Seni Musik Sebagai Pendekatan Pembelajaran Berbasis Budaya di Sekolah Dasar
Abstract
Kesenian musik merupakan salah satu kekayaan budaya dalam masyarakat, seni berperan dalam pemenuhan kebutuhan dasar pendidikan manusia seperti untuk memenuhi kebutuhan dasar estetika, pengembangan sikap dan kepribadian dan sebagai determinan terhadap kecerdasan. Penelitian ini bertujuan untuk ini mengkaji penggunaan seni musik sebagai pendekatan pembelajaran dalam pembelajaran seni musik di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif bertujuan untuk mengamati dan menganalisis serta menggambarkan pentas seni sebagai pendekatan pembelajaran dalam pendidikan seni musik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik sekolah dasar kelas III. Hasil penelitian menunjukan bahwa seni musik dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik, memfasilitasi pemahaman konsep yang lebih mendalam, dan memperkaya pengalaman belajar secara keseluruhan. Melalui pendekatan interdisipliner yang menggabungkan teori pendidikan, psikologi, dan seni. Penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi musik dalam proses pembelajaran tidak hanya meningkatkan motivasi dan partisipasi peserta didik untuk belajar, tetapi juga mengembangkan keterampilan kognitif dan sosial mereka. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi pendidik dan praktisi untuk mengadopsi metode pembelajaran yang lebih kreatif dan efektif.
Downloads
References
Creswell, J. W. (2014). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing among Five Approaches (4th Ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE.
Desyandri, D. (2019). Seni musik serta hubungan penggunaan pendidikan seni musik untuk membentuk karakter peserta didik di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 222-232. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.47
Halimah, L. (2016). Musik Dalam Pembelajaran. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2(2). https://doi.org/10.17509/eh.v2i2.2763
Irawana, T. J., & Desyanri. (2019). Seni Musik Serta Hubungan Penggunaan Pendidikan Seni Musik Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 222–232. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.47
Lena, M. S., Sartono, Weristi, G., & Kurnia, A. (2023). Strategi Guru Dalam Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 533–538. https://doi.org/10.5281/zenodo.8248682
Madina, A., Ardipal, A., Hakim, R., & Miaz, Y. (2021). Pendidikan Karakter dalam Pelaksanaan Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3134–3141. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1293
Mayar, F. (2023). Penerapan Seni Musik Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2946-2955. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8119
Nadia, D. O., & Mayar, F. (2023). Pembelajaran Seni Musik Guna Meningkatkan Perkembangan Kognitif Siswa di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1118-1128. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7829
Noviyanti, V., Respati, R., & Pranata, O. H. (2021). Pengembangan multimedia tangga nada diatonis untuk pembelajaran seni musik di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 364-377. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i2.35345
Pahan, B. P., & Prasetya, A. (2023). Pembinaan Tari dan Musik Tradisional Kalimantan Tengah Sebagai Pendidikan Karakter Pada Siswa SMKN 1 Kuala Kapuas. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 5(1), 110–121. https://doi.org/10.37364/jireh.v5i1.123
Respati, R. (2015). Esensi Pendidikan Seni Musik Untuk Anak. Jurnal Saung Guru, 7(2), 109–115. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.47
Tambunan, J. O. (2023). Analisis Penerapan Project Based Learning Pada Mata Kuliah Pendidikan Seni Musik Pada Mahasiswa Jurusan PGSD Semester VI Universitas Efarina. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 10037–10050. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3340
Wardani, S. R. W., Nurfaizal, Y., & Baihaqi, W. M. (2021). Optimasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Alat Musik Gamelan Jawa Tengah. Infoman's: Jurnal Ilmu-ilmu Manajemen dan Informatika, 15(1), 40-48. Retrieved from https://journal.unsap.ac.id/index.php/infomans/article/view/156
Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6187
Yuni, Q. F. (2017). Kreativitas dalam pembelajaran seni musik di sekolah dasar: Suatu tinjauan konseptual. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1980
Copyright (c) 2024 Lousy Loustiawaty, Yani Fitriyani, Ndaru Mukti Oktaviani, Andri Nur Patrio
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.