Paradigma Pendidikan Lingkungan dalam Merespon Isu Stunting pada Anak di Indonesia

  • Jajat Darojat Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Iqbal Anggia Yusuf Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Deden Kurnia Adam Universitas Islam Negeri Sunan Gunungdjati Bandung
  • Yanto Maulana Restu Institut Nahdlatul Ulama Tasikmalaya
  • Uus Ruswandi Universitas Islam Negeri Sunan Gunungdjati Bandung

Abstract

Pendidikan hijau (Green Education) merupakan salah satu pendekatan dalam pendidikan yang merespon masalah lingkungan serta mengintegrasikan nilai-nilai keberlanjutan ke dalam kurikulum dan budaya sekolah. Tujuannya adalah untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap kepada siswa agar mereka menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan proaktif dalam melindungi dan melestarikan lingkungan. Penelitian ini merupakan kajian metode kualitatif dengan jenis studi pustaka, yaitu sebuah tinjauan terhadap literatur dengan mengumpulkan data konseptual maupun fakta teoritis berdasarkan persepsi peneliti. Dalam pembahasannya bahwa peran green education dalam menanggapi permasalahan stunting nasional secara langung bersinggungan dengan isu lingkungan, seperti perubahan iklim, pencemaran, krisis air, dan lainnya. Strategi dan praktik yang dapat diterapkan di lingkungan sekolah, seperti mengintegrasikan konten keberlanjutan ke dalam kurikulum, menggunakan metode pembelajaran yang aktif dan partisipatif, serta menciptakan budaya sekolah yang mendukung praktik berkelanjutan dan pelestarian lingkungan. Kesimpulannya, green education merupakan salah satu paradigma penting dalam mengatasi tantangan lingkungan. Dengan memberikan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang tepat kepada siswa, pendidikan hijau dapat membantu menciptakan masa depan yang berkelanjutan.

Keywords: Pendidikan Hijau, Stunting Nasional, Isu lingkungan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adlini, Miza Nina, Dinda, Anisya Hanifa, Yulinda, Sarah, Chotimah, Octavia, & Merliyana, Sauda Julia. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980.

Admin SMAN 2 Yogyakata. (2022). SMAN 2 YOGYAKARTA Meraih Penghargaan Sebagai Sekolah ADIWIYATA Tingkat Provinsi 2022. Retrieved from SMA Negeri 2 Yogyakarta website: https://www.sman2jogja.sch.id/read/102/sman-2-yogyakarta-meraih-penghargaan-sebagai-sekolah-adiwiyata-tingkat-provinsi-2022

Alissa, Via. (2022). KESADARAN PESERTA DIDIK DALAM PENERAPAN GREEN SCHOOL UNTUK MENDUKUNG ESD (EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT). EduTeach: Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 3(2), 51–60.

Angga, La Ode, & Pattiwael, M. (2023). Pendidikan Lingkungan Hidup. Rismawati, Ed.

Bodansky, Daniel. (1993). The United Nations framework convention on climate change: a commentary. Yale J. Int’l L., 18, 451.

Capra, Fritjof. (2013). Deep ecology: Educational possibilities for the twenty-first century. NAMTA Journal, 38(1), 201–216.

Filho, Walter Leal, Castro, Paula, Bacelar-Nicolau, Paula, Azul, Anabela Marisa, & Azeiteiro, Ulisses Miranda. (2016). Biodiversity and Education for Sustainable Development (ESD): tendencies and perspectives. Biodiversity and Education for Sustainable Development, 1–10.

Handiyati, Tintin, Qomariyah, Siti, & Kurniawan, Jimmi. (2023). Peran Pembelajaran Berbasis Lingkungan Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Di MI Cimahi Peuntas Kabupaten Sukabumi. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 86–105.

Hasibuan, Ahmad Tarmizi, & Prastowo, Andi. (2019). Konsep pendidikan abad 21: kepemimpinan dan pengembangan sumber daya manusia sd/mi. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1).

Hertanto, Hendrik Boby. (2016). Partisipasi Masyarakat Dalam Upaya Pengurangan Risiko Bencana Perubahan Iklim di Perkebunan Kopi PT. Nusantara IX.

Irwansyah, Rudy, Darmayani, Satya, Mastikawati, Mastikawati, Saputro, Agung Nugroho Catur, Wihartanti, Liana Vivin, Fauzi, Ahmad, Arifudin, Opan, Purandina, I. Putu Yoga, Latifah, Ella Dewi, & Septiyani, Tentri. (2021). Perkembangan peserta didik.

