Optimalisasi Pembelajaran Menulis Naratif Melalui Media Komunikatif pada Siswa Berkebutuhan Khusus Tunarungu

  • Asi Sriwidiastuty Universitas Negeri Semarang
  • Sarwi Universitas Negeri Semarang
  • Sudarmin Universitas Negeri Semarang
  • Adi Nurcahyono Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mereview optimalisasi media gambar seri sebagai media komunikatif dalam pembelajaran menulis naratif bagi siswa tunarungu. Penelitian  ini  menggunakan  metode literature  review atau  tinjauan  pustaka. Diperoleh 15 artikel yang sesuai dengan tujuan literature review. Literature review ini  disintesis  menggunakan  metode  naratif  dengan mengelompokkan  data-data  hasil ekstraksi  yang  sejenis  sesuai  dengan  hasil  yang  diukur  untuk  menjawab  tujuan. Hasil literature review dari 15 artikel yang relevan menunjukkan bahwa dengan adanya penggunaan media gambar yang dapat meningkatkan kemampuan menulis bagi siswa. Siswa lebih senang dengan adanya penggunaan media gambar sebagai penunjang dalam proses belajarnya. Media komunikatif berupa gambar dapat membuat daya tarik siswa agar lebih memahami sekaligus mengenal berbagai macam gambar yang disajikan sehingga dapat meningkatkan daya ingat siswa.

Keywords: Gambar Seri, Kemampuan Menulis Narasi, Tunarugu

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, R. H., Zain, M. I., & Sobri, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Tentang Peristiwa Alam Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa. 6(3).

Alawia, A. (2019). PENERAPAN MEDIA GAMBAR LINGKUNGAN SEKITAR DALAM berkomunikasi . Bahasa memiliki peran sebagai pusat dalam perkembangan menguasai pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar . Kesalahan. 2(2), 147–158.

Allman, T., Wolters Boser, S., & Murphy, E. M. (2019). Including students who are deaf or hard of hearing: Principles for creating accessible instruction. Preventing School Failure, 63(2), 105–112. https://doi.org/10.1080/1045988X.2018.1501655

Ayu, K., Wahyuni1, S., Handayani2, N. D., Bagus, I., & Mantra3, N. (2020). The Use of Picture Series To Improve Writing Skill of Efl Learners. International Journal of Applied Science and Sustainable Development|, 2(2), 2656–9051.

Birdsell, B. J. (2017). The Role of Images in ELT (English Language Teaching) Textbooks: A Case for Visual Metaphors. Journal of Liberal Arts Development and Practices, 1(August), 9–18.

Children, E., Holder, C., & Publications, S. (2022). SPECIALIZED WRITING INSTRUCTION FOR DEAF STUDENTS Specialized Writing Instruction for Deaf Students: A Randomized Controlled Trial This is a pre-copyedited, author-produced PDF of an article accepted for publication in Exceptional Children following peer .

Dewantara, J., Syaprizal, & Triyogo, A. (2021). Teaching Writing Narrative Text Through Picture Series To the Tenth Grade Students At Sma Negeri 5 Lubuklinggau. LIED: Lingustic, Literature and English Education, 1(1), 22–31. https://doi.org/10.55526/lied.v1i1.71

Dwipayana, I. K. A., Liska, L. De, Ningsih, I. G. A. T., Sari, N. P. N., & Cahyani, N. M. M. (2022). Penerapan Media Interaktif-Komunikatif Visual Pembelajaran Bahasa, Sastra, Dan Aksara Bali Dalam Learning Management System (LMA) sebagai Upaya Penguatan Literasi Budaya. Bahasa Dan Seni, 10(2), 346–360. https://doi.org/10.5281/zenodo.6864741

Febiani Musyadad, V., Supriatna, A., & Aprilia, D. (2021). Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 2(1), 10–18. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.287

Fikri, A., Asri, S. A., & Ayuningrum, S. (2021). Penerapan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding …, 541–546. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1341%0Ahttp://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/download/1341/934

Fu, R., Shi, S., Guo, H., Wang, T., Qiang, C., Wen, Z., Tao, J., Qi, X., Lu, Y., Wang, X., Wang, Z., Liu, Y., Liu, X., Zhang, S., & Li, G. (2024). MINT: a Multi-modal Image and Narrative Text Dubbing Dataset for Foley Audio Content Planning and Generation. 1–15. http://arxiv.org/abs/2406.10591

Khoirul Huda, Oikurema Purwati, & Pratiwi Retnaningdyah. (2023). Urgency of Deaf Students and their Efforts to Improve Writing English Skills. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 3(2), 582–596. https://doi.org/10.55227/ijhess.v3i2.604

