Dari data di atas, perolehan nilai di kelas eksperimen setelah menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) lebih besar dari nilai di kelas kontrol dan ada peningkatan nilai di kelas eksperimen sesudah menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan mempunyai pengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis aksara Sunda. Pengaruh thitung 1,795 dan ttabel 1,666 dalam taraf signifikansi 5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Think Talk Write (TTW) mempunyai pengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis aksara Sunda.
Downloads
References
Cahyadi, Acep Deri. “Modél Éxplisit Intruction pikeun Ngaronjatkeun Kamampuh Nulis Aksara Sunda (Panalungtikan Tindakan kelas ka Siswa Kelas X.1 SMA Pasundan 3 Bandung Taun Ajar 2010/2011)”, Skripsi, Bandung, Fakultas Pendidikan Bahasa Daerah, UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA, 2011.
Danadibrata, RA. Kamus Basa Sunda, Bandung, PT. Kiblat Buku Utama, 2009.
Fajri, Em Zul, Spk. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Jakarta, Difa Publisher, 2008.
Guniarsih, Etik. “Media Gambar Pikeun Ngaronjatkeun kamampuh Nulis Aksara Sunda Siswa Kelas X SMAN 3 Kuningan”, Skripsi, Kuningan, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, STKIP MUHAMMADIYAH KUNINGAN, 2013.
Iskandarwassid., Spk. Model-Model Pembelajaran Bahasa dan Sastra Sunda, Bandung, UPI, 2009.
Mulyanto. Jurus Praktis Baca-Tulis Aksara Sunda Baku “Kaganga”, Bandung, Kiblat, 2009.
Nurgiyantoro, Burhan. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi, Yogyakarta, BPFE Yogyakarta, 2010.
Rahman. Model Mengajar & Bahan Pembelajaran, Bandung, Alqaprint Jatinangor, 2014.
Rusman. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Bandung, Rajawali Pers, 2012.
Somantri, Ating jeung Sambas Ali Muhidin. Aplikasi Statistika, Bandung, Pustaka Setia, 2006.
Sudijono, Anas. Pengantar Statistika Pendidikan, Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2011.
Suharsaputra, Uhar. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan, Bandung, PT Refika Aditama, 2012.
Suryani, Elis. Kamaheran jeung Kaparigelan Aksara Sunda, Bogor, Ghalia Indonesia, 2011.
Susetyo, Budi. Statistika Untuk Analisis Data Penelitian, Bandung, refika Aditama, 2010.
Suyatna, Amir. Pengantar Métodologi Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa, Bandung, Departemén Pendidikan Nasional UPI FPBS, 2002.
_. Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Bahasa Dan Sastra Sunda, Bandung, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, 2007.
Tarigan, Henry Guntur. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung, Angkasa, 2008.
Maula, Nikmatul. Model Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write (TTW). 2012. Download tanggal 25 Juni 2015, http://maulananikmatul.blogspot.com/2012/01/model-pembelajaran-think-talk-write-ttw.html
Rezaliah, Hasan. Makalah Model Pembelajaran Tipe Think-Talk-Write (TTW).2013. Download tanggal 25 Juni 2015, http://rezaliah.blogspot.com/2013/06/makalah-model-pembelajaran-tipethink.html
Wahyono, Budi. Metode Pembelajaran Think Talk Write (TTW). 2013. Download 25 Juni 2015, http://www.pendidikanekonomi.com/2013/08/metode-pembelajaran-think-talk-write-ttw.html
Copyright (c) 2018 JALADRI : Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-nd/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan disediakan untuk tujuan lain apa pun atau kepada pihak lain mana pun.