Pengembangan Media Animasi Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Budaya Sumang di Gayo sebagai Upaya Penanaman Nilai Karakter pada Anak Usia Dini

  • Salpina Salpina Universitas Almuslim
  • Dwi Adhinda Junaidi Putri Universitas Almuslim
  • Amna Universitas Gajah Putih

Abstract

Sumang merupakan perpaduan budaya lokal dan ajaran Islam. Masyarakat Gayo menjadikan sumang sebagai aturan tata krama dan sopan santun. Namun dinamika kehidupan masyarakat Gayo mulai mengalami pergeseran yang disebabkan oleh kurangnya kepedulian generasi terhadap budaya leluhur dan kurangnya kepedulian orang tua/guru dalam mengebalkan budaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menanamkan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam budaya Sumang, (2) merancang media animasi interaktif berbasis kearifan lokal budaya Sumang di Gayo, (3) menganalisis perubahan karakter anak usia dini setelah pengenalan budaya Sumang menggunakan media animasi interaktif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan desain model 4D (Define, Design, Develop, Dessemination). Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media animasi interaktif berbasis budaya Sumang mendapat respon yang baik dari guru dan siswa serta menunjukkan adanya peningkatan skor karakter anak usia dini setelah menggunakan media animasi interaktif yaitu skor pretest sebesar 4,12 sedangkan pada posttest sebesar 9,4.

Keywords: Animasi Interaktif, Budaya Sumang, Nilai Karakter

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andreas, D. (2013). Cara Merancang Story Board Untuk Animasi Keren. Taka.
Awlawi, A. H. (2021). Teknologi, Budaya SUMANG OPAT Tanah Gayo dan Kepanikan Moral. Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya, 4(2), 129–138. https://doi.org/10.15575/jpib.v4i2.6648
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, & Purwanto, N. A. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. AT-THUFULY : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 60–65. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v2i2.579
Dagistanli, S., & Milivojevic, S. (2013). Appropriating the rights of women : moral panics, victims and exclusionary agendas in domestic and cross-borders sex crimes. Pergamon, 40, 230–242. http://ezproxy.uws.edu.au/login?url=http://doi.org/10.1016/j.wsif.2013.09.001
Darmawan. (2022). Majelis Adat Gayo Dalam Mencegah Pelanggaran Adat Sumang. MUBEZA : Pemikiran Hukum Dan Ekonomi Islam, 12(2). https://doi.org/10.54604/mbz.v12i2.196
Evanirosa. (2020). Pendidikan Nilai dalam Budaya Sumang Etnik Gayo. Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(6), 1–9. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i6.1325
Fasya, T. K. (2018). Egalitarianisme Gayo Sebuah Inisiatif Antropologi Sosial dan Etnografi Politik. Aceh Anthropological Journal, 2(2), 1. https://doi.org/10.29103/aaj.v2i2.1155
Haq, S. A., & Lessy, Z. (2023). Film Animasi Nussa Sebagai Media Penanaman Nilai-Nilai Karakter. 4(2), 101–107.
Iswanto, S., Haikal, M., & Ramazan. (2019). Adat Sumang dalam Masyarakat Gayo di Kabupaten Aceh Tengah. Educational Jurnal of History and Humanitis, 2(2), 1–16. https://jurnal.usk.ac.id/riwayat/article/view/20804
Kurniasih, E. (2019). Media Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Kreatif, 9(2), 87–91. https://doi.org/10.15294/kreatif.v9i2.25401
Lickona, T. (1992). Educating For Character How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.
Marhamah, N. (2018). Representation of Islamic Communication Ethics in Etnis Gayo Cultural Culture in Aceh Central District (Representasi Etika Komunikasi Islam dalam Budaya Tutur Etnis Gayo di Kabupaten Aceh Tengah). Journal Pekommas, 3(1), 79. https://doi.org/10.30818/jpkm.2018.2030108
Novianti, Salpina, & Rafli. (2023). Pembelajaran Guru SLB dalam Mendesain Media E-modul of Math Berbasis Kearifan Lokal. Jp2m, 4(2), 203.
Nugraha, I., Sunan, U., Djati Bandung, G., Hasanah, A., Samsul, B., Uin, A., Gunung, S., & Bandung, D. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Penguatan Karakter Pancasila di Kalangan Pelajar. Nugraha, Ikhwan; Hasanah, Aan; Arifin, Bambang Samsul, 1(3), 158–169. http://dx.doi.org/10.1557/djash.v1i3.21632
Okpatrioka Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154
Prasanti, D., & Fitrianti, D. R. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas. Pembentukan Anak Usia Dini : Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas, 2(1), 15. 10.31004/obsesi.v2i1.2
Ramanayake, U. (2020). My doctoral journey: An autoethnography of doing sensitive research in a different cultural context. International Journal of Doctoral Studies, 15, 559–573. https://doi.org/10.28945/4641
Rosmiati, M., Sulistiyah, S., Farabi, N. A., & Susanti, S. (2023). Pengembangan Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Kebudayaan Indonesia Dengan Model ADDIE. Multinetics, 9(1), 79–88. https://doi.org/10.32722/multinetics.v9i1.5846
Salpina, Maisura, & Aminah. (2024). Tanggung jawab orang tua terhadap pendidikan anak dan kaitannya dengan tugas manusia sebagai khalifah. Communnity Development Journal, 5(1), 148–155. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23743
Salpina, Sukiman, Hibana, & Naimah. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Syariat Islam di Aceh. JPP PAUD FKIP Untirta, 10(1), 59–74. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/article/view/13787/10952
Simahate, S., & Munip, A. (2020). Latihan Gerak Lokomotor Sebagai Upaya Mengembangkan Motorik Kasar Anak Down Syndrome. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 236. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7656
Syahfitri, J., Panjaitan, C. J., & Anggreni, F. (2023). Pengembangan Media Petualangan Cerdas Berbasis Permainan dengan Model ADDIE. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 8(1), 1–18. https://doi.org/10.32505/azkiya.v8i1.6288
Syukri, S. (2018). Budaya Sumang Dan Implementasinya Terhadap Restorasi Karakter Masyarakat Gayo Di Aceh. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 41(2), 406–427. https://doi.org/10.30821/miqot.v41i2.428
Wahdani, B. M., Reninzo, M. D., Angelita, L. P., Nabila, M. L. A., Akbar, F. M., & Maruti, E. S. (2020). Penanaman Nilai Karakter di Sekolah dengan Menggunakan Media Gambar. 2, 1340–1347. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Winarni, E. . (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Penelitian Tindakan Penelitian Kelas (PTK), Reseacrh and Development (R&D). Bumi Aksara.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
zulkarnain, & Akbar, E. (2018). MAANGo : Pendidikan Masyarakat Negeri Gayo Dalam Khazanah Syari ’ at Islam dan Adat. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan IslamabstrakTujuan, 13(2), 391–412. http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v13i2.3586
Zulkarnain, Hidaya, A. Al, & Akbar, E. (2019). Sumang : Norm Of Gayo Community Within The Framework Of Islamic Education. Al-Tahrir, 19(1), 53–70. https://doi.org/10.21154/altahrir.v19i1.1550
Published
2024-12-10
Abstract viewed = 19 times
PDF downloaded = 42 times