Kiss, T., & Weninger, C. (2017). Cultural learning in the EFL classroom: The role of visuals. ELT Journal, 71(2), 186–196. https://doi.org/10.1093/elt/ccw072

Klimova, B. F. (2014). Approaches to the Teaching of Writing Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 112(January), 147–151. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1149

Langga, P. M. M., Sabandal, K. N., Datu-Ulama, R. T., Guimba, W. D., Sialana-Nalla, A. N., & Alico, J. C. (2021). Communication Approaches of Hearing-Impaired Students in an English Language Learning Classroom: The Case of a Public Elementary School. International Journal of English Language Studies, 3(4), 89–99. https://doi.org/10.32996/ijels.2021.3.4.8

Lin, C. H., & Chang, Y. Y. (2021). A progressive digital narrative teaching method to improve learning motivation as a lifelong learning skill. Sustainability (Switzerland), 13(23). https://doi.org/10.3390/su132312991

Lintangsari, A. P., Widodo, W., & Kuswoyo, R. A. (2019). Micro Level Narrative Skills of Deaf Students. Linguistik Indonesia, 37(2), 159–168.

Munirah, Bahri, A. F. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Dongeng Siswa Kelas III SD. Jurnal MATHedunesa, 2(2), 1–8. http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk

Nurhikmah, Y., Awan Asri, S., & Ayuningru, S. (2020). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II Pengembangan Media Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Keterampilan Menulis Karangan Narasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 305–315. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/509

Pahrun, R. (2021). Volume 01, (1), Maret 2021 http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(1), 35–42.

Pendidikan, J., Pendidikan Guru PAUD, P., Pontianak Jalan Ahmad Yani No, U., & Barat, K. (2018). PENA KREATIF: PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK PENYANDANG TUNA RUNGU DENGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DI KELAS P2/A TKLB-B DHARMA ASIH Iin Maulina. 7(1), 13–17.

Petra KRČELIĆ, A. S. M. (2015). A PICTURE AND A THOUSAND WORDS: Visual Tools in ELT. Revue Forestière Francaise, 53(3/4), 110–114.

Prinzi, L. M. (2023). Deaf Student-Interpreter Relationships and Feedback Practices in K-12 Mainstream Deaf Education. Journal of Deaf Studies and Deaf Education, 28(1), 68–83. https://doi.org/10.1093/deafed/enac026

Pujiastuti, A. U., Agustin, I., & Mizan, S. (2018). Analysis Writing Skills of Students With Hearing Disabilities At Inclusive Elementary School. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(1), 1. https://doi.org/10.29407/jpdn.v4i1.12198

Sari, P. I., Andini, T. M., & Prihatin, I. F. (2024). Improving Students’ Writing Ability in Narrative Text Using Picture Series. PROJECT: Professional Journal of English Education, 7(2), 303–311. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/project/article/view/20230

Siregar, A. P. R. (2023). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Muhammadiyan 38 Medan Krio. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 2438–2444.

Şılbır, L., Coşar, A. M., Kartal, Y., Altun, T., Atasoy, M., & Özçamkan-Ayaz, G. (2020). Graphic symbol based interactive animation development process for deaf or hard of hearing students. International Electronic Journal of Elementary Education, 12(4), 371–382. https://doi.org/10.26822/iejee.2020459466

Trezek, B., & Mayer, C. (2019). Reading and deafness: State of the evidence and implications for research and practice. Education Sciences, 9(3). https://doi.org/10.3390/educsci9030216

Wahyudi, M., Madyono, S., & Mudiono, A. (2019). Penggunaan Media Gambar Seri Dalam Meningkatkan Aktivitas Aktivitaas Pembelajaran Dan Keterampilan Menulis Narasi Di Sekolah Dasar. Wahana Sekolah Dasar, 27(1), 18–24.

Wati, F. F., AM, M. S., & Praherdhiono, H. (2019). Penerapan Metode Field Trip dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa Tunarungu. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 5(2), 85. https://doi.org/10.17977/um031v5i22019p85-89

Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 51–57. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.245

Widodo, A., Rachmatul Hidayati, V., Fauzi, A., Erfan, Mu., & INdraswarti, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1). https://doi.org/10.29408/didika.v6i1.2050

Yulianti, F. (2021). Penggunaan Media Gambar Berseri Untuk. 5(November), 1–6.

Yulistiani, D., & Indihadi, D. (2020). Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 228–234. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i3.25625

Published
2024-12-21
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times