Optimalisasi Pembelajaran Menulis Naratif Melalui Media Komunikatif pada Siswa Berkebutuhan Khusus Tunarungu
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mereview optimalisasi media gambar seri sebagai media komunikatif dalam pembelajaran menulis naratif bagi siswa tunarungu. Penelitian ini menggunakan metode literature review atau tinjauan pustaka. Diperoleh 15 artikel yang sesuai dengan tujuan literature review. Literature review ini disintesis menggunakan metode naratif dengan mengelompokkan data-data hasil ekstraksi yang sejenis sesuai dengan hasil yang diukur untuk menjawab tujuan. Hasil literature review dari 15 artikel yang relevan menunjukkan bahwa dengan adanya penggunaan media gambar yang dapat meningkatkan kemampuan menulis bagi siswa. Siswa lebih senang dengan adanya penggunaan media gambar sebagai penunjang dalam proses belajarnya. Media komunikatif berupa gambar dapat membuat daya tarik siswa agar lebih memahami sekaligus mengenal berbagai macam gambar yang disajikan sehingga dapat meningkatkan daya ingat siswa.
Downloads
References
Aeni, R. H., Zain, M. I., & Sobri, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Tentang Peristiwa Alam Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa. 6(3).
Alawia, A. (2019). PENERAPAN MEDIA GAMBAR LINGKUNGAN SEKITAR DALAM berkomunikasi . Bahasa memiliki peran sebagai pusat dalam perkembangan menguasai pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar . Kesalahan. 2(2), 147–158.
Allman, T., Wolters Boser, S., & Murphy, E. M. (2019). Including students who are deaf or hard of hearing: Principles for creating accessible instruction. Preventing School Failure, 63(2), 105–112. https://doi.org/10.1080/1045988X.2018.1501655
Ayu, K., Wahyuni1, S., Handayani2, N. D., Bagus, I., & Mantra3, N. (2020). The Use of Picture Series To Improve Writing Skill of Efl Learners. International Journal of Applied Science and Sustainable Development|, 2(2), 2656–9051.
Birdsell, B. J. (2017). The Role of Images in ELT (English Language Teaching) Textbooks: A Case for Visual Metaphors. Journal of Liberal Arts Development and Practices, 1(August), 9–18.
Children, E., Holder, C., & Publications, S. (2022). SPECIALIZED WRITING INSTRUCTION FOR DEAF STUDENTS Specialized Writing Instruction for Deaf Students: A Randomized Controlled Trial This is a pre-copyedited, author-produced PDF of an article accepted for publication in Exceptional Children following peer .
Dewantara, J., Syaprizal, & Triyogo, A. (2021). Teaching Writing Narrative Text Through Picture Series To the Tenth Grade Students At Sma Negeri 5 Lubuklinggau. LIED: Lingustic, Literature and English Education, 1(1), 22–31. https://doi.org/10.55526/lied.v1i1.71
Dwipayana, I. K. A., Liska, L. De, Ningsih, I. G. A. T., Sari, N. P. N., & Cahyani, N. M. M. (2022). Penerapan Media Interaktif-Komunikatif Visual Pembelajaran Bahasa, Sastra, Dan Aksara Bali Dalam Learning Management System (LMA) sebagai Upaya Penguatan Literasi Budaya. Bahasa Dan Seni, 10(2), 346–360. https://doi.org/10.5281/zenodo.6864741
Febiani Musyadad, V., Supriatna, A., & Aprilia, D. (2021). Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 2(1), 10–18. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.287
Fikri, A., Asri, S. A., & Ayuningrum, S. (2021). Penerapan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding …, 541–546. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1341%0Ahttp://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/download/1341/934
Fu, R., Shi, S., Guo, H., Wang, T., Qiang, C., Wen, Z., Tao, J., Qi, X., Lu, Y., Wang, X., Wang, Z., Liu, Y., Liu, X., Zhang, S., & Li, G. (2024). MINT: a Multi-modal Image and Narrative Text Dubbing Dataset for Foley Audio Content Planning and Generation. 1–15. http://arxiv.org/abs/2406.10591
Khoirul Huda, Oikurema Purwati, & Pratiwi Retnaningdyah. (2023). Urgency of Deaf Students and their Efforts to Improve Writing English Skills. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 3(2), 582–596. https://doi.org/10.55227/ijhess.v3i2.604
Kiss, T., & Weninger, C. (2017). Cultural learning in the EFL classroom: The role of visuals. ELT Journal, 71(2), 186–196. https://doi.org/10.1093/elt/ccw072
Klimova, B. F. (2014). Approaches to the Teaching of Writing Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 112(January), 147–151. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1149
Langga, P. M. M., Sabandal, K. N., Datu-Ulama, R. T., Guimba, W. D., Sialana-Nalla, A. N., & Alico, J. C. (2021). Communication Approaches of Hearing-Impaired Students in an English Language Learning Classroom: The Case of a Public Elementary School. International Journal of English Language Studies, 3(4), 89–99. https://doi.org/10.32996/ijels.2021.3.4.8
Lin, C. H., & Chang, Y. Y. (2021). A progressive digital narrative teaching method to improve learning motivation as a lifelong learning skill. Sustainability (Switzerland), 13(23). https://doi.org/10.3390/su132312991
Lintangsari, A. P., Widodo, W., & Kuswoyo, R. A. (2019). Micro Level Narrative Skills of Deaf Students. Linguistik Indonesia, 37(2), 159–168.
