Efektifitas Bermain Tanah Liat Plered dalam Mengembangkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini

  • Fadhila Alfiyatul Amri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Idat Muqodas Universitas Pendidikan Indonesia
  • Risty Justicia Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji efektifitas bermain tanah liat dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini. Masih banyak anak yang saat ini keterampilan motorik  belum terstimulasi dengan baik  dikarenakan minimnya metode pembelajaran yang diberikan guru. Keterampilan motorik halus menjadi suatu stimulasi yang penting untuk anak agar tidak terhambat perkembangan anak yang lainnya. Tanah liat menjadi salahsatu media pembelajaran berbasis natural untuk berkembangan motorik halus anak bisa optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian Pre-eksperimen dengan one-group pretest-posttest test design. Populasi pada penelitian ini berasal dari TK di kota Bekasi dengan jumlah sampel pada penelitian ini sejumlah 32 anak antar usia 5-6 tahun. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi. Teknik analisis data yang di gunakan berupa analisis statistik parametrik. Hasil penelitian yang didapat ditemukan perbedaan antara rata-rata pretest dan postest. Data di dapatkan hasil rata-rata pretes 55,78 dan postes 92,81. Hasil penelitain menunjukkan bahwa bermain tanah liat Plered efektif untuk mengembangkan perkambangan motorik halus anak. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat menjadi acuan untuk program pembelajaran kedepan nya untuk meningkatkan perkembangan motorik halus yang anak miliki.

Keywords: Bermain Tanah Liat, Motorik Halus, Anak Usia Dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

’Aziz, H., Ajhuri, K. F., & Humaida, R. (2021). Efektifitas Permainan Bola dan Rintangan untuk Stimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-6 Tahun. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(4), 169–178. https://doi.org/10.14421/jga.2021.64-01
Aina Kartika Rahayu, Maranatha, J. R., & Justicia, R. (2023). Analisis Implementasi Penilaian Perkembangan Anak Pada Kurikulum Merdeka Di Tk X Kabupaten Kuningan. PANDU : Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(3), 197–209. https://doi.org/10.59966/pandu.v1i3.558
Dede, N. (2021). Sejarah Keramik Plered Purwakarta: Awal Mula Berdiri hingga Terkenal ke Mancanegara. Diakses tanggal 10 Mei 2024 dari https://www.ayopurwakarta.com/berita-purwakarta/amp/pr-321095509/sejarah-keramik-plered-purwakarta-awal-mula-berdiri-hingga-terkenal-ke-mancanegara
Desi, S., & Jaya, I. (2021). Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Membentuk Tanah Liat Di Taman Kanak-kanak. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 2(02), 76–88. https://doi.org/10.24127/j-sanak.v2i02.816
Hurlock. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Khadijah, Nurul. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Rawamangun.
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Justicia, R., Rahayu, A. K., & ... (2023). Pelatihan Media Flashcard Voice Berbasis Teknologi Pada Guru PAUD. Jurnal Pengabdian …, 4(2), 986–993.
Khoiriyah, T., Pusari, R. W., & Rakhmawati, E. (2022). Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menganyam Menggunakan Media Loose Part. 11(1), 459–465. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.11569
Kholilah, I., & Mayar, F. (2023). Pengaruh Kegiatan Usap Abur terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2235–2244. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4392
Maisarah, A., Mahmud, M. E., & Saugi, W. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Bermain Plastisin Tanah Liat. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(2), 46–54. https://doi.org/10.37985/joecher.v1i2.7
Muflihah, I., & Wulansuci, G. (2022). IMPLEMENTASI PERMAINAN KONSTRUKTIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK PADA PEMBELAJARAN DARING. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 5(5), 2614–4107.
Muqodas, I., Sajidah, L. G., & ... (2023). Devotion to Roudhoh Kindergarten Plus Teachers Using the Learning Apps Application. Experimental Student Experiences, 1(1).
Nia Gautama. (2011). Kramik Untuk Hobi dan Karir. PT Gramedia Pustaka Utama.
Nirmala Rao, Stephanie W. Y. Chan, Yufen Su, Sheena Mirpuri, Ben Richards, Jin Sun, Zhang Li & Patrick Ip (2023) Early motor development in China: secular trends among 4-year-olds, Early Child Development and Care, 193:1, 95-108, DOI: 10.1080/03004430.2022.2064460
Novia pratiwi, N. pratiwi. (2021). Hubungan Antara Aktivitas Mencetak Bentuk Dengan Kemampuan Motorik Halus AnakNovia pratiwi, N. pratiwi. (2021). Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 78–88. https://doi.org/10.30631/smartkids.v3i2.89
Nuraeni, S., Muqodas, I., & Wulandari, H. (2023). Penerapan Konsep Bilangan Untuk Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Market Day Menggunakan Buy-Pay Money Card. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 347–360.
Nurjanah. N. S. (2017). Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah. Jurnal Keperawatan BSI, 65-73.
Oktafiani, A., & Rakimahwati1. (2023). Penerapan Kegiatan Meronce dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2245–2256. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4198
Rahayu Khoerunnisa, S., Muqodas, I., & Justicia, R. (2023). Pengaruh Bermain Puzzle terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49–58. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.279
Ruhiat, D. J., Muqodas, I., & Justicia, R. (2023). Pemahaman Orang Tua Muda Terhadap Pendidikan Seksual Untuk Generasi Alpha di Kecamatan Purwakarta. Jurnal Pelita PAUD, 7(2), 340–349. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i2.3035
Sary, Y. N. E., Ambarsari, N., & Suhartin, S. (2023). Pengaruh Permainan Lego terhadap Perkembangan Motorik Halus pada Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6273–6280. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5350
Tabun, N. L., Maureen, I. Y., & Patria, W. (2024). Pengaruh Penerapan Metode Project Based Learning dan Media Playdough terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 636–648. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.631
Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R & D, ALFABETA, CV. Jakarta.
Titik Seniati, S.Pd. (2021). Pengenalan Garabah Dari Tanah Liat Untuk Anak Usia Dini, Indocamp
Yusuf, R. N., Al Khoeri, N. S. T. A., Herdiyanti, G. S., & Nuraeni, E. D. (2023). Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Plamboyan Edu (JPE), 1(1), 37–44.
Published
2024-08-31
Abstract viewed = 68 times
PDF downloaded = 75 times