Peran Kolaborasi Sekolah dengan Orang Tua Dalam Menyelenggarakan Sekolah Ramah Anak Di TK Himawari Semarang
Abstract
Penelitian ini mengkaji peran kolaborasi antara sekolah dan orang tua dalam menyelenggarakan Sekolah Ramah Anak (SRA) di TK Himawari Semarang. Menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini melibatkan kepala sekolah, guru, dan orang tua murid. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi selama 2-3 bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi efektif terlihat dalam program parenting, komunikasi real-time, dan pertemuan rutin orang tua-guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan ekosistem dalam pendidikan anak usia dini, di mana sekolah dan keluarga bekerja sama sebagai mitra setara, sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan mendukung perkembangan holistik anak. Implikasinya, upaya mewujudkan SRA perlu fokus pada penguatan komunikasi, keterlibatan orang tua dalam kurikulum, program parenting, dan proyek-proyek bersama.
Downloads
References
Fahmi, A. (2021). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 6(1), 33. https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4086
Huda, S., Istofa, D. N., & Farida. (2022). Strategi Penyelenggaraan Program Sekolah Ramah Anak: Analisis Peran Kepala Sekolah di SD Tanjung Jabung Timur Jambi. JMiE (Journal of Management in Education), 6(2), 75–82. https://doi.org/10.30631/jmie.2021.62.75-82
I Gede Aditya1, Iyus Akhmad Haris2, L. I. (n.d.). Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 1–10.
Izzah, N., Setianti, Y., & Tiara, O. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di Sekolah Inklusi. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 272–284. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.236
Kinanti, D. A., & Trihantoyo, S. (2021). Urgensi Partisipasi Orang Tua Siswa Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Bermutu. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(2), 256–264.
Lestariningrum, A., Prastihastari Wijaya, I., Isfauzi Hadi nugroho, I., , R., & Vernandika Valensia, E. (2022). Pelayanan Sekolah Ramah Anak Melalui Penerapan Parenting Orang Tua. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 2(6), 300–306. https://doi.org/10.59818/jpm.v2i6.351
Mulia, P. S., & Kurniati, E. (2023). Partisipasi Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Wilayah Pedesaan Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3663–3674. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4628
Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204
Paudia, J. P. (2011). Jurnal Penelitian PAUDIA, Volume 1 No. 1 2011. 1(1), 59–74.
Prasanti, D., & Fitriani, D. R. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas? (Studi Kualitatif tentang Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Keluarga, Sekolah, dan Komunitas). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 13. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.2
Roesli, M., Syafi, A., & Amalia, A. (2018). Kajian Islam Tentang Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, IX(2), 2549–4171.
Rosdiana, A. (2006). Partisipasi Orangtua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini : Survei pada Kelompok Bermain di Kota Yogyakarta. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF, 1(2), 62–72. https://media.neliti.com/media/publications/259930-partisipasi-orangtua-terhadap-pendidikan-89a4e534.pdf
Saragih, J. F. B., & Subroto, T. Y. W. (2023). Child-friendly school: female students’ strategies for equality in accessibility of school playground. Journal of Asian Architecture and Building Engineering, 22(4), 2047–2057. https://doi.org/10.1080/13467581.2022.2153061
Sari, M. W., Adhani, D. N., & Karim, M. B. (2021). Peran Guru dalam Penerapan Sekolah Ramah Anak di TK YKK 1 Bangkalan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1), 8–14. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.9088
Setiadi, N., Purwanti, P., Widiatmoko, A., & Putro, A. A. Y. (2023). Peran Guru Kelas dan Orangtua pada Sekolah Ramah Anak untuk Mencegah dan Mengatasi Perundungan. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(01), 16–26.
Setiadi, N., Widiatmoko, A., & Putro, A. A. Y. (2023). Peran Guru Kelas dan Orang Tua pada Sekolah Ramah Anak untuk Mencegah dan Mengatasi Perundungan. Taman Cendikia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(1), 16–26. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamancendekia
Sitti Roskina Mas. (2011). Partisipasi Masyarakat Dan Orang Tua Dalam Penyelengaraan Pendidikan. El-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Keagamaan, VIII(2), 241894.
Sumarsono, R. B. (2019). Upaya Mewujudkan Mutu Pendidikan Melalui Partisipasi Orangtua Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24(2), 63. https://doi.org/10.17977/um048v24i2p63-74
Wahyudi, M. D. (2016). Implementasi Manajemen Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Lembaga Paud Mawaddah Banjarmasin. Jurnal Paradigma, 11(2), 33–40. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25246403%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC4249520
Wulandari, T., Nirwana, I., & Nurlinda, N. (2022). Partisipasi Orang Tua Terhadap Pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak (Sra) Di Sd Ramah Anak Kabupaten Sleman. Harakat An-Nisa: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 7(1), 9–14. https://doi.org/10.30631/71.9-14
Copyright (c) 2024 Umu Gaida Mutmainah, Lilif Mualifatul Khorida Filasofa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.