Munirah, Bahri, A. F. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Dongeng Siswa Kelas III SD. Jurnal MATHedunesa, 2(2), 1–8. http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk
Nurhikmah, Y., Awan Asri, S., & Ayuningru, S. (2020). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II Pengembangan Media Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Keterampilan Menulis Karangan Narasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 305–315. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/509
Pahrun, R. (2021). Volume 01, (1), Maret 2021 http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(1), 35–42.
Pendidikan, J., Pendidikan Guru PAUD, P., Pontianak Jalan Ahmad Yani No, U., & Barat, K. (2018). PENA KREATIF: PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK PENYANDANG TUNA RUNGU DENGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DI KELAS P2/A TKLB-B DHARMA ASIH Iin Maulina. 7(1), 13–17.
Petra KRČELIĆ, A. S. M. (2015). A PICTURE AND A THOUSAND WORDS: Visual Tools in ELT. Revue Forestière Francaise, 53(3/4), 110–114.
Prinzi, L. M. (2023). Deaf Student-Interpreter Relationships and Feedback Practices in K-12 Mainstream Deaf Education. Journal of Deaf Studies and Deaf Education, 28(1), 68–83. https://doi.org/10.1093/deafed/enac026
Pujiastuti, A. U., Agustin, I., & Mizan, S. (2018). Analysis Writing Skills of Students With Hearing Disabilities At Inclusive Elementary School. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(1), 1. https://doi.org/10.29407/jpdn.v4i1.12198
Sari, P. I., Andini, T. M., & Prihatin, I. F. (2024). Improving Students’ Writing Ability in Narrative Text Using Picture Series. PROJECT: Professional Journal of English Education, 7(2), 303–311. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/project/article/view/20230
Siregar, A. P. R. (2023). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Muhammadiyan 38 Medan Krio. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 2438–2444.
Şılbır, L., Coşar, A. M., Kartal, Y., Altun, T., Atasoy, M., & Özçamkan-Ayaz, G. (2020). Graphic symbol based interactive animation development process for deaf or hard of hearing students. International Electronic Journal of Elementary Education, 12(4), 371–382. https://doi.org/10.26822/iejee.2020459466
Trezek, B., & Mayer, C. (2019). Reading and deafness: State of the evidence and implications for research and practice. Education Sciences, 9(3). https://doi.org/10.3390/educsci9030216
Wahyudi, M., Madyono, S., & Mudiono, A. (2019). Penggunaan Media Gambar Seri Dalam Meningkatkan Aktivitas Aktivitaas Pembelajaran Dan Keterampilan Menulis Narasi Di Sekolah Dasar. Wahana Sekolah Dasar, 27(1), 18–24.
Wati, F. F., AM, M. S., & Praherdhiono, H. (2019). Penerapan Metode Field Trip dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa Tunarungu. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 5(2), 85. https://doi.org/10.17977/um031v5i22019p85-89
Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 51–57. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.245
Widodo, A., Rachmatul Hidayati, V., Fauzi, A., Erfan, Mu., & INdraswarti, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1). https://doi.org/10.29408/didika.v6i1.2050
Yulianti, F. (2021). Penggunaan Media Gambar Berseri Untuk. 5(November), 1–6.
Yulistiani, D., & Indihadi, D. (2020). Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 228–234. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i3.25625
Copyright (c) 2024 Asi Sriwidiastuty, Sarwi , Sudarmin, Adi Nurcahyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.