Pengaruh Permainan Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Usia Dini di Kelompok B RA Kartini Winduherang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan permainan kartu kata bergambar terhadap kemampuan berbahasa lisan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK RA Kartini Winduherang, semester 2 (genap) tahun pelajaran 2015/2016. Adapun jumlah anak didik kelompok B TK RA Kartini Winduherang adalah 22 anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan jenis penelitian one group preetest-posttest design. Data yang diperoleh merupakan data yang dikumpulkan dari hasil tes dan observasi. Keabsahan data di periksa dengan rumus uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh permainan kartu kata bergambar terhadap kemampuan berbahasa lisan dengan cara melihat hasil tes, yaitu test yang dilakukan sebelum penerapan permainan kartu kata bergambar nilai rata-rata yang diperoleh hanya 5,14 sedangkan sesudah penerapan permainan kartu kata bergambar nilai rata-rata yang diperoleh meningkat menjadi 7,23. Untuk mengetahui pengaruh permainan kartu kata bergambar terhadap kemampuan berbahasa lisan menggunakan beberapa indikator yaitu menghubungkan gambar dengan kata, membedakan kata yang mempunyai suku kata awal atau akhir yang sama, melakukan 3-5 perintah secara berurut dengan benar, menunjukan gerakan-gerakan misalnya duduk, jongkok, berlari, makan dan lain-lain, dan membaca kata yang terdapat pada gambar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak.