Strategi Guru dalam Mengenalkan Literasi Lingkungan Hidup Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengenalkan literasi lingkungan hidup anak usia 5-6 tahun. Literasi lingkungan hidup menjadi semakin penting dalam menghadapi tantangan perubahan iklim. Guru memiliki peran yang strategis dalam membentuk pemahaman serta kesadaran anak terhadap lingkungan sejak usia dini. Peneliti menganalisis hasil temuan jurnal yang berkaitan dengan kontribusi guru dalam proses belajar mengajar untuk mengenalkan literasi lingkungan hidup pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi pustakaan/literature review. Metode yang digunakan adalah mengkaji berbagai penelitian dan artikel ilmiah yang sesuai dengan topik kemudian diidentifikasi, dievaluasi dan disintesis. Hasil kajian pustaka menunjukkan bahwa guru memiliki peran kunci dalam mengenalkan konsep-konsep dasar lingkungan hidup kepada anak-anak melalui pendekatan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Metode pengajaran yang efektif meliputi penggunaan cerita, permainan, proyek, dan kegiatan praktis yang melibatkan anak secara langsung dengan alam. Guru juga dihimbau untuk mengintegrasikan literasi lingkungan dalam kurikulum harian dan bekerja sama dengan orang tua serta komunitas untuk memperkuat pesan-pesan lingkungan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat empat komponen utama literasi lingkungan yaitu pengetahuan mengenai isu lingkungan, keterampilan berpikir kritis, sikap terhadap lingkungan, dan perilaku terkait lingkungan. Implikasi dari penelitian ini ialah pentingnya pengembangan keterampilan profesional guru mengenai literasi lingkungan hidup agar guru dapat memberikan pendidikan lingkungan yang bermakna dan efektif bagi anak usia dini
Downloads
References
Ahmad Syukri Sitorus. (2023). Keterampilan Sosial Dan Emosional Anak Usia Dini; Analisis Gender. 6(1).
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fkip, 2(1), 586–595.
Balter, A. S., Van Rhijn, T. M., & Davies, A. W. J. (2016). The Development Of Sexuality In Childhood In Early Learning Settings: An Exploration Of Early Childhood Educators’ Perceptions. Canadian Journal Of Human Sexuality, 25(1), 30–40. Https://Doi.Org/10.3138/Cjhs.251-A3.
Buldu, E. (2020). Investigating Parents’ Perspective On Environmental Issues: What Do They Do And Know To Be A Model For Their Children? Ailelerin Çevre Konularına Bakış Açısının Araştırılması: Çocuklarına Model Olmak Için Ne Biliyorlar Ve Ne Yapıyorlar? Başkent University Journal Of Education, 2020(2), 355–362.
Church, A., & Bateman, A. (2019). Methodology And Professional Development: Conversation Analytic Role-Play Method (Carm) For Early Childhood Education. Journal Of Pragmatics, 143, 242–254. Https://Doi.Org/10.1016/J.Pragma.2019.01.022
Kahriman Öztürk. (2010). Preschool Children’s Attitudes Towards Selected Thesis. The Graduate School Of Social Sciences Of Middle East Technical University.
Dewi Irfianti, M., Khanafiyah, S., & Astuti, B. (2016). Perkembangan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Model Experiential Learning. Upej, 5(3). Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Upej
Djoehaeni, H. (2014). Model Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Edutech, 13, 1. Https://Doi.Org/10.17509/Edutech.V13i1.3216
Durkan, N., Güngör, H., Fetihi, L., Erol, A., & Gülay Ogelman, H. (2016). Comparison Of Environmental Attitudes And Experiences Of Five-Year-Old Children Receiving Preschool Education In The Village And City Centre. Early Child Development And Care, 186(8), 1327–1341. Https://Doi.Org/10.1080/03004430.2015.1092963
Dwy Esty Lestari. (2019). Peran Media Visual Dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia Dini Di Ra Al-Hikmah Kota Jambi. Jurnal Audi Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi Paud, 8. Http://Ejurnal.Unisri.Ac.Id/Index.Php/Jpaud/Article/View/3305
Fajrin, L. P. (2020). Pendidikan Lingkungan Hidup Di Raudhatul Athfal. Jurnal Tunas Siliwangi, 6(2), 2581–0413.
Fitri, R. A., & Hadiyanto, H. (2022). Kepedulian Lingkungan Melalui Literasi Lingkungan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6690–6700. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i6.3485
Güven, S., & Yılmaz, N. (2017). Role And Importance Of Family At Preschool Children Environmental Education. European Journal Of Sustainable Development, 6(4). Https://Doi.Org/10.14207/Ejsd.2017.V6n4p105
Hermawan, I. M. S., Suwono, H., Paraniti, A. A. I., & Wimuttipanya, J. (2022). Student’s Environmental Literacy: An Educational Program Reflections For Sustainable Environment. Jpbi (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 8(1), 1–9. Https://Doi.Org/10.22219/Jpbi.V8i1.1688
Hildayani R. (2013). Psikologi Perkembangan Anak . Universitas Terbuka.
Indrawan, I. P. O., Lepiyanto, A., Juniari, N. W. M., Intaran, I. N., & Sri, A. A. I. R. (2022). Penumbuhan Literasi Lingkungan Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 21–31. Https://Doi.Org/10.23887/Jippg.V5i1.47385
Jeramat, E., Mulu, H., Jehadus, E., & Utami, Y. E. (2019). Penanaman Sikap Peduli Lingkungan Dan Tanggung Jawab Melalui Pembelajaran Ipa Pada Siswa Smp. Journal Of Komodo Science Education, 01(02), 24–33. Http:Ejournal.Stkipsantupaulus.Ac.Id/Index.Php/Jkse
Khusniyati Masykuroh, & Khairunnisa. (N.D.). Media Video Animasi Mengenal Sampah Untuk Membangun Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi Pgra, 8(2).
Khusniyati Masykuroh, T. W. (2023). Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal On Early Childhood , 6(2), 172–181.
Lidia Oktamarina. (2021). Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Sejak Usia Dini Melalui Kegiatan Green School Di Paud Uswatunn Hasanah Palembang. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1).
M. Jen Ismail. (2021). Pendidikan Karakter Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1.
Masykuroh, K., Yetti, E., & Nurani, Y. (2022). The Role Of Parents In Raising Children’s Environmental Awareness And Attitudes. Educational Administration: Theory And Practice, 28(1), 133–142.
Miranto, S. (2019). Menanamkan Literasi Lingkungan Pada Pendidikan Anak Usia Dini.
Muhammad Elmy, & Heru Puji Winarso. (2019). Kepedulian Orang Tua Dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2).
Muliasari, D. C. R. N. (2022). Hubungan Literasi Lingkungan Dengan Kecerdasan Naturalis Anak Uisa 5-6 Tahun Di Kecamatan Bambel Kabupaten Aceh Tenggara Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4.
Nabila, S. U., Lestari, G. D., & Yulianingsih, W. (2023). Pembiasaan Nilai-Nilai Kepedulian Lingkungan Pada Anak Usia Dini Melalui Prinsip Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1105–1118. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V7i1.3859
Nasution, N., Darmayunata, Y., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Augmented Reality. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6462–6468. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i6.3408
Poblete Trujillo, E., & López Vazquez, E. (2019). Sustainable Behavior: An Intergenerational Approach. Revista Digital Universitaria, 20(1). Https://Doi.Org/10.22201/Codeic.16076079e.2019.V20n1.A4
Rahmah, S., Puspitasari, R., Lubis, R., & Studi Magister Pendidikan Fisika Universitas Negeri Padang, P. (2019). Analisis Buku Ajar Ipa Smp Kelas Viii Berdasarkan Pada Literasi Lingkungan. In Physics Education (Vol. 12, Issue 3).
Ronald Bjorkland, C. M. P. (2001). Educating Our Communities And Ourselves About Conservation Of Aquatic Resources Through Environmental Outreach. Bioscience, 51(4).
Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik Dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4341–4350. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i5.1548
Saputra, A., & Suryandi, L. (2020). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Perspektif Vygotsky Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Pelangi : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2).
Saribas, D., Teksoz, G., & Ertepinar, H. (2014). The Relationship Between Environmental Literacy And Self-Efficacy Beliefs Toward Environmental Education. Procedia - Social And Behavioral Sciences, 116, 3664–3668. Https://Doi.Org/10.1016/J.Sbspro.2014.01.820.
Sarwani S. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Contextual Teaching And Learning Dan Dampaknya Terhadap Perilaku Keberagamaan . Uin.
Sinaga, B. (2023). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Di Highscope Bekasi. 2(5). Http://Jurnal.Anfa.Co.Id/Index.Php/Seroja
Skoric, M. M., Zhang, N., Kasadha, J., Tse, C. H., & Liu, J. (2022). Reducing The Use Of Disposable Plastics Through Public Engagement Campaigns: An Experimental Study Of The Effectiveness Of Message Appeals, Modalities, And Sources. International Journal Of Environmental Research And Public Health, 19(14). Https://Doi.Org/10.3390/Ijerph19148273
Snyder, H. (2019). Literature Review As A Research Methodology: An Overview And Guidelines. Journal Of Business Research, 104, 333–339. Https://Doi.Org/10.1016/J.Jbusres.2019.07.039.
Suryani, L., Tute, K. J., & Aje, A. U. (2019). Penumbuhan Karakter Cinta Lingkungan Hidup Melalui Kegiatan Kegiatan Di Organisasi Anak Cinta Lingkungan Kabupaten Ende Ntt. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 4(2).
Chandrawati. (2021, September 28). Pemahaman Guru Paud Tentang Literasi Lingkungan. Seminar Nasional Paud Holistik Integratif.
Tran, H. U., Lepage, B. A., & Fang, W. T. (2022). Environmental Literacy And Teaching Activities Of Preschool Teachers In Vietnam. European Journal Of Educational Research, 11(4), 2357–2371. Https://Doi.Org/10.12973/Eu-Jer.11.4.2357
Utami, I. O., Wulan, S., & Hapidin, H. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Permainan Engklek Maritim Untuk Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Maritim Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2400–2412. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V7i2.4183
Widya, A., Pendidikan, J., Fakultas, D., Acarya, D., Faizal, O., Agung, C. ;, Kurniawan, R., Oktavia, A., Levy, ;, Dewi, C., Arum, ;, Aisyah, S. ;, Khairadi, P., & Piolita, S. (2019). Gerakan Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar. Adi Widya : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2). Http://Ejournal.Ihdn.Ac.Id/Index.Php/Aw
Yunisari, D., & Amri, A. (2016). Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak Di Sentra Bahan Alam Pada Paud Terpadu Dharma Wanita Kota Jantho Kabupaten Aceh Besar. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 1, Issue 1).
Copyright (c) 2024 Haula Millati Azka Haula, Sri Wulan, Tjipto Sumadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.