Jayakusuma, Zulfikar. (2015). Peranan Audit Lingkungan dalam Pencegahan Pencemaran dan/atau Kerusakan Lingkungan Hidup untuk Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan. Al-Adl: Jurnal Hukum, 7(14).

Mahanum, Mahanum. (2021). Tinjauan Kepustakaan. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.20

Mardhiyah, Rifa Hanifa, Aldriani, Sekar Nurul Fajriyah, Chitta, Febyana, & Zulfikar, Muhamad Rizal. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.

Milasari, Devi, & Nugraheni, Nursiwi. (2024). Integrasi pendidikan konservasi dan teknologi untuk mewujudkan pendidikan inklusif dan berkualitas dalam pencapaian SDGs. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(3), 119–125.

Nations, United. (2024). Sustainable Development. Retrieved from Department of Economic and Social Affairs website: https://sdgs.un.org/goals

Nizaar, Muhammad, & Si, M. Pd. (2022). Green Education untuk Mengembangkan Karakter Entrepreneurship Siswa Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Snppm) Universitas Muhammadiyah Metro, 4(1), 6–15.

Osterhammel, Jürgen. (1997). Changing Economy in Indonesia. A Selection of Statistical Source Material from the Early 19th Century up to 1940, Vol. 15: WL Korthals Altes, Prices (non-rice) 1814-1900. JSTOR.

Patrinos, Harry Anthony. (2007). Demand - side financing in education. Retrieved from UNESCO IIEP website: https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000181751

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 (Kajian Persepsi Orang Tua Tentang Efektivitas Pembelajaran Berbasis Online Di Mis Al Fajar Sei Mencirim). (2020). Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.56114/al-ulum.v1i3.87

Permatasari, Paulina. (2016). UNPAR menuju universitas yang berkelanjutan (sustainable university).

Priatna, Asep. (2020). Manajemen Sekolah Adiwiyata (Green School). Jurnal Soshum Insentif, 37–43.

Probolinggo, DLH. (2022). SDN TEMENGGUNGAN RAIH PENGHARGAAN ADIWIYATA MANDIRI TAHUN 2022. Retrieved from Probolinggo, DLH website: https://dlh.probolinggokab.go.id/sdn-temenggungan-raih-penghargaan-adiwiyata-mandiri-tahun-2022/

Rimbano, Dheo, & Rahma, Mutiara. (2019). Kebijakan kurikulum berbasis lingkungan melalui program adiwiyata di sekolah menengah atas. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 24(3), 274–287.

Rosanti, Atik, Juhana, Hendri, Ruswandi, Uus, & Erihadiana, Mohamad. (2022). Pendidikan hijau (Green Education) dalam menghadapi isu nasional dan global. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1218–1223.

SIMP2SDM. (2022). DATA SEKOLAH PENERIMA PENGHARGAAN ADIWIYATA TINGKAT MANDIRI DAN NASIONAL. Retrieved from SIMP2SDM website: https://simp2sdm.menlhk.go.id/tabular/detil/ppglhk_penghargaan?filter_th=2023&filter_from_bln=Jan&filter_to_bln=Dec&bln_th_from=Jan+2023&bln_th_to=Dec+2023

Sterling, Apollo. (n.d.). Pembangunan Berkelanjutan: Fondasi yang Tak Tergoyahkan bagi Masa Depan.

Uno, Mien. (2007). Pendidikan Lingkungan Hidup: Sebuah Pendekatan Pedagogis. Jakarta: Bumi Aksara.

Vindriyana, Ranita. (2017). Upaya sekolah dalam membentuk sikap peduli lingkungan siswa melalui ekstrakurikuler KPLH di SMAN 2 Temanggung. Hanata Widya, 6(8), 28–38.

Wals, Arjen E. J. (2007). Social learning towards a sustainable world: Principles, perspectives, and praxis. Wageningen Academic Publishers.

Wempi, Jefri Audi, Chrisdina, Chrisdina, Stellarosa, Yolanda, Septiana, Rizka, & Nugraeni, Dunola Tri. (2023). Opini dan Sikap Subkultur Pemuda atas Isu Stunting di Daerah Aliran Sungai Citarum. Jurnal Pustaka Komunikasi, 6(1), 155–168.

Widiawati, Maharani, Barkah, Rika Fathul, & Ds, Yulistina Nur. (2022). Analisis Penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup di Sekolah Dasar. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 6(1), 181–186.

Wijaya, Etistika Yuni, Sudjimat, Dwi Agus, & Nyoto, Amat. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(26), 263–278.

Published
2024-12-10
Abstract viewed = 3 times
PDF downloaded = 2 times