Finger Painting Multisensorik Sebagai Media Pembelajaran Inovatif Dalam Mengakselerasi Kreativitas Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan finger painting multisensorik sebagai media pembelajaran dalam mengakselerasi kreativitas anak usia dini di RA Ar-Rozzaq Bluto Sumenep. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus dengan melibatkan 15 anak usia 4-6 tahun, lima pendidik, dan orang tua siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi selama 2 bulan. Hasil penelitian menunjukkan finger painting multisensorik efektif dalam mengembangkan kreativitas anak dalam aspek eksplorasi warna, pembentukan pola, koordinasi motorik halus, dan kepercayaan diri. Aktivitas ini juga mendukung perkembangan kognitif, bahasa, sosial, dan emosional anak. Meski menghadapi tantangan keterbatasan sarana, sekolah berhasil mengembangkan solusi melalui pemanfaatan sumber daya lokal dan sistem rotasi kelompok.
Downloads
References
https://doi.org/10.1007/s00405-017-4601-0
Yuntina, L. (2019). Early Childhood Education Management at the Kindergarten School: Proceedings of the International Conference on Education, Language and Society, 270–277. https://doi.org/10.5220/0008997602700277
Zhao, Q. (2021). Research on the Influence of Computer Information Technology on Rural Preschool Education. Journal of Physics: Conference Series, 1915(3), 032066. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1915/3/032066
Copyright (c) 2024 Triana Safira, Thorik Aziz
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.