Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini Berbasis Budaya Lokal Maja Labo Dahu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep dan implementasi pendidikan karakter pada Anak Usia Dini berbasis budaya lokal "Maja Labo Dahu" di wilayah Bima. Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai lokal ini penting untuk memperkuat identitas budaya serta moralitas anak sejak usia dini. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Observasi dilakukan pada kegiatan sehari-hari di sekolah yang telah mengintegrasikan nilai-nilai "Maja Labo Dahu", sementara wawancara mendalam melibatkan guru, orangtua, dan kepala sekolah. Dokumentasi meliputi kurikulum, rencana pembelajaran, dan materi ajar yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai "Maja Labo Dahu", yang meliputi kejujuran, tanggung jawab, disiplin, dan kerja sama, dapat diinternalisasikan melalui berbagai kegiatan pembelajaran seperti cerita rakyat, permainan tradisional, dan kegiatan kelompok. Implementasi nilai-nilai tersebut di sekolah memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan karakter anak, meningkatkan kesadaran budaya, dan memperkuat hubungan sosial di antara peserta didik. Penelitian ini juga menekankan pentingnya dukungan dari seluruh komunitas sekolah, termasuk orangtua dan masyarakat sekitar, untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pembelajaran berbasis nilai-nilai lokal. Evaluasi terhadap implementasi pendidikan karakter ini menunjukkan bahwa pendekatan berbasis budaya lokal "Maja Labo Dahu" efektif dalam membentuk karakter anak usia dini, namun membutuhkan perencanaan dan pelaksanaan yang konsisten serta berkelanjutan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan kurikulum pendidikan karakter berbasis nilai-nilai lokal di berbagai daerah lainnya.
Downloads
References
Abd. Salam. (2022). Karakter maja labo dahu dalam perspektif pendidikan islam di bima. https://doi.org/https://www.doi.org/10.47625/fitrah.v13i2.391
Ade S. Anhar. (n.d.). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.
Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76
Feriyadin, F., Marswandi, E. D. P., Pratama, A. A., & Ulya, B. N. (2024). Manajemen Destinasi Wisata Berbasis Kearifan Lokal Maja Labo Dahu untuk Keberlanjutan Pariwisata Kota Bima. Journal of Tourism and Creativity, 8(1), 51. https://doi.org/10.19184/jtc.v8i1.45308
Fiberianti, D., Syaifuddin, A. R., & Sari, N. P. (2023). Implementation of Disciplined Character Education in Early Childhood (Multi Site Study at Qurrata A’yun Kandangan Kindergarten and ABA Golf Banjarbaru Kindergarten). International Journal of Social Science and Human Research, 06(05), 3158–3167. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v6-i5-86
Gafar Hidayat, N. A., & Haryati, T. (2019). Kearifan Lokal Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. Jurnal Pendidikan, 9(1), 15–28.
Haryati, T., & Rosdiana, R. (2023). Strategi Penguatan Karakter Pesera Didik Berbasis Nilai Lokal Maja Labo Dahu Pada SMAN 1 Palibelo Bima. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 2(1). https://prin.or.id/index.php/JURRIBAH/article/view/1459%0Ahttps://prin.or.id/index.php/JURRIBAH/article/download/1459/1496
HASANAH, U., & FAJRI, N. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 116–126. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i2.1775
Kota Bima, B. (2023). Membangun Kembali Falsafah Hidup ‘Maja Labo Dahu’ Melalui Diskusi Budaya. https://brida.bimakota.go.id/web/detail-berita/375/membangun-
Machali, Imam Dr. S.Pd.I., M. P. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif.
Mulyadin Mulyadin. (2019). Maja labo dahu slogan in character education. https://doi.org/https://www.doi.org/10.21831/JPK.V9I2.22311
Nambiar, R. M. K., Ibrahim, N., Hashim, R. S., Yasin, R. M., Azman, H., Yusof, N. M., Ramli, R., & Mustaffa, R. (2020). Impact of local culture-based reading materials on students’ skill development and confidence in english. Universal Journal of Educational Research, 8(2), 445–453. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080215
Nurhayati, N. (2018). Developing Character in Early Childhood Education Based on Constructivist Learning. 244(Ecpe), 156–159. https://doi.org/10.2991/ecpe-18.2018.34
Rahmawati, A. Y. (2016). Penerapan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal (Studi Kasus pada SMA Negeri 1 Wera Kab. Bima). Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(4), 33–43. https://ojs.unm.ac.id/tomalebbi/article/view/3000
Shoalihin, M. (n.d.). Maja Labo Dahu Dari Suku Bima Untuk Seluruh Manusia. https://washilah.com/2019/06/maja-labo-dahu-dari-suku-bima-untuk-seluruh-manusia/
Sokhibah, S., & Komalasari, D. (2015). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengenal Warna Melalui Bermain Bola Pada Anak Kelompok A. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1–7.
Suwono. (2022). Local Culture-Based Music Game Model for Early Childhood Education. Journal of Childhood Development, 2(2), 112–121. https://doi.org/10.25217/jcd.v2i2.2746
Vinet, L