Peran Guru PAUD dalam Penanganan Bullying Terhadap Sosial Emosional Anak Usia 5 Tahun di TK Melati Cigandamekar

  • Nunung Nuryati Universitas Islam Al Ihya Kuningan
  • Rapinah Fitriyani Universitas Islam Al Ihya Kuningan
  • Iman Iman Universitas Islam Al Ihya Kuningan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana Peran Guru PAUD dalam Penanganan Bullying Terhadap Sosial Emosional Anak Usia 5 Tahun Di Tk Melati Cigandamekar Kabupaten Kuningan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Di peroleh menggunakan instrument pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai bagaimana Peran Guru dalam Penanganan Bullying, bagaimana peran Guru Paud dalam mempengaruhi perkembangan sosial emosional Anak yang menjadi korban Bullying, bagaimana Strategi yang digunakan Guru Paud untuk menangani kasus Bullying Di Lingkungan Sekolah TK Melati Cigandamekar Kabupaten Kuningan, dengan mewawancarai 3 ( Tiga) orang responden di antaranya kepala sekolah, wali kelas, dan orang tua murid. Hasil penelitian yang di temukan peneliti adalah dan bagaimana Peran Guru Paud di Tk Melati untuk mengatasi kasus bullying, jenis tindakan Bullying yang di temui di TK Melati Cigandamekar Ini yaitu Bullying Verbal, selain itu ada faktor-faktor penyebab terjadinya bullying, bagaimana bullying mempengaruhi sosial emosional anak usia 5 Tahun dan bagaimana Peran Guru Paud di Tk Melati untuk mengatasi kasus bullying.

Keywords: Peran Guru Paud, Penanganan Bullying, Sosial Emosional

Downloads

Download data is not yet available.

References

Justin Efendi Pohan.2020. Pendidikan Anak usia Dini (PAUD).Cetakan 1.Depok: Rajawali

Isjoni. 2006. Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan. Cetakan 1. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Nanda Pratiwi dkk. 2022. Pola Penanganan Guru Dalam Menghadapi Bullying di paud. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,Volume 6 Issue 3.

Rudi, Tisna. 2010. Informasi Perihal Bullying. Dalam Indonesia Anti Bullying: Edisi maret.

Undang-undang Republik Indonesia No 20. 2003.

Tentang Sistem Pendidikan.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ajat Rukajat. 2018 . Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research

Approach) . Ed 1, Cet 1, Yogyakarta.

Sugiyono. 2010. Penelitian Pendidikan. Cetakan

Bandung : Alfabeta.

Undang-undang No 35. 2014. Tentang Perlindungan Anak.

Suranto. 2009. Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Dengan Program SPSS. Cetakan 1. Semarang : Ghiyas Putra.

Bettens,K. 2002. Etika. Cetakan 1. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sampson,Rana. 2002. Bullying In School, Washington DC:U.S Department of Justice.

Kathryn. 2012. Bullying In School, Departemen For Children, School, and Families.

Bullying in Early Childhood.2017. A Guide for Students and Professionals" oleh Marilyn Campbell

Preventing Bullying in Early Childhood Settings.2012. Creating a Positive School Climate" oleh Marla R. Brassard

Denham, S. A., & Buysse, V. (2008). Promoting social and emotional development in preschool. New York: Guilford Press.

Elias, M. J., & Berk, L. E. (2002). Promoting social and emotional learning in young children. New York: Social-Emotional Learning and Development Program, Teachers College, Columbia University

Published
2024-12-26
Abstract viewed = 13 times
pdf downloaded = 12 times