PENGARUH MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DONGENG SISWA KELAS VII MTs NEGERI DARMA
Abstract
Berdasarkan hasil observasi, jumlah populasi penelitian ini terdiri dari 9 kelas dengan jumlah 343 siswa. Karena jumlah populasi cukup besar maka diambil Quota Sampling. Secara acak sampel penelitian di ambil dari 2 kelas yaitu kelas VII-e dengan jumlah 37 siswa dan kelas VII-i dengan jumlah 38 siswa. Sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII-e dan sebagai kelas kontrol adalah kelas VII-i. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen atau kuantitaif. Teknik yang dipergunakan adalah observasi berupa tes tulis, untuk mengetahui kemampuan siswa sesudah menggunakan modél Numbered Head Together (NHT). Berdasarkan hasil analisis data yang membuktikan uji hipotesis dengan thitung (6.68) sedangkan ttabel (1.993) dari derajat kebebasan 73 serta taraf kapercayaan 0.05 sehingga thitung (6.68) > ttabel (1.993). dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara modél Numbered Heaad Together (NHT) terhadap kemampuan siswa dalam menyimak dongeng di kelas VII MTs Negeri Darma.
Downloads
References
Berdiati, Ika. 2010. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pakem. Bandung: Sega Asri.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Fathurrohman, Pupuh jejung M. Sobry Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.
Faturohman, Taufik. 1983. Ulikan Sastra. Bandung: Djatnika.
Iskandarwassid. 1996 Kamus Istilah Sastra. Bandung: Geger Sunten.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi.Yogyakarta: BPFEE-Yogyakarta.
Sjamsuri, Elin. 2012. Sasakala Talaga Warna. Bandung: Kiblat.
Sudaryat dan Rahman. 2009. Model-model PangajaranBahasa dan Sastra Sunda. Bandung: JPBD.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susetyo, Budi. 2010. Statistik untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: Refika.
Suyatna, Amir. 2002. Pengantar Metodologi Penelitian Pendididkan dan Pengajaran Bahasa. Bandung: UPI FPBS PBID.
Tamsyah, Budi Rahayu. 1996. Pangajaran Sastra Sunda. Bnajar.Pustaka Setia.
Tarigan, Hendry Guntur. 1986. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana.
Zaidan Abdul Rojak Dkk. 2004 Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Balai Pustaka.
http://id.wikipedia.org/wiki/Madrasah_tsanawiyah diakses tanggal 10 april 2015 jam 09.00.
http://aadesanjaya.blogspot.com/2011/01/pembelajaran-kooperatif-tipe- jigsaw.html diakses selasa 24 maret 2015 jam 12.35
https://herdy07.wordpress.com/2009/04/22/model-pembelajaran-nht- numbered- head together/diakses seasa 24 maret 2015 jam 12.35
https://tekadpangestu.wordpress.com/2012/10/19/dongeng-wangenan- jeung- papasingan/ diakses tanggal 10 april 2015 jam 09.00
Copyright (c) 2018 JALADRI : Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-nd/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan disediakan untuk tujuan lain apa pun atau kepada pihak lain mana pun.