PRAKTIK BAIK KH AHMAD DAHLAN GURU MANUSIA : PEMIKIR PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH

PRAKTIK BAIK KH AHMAD DAHLAN GURU MANUSIA : PEMIKIR PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH

  • HENDRA Apriyadi STIKES MUHAMMADIYAH TEGAL

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui praktik baik yang dilakukan oleh KH Ahmad Dahlan sebagai guru manusia, terutama dalam konteks pemikiran pendidikan Muhammadiyah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode studi literatur, wawancara, dan analisis konten. Sebagai pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan dikenal sebagai tokoh yang memainkan peran signifikan dalam pengembangan pendidikan Islam di Indonesia pada awal abad ke-20. Penelitian ini fokus mengeksplorasi berbagai aspek praktik baik yang diterapkan oleh KH Ahmad Dahlan dalam perannya sebagai guru manusia yang berkorelasi dengan nilai-nilai Al Islam dan Muhammadiyah .Metodologi penelitian ini mencakup studi literatur untuk mengidentifikasi dasar-dasar pemikiran pendidikan Muhammadiyah yang membentuk praktik baik KH Ahmad Dahlan. Selain itu, wawancara dengan ahli sejarah dan tokoh Muhammadiyah dilakukan untuk mendapatkan pandangan yang lebih mendalam terkait praktik baik tersebut. Analisis penelitian digunakan sebagai alat untuk menganalisis berbagai sumber literatur dan hasil wawancara, dengan tujuan menggambarkan praktik baik KH Ahmad Dahlan sebagai seorang guru manusia dalam kerangka Muhammadiyah. Diharapkan bahwa hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang berarti pada pemahaman lebih lanjut tentang praktik pendidikan yang diterapkan oleh KH Ahmad Dahlan dan relevansinya dalam perkembangan pendidikan di Indonesia.

 

 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Abdullah, N. (2017). K.H. Ahmad Dahlan (Muhammad Darwis). Jurnal Sosiologi Agama, 9(1), 22. https://doi.org/10.14421/jsa.2015.091-02
Ahmad, F. (2015). Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan Tentang Pendidikan Dan Implementasinya Di Smp Muhammadiyah 6 Yogyakarta Tahun 2014/2015. Junal Studi Islam, 16(2), 144–154.
Ardi, Z., Zulhanan, & Kesuma, G. C. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Karya Sayyid Usman dan Buya Hamka. Attractive : Innovative Education Journal, 5(2), 108–133.
Karim, R. D. (2019). Studi Komparatif Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan Dan K.H. Hasyim Asy’Ari Tentang Etika Guru Dan Murid Dalam Tinjauan Filsafat Pendidikan. Jurnal Kolaboratif Sains, 1(1), 934–944.
Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Zifatama Publishing.
Mu’thi, A., Mulkhan, A. M., Marihandono, D., & Tim Museum Kebangkitan Nasional. (2015). K.H. Ahmad Dahlan. In Museum Kebangkitan Nasional Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Putra, D. W. (2018). Konsep Pendidikan Islam Dalam Perspektif K.H. Ahmad Dahlan. Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 99. https://doi.org/10.32528/tarlim.v1i2.1704
Siregar, N., Siregar, H., Sirait, E., Pasaribu, S., & ... (2023). Penerapan Quantum Teaching Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMK Negeri 5 Medan. Innovative: Journal Of …. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1523
Sugiarto, M. (2021). Tenik Pengumpulan Data Penelitian Sosial. In A. Rikki & M. Iqbal (Eds.), Metode Penelitian Sosial. Yayasan Kita Menulis.
Diterbitkan
2024-05-20
Abstrak viewed = 6 times
PDF (English) downloaded = 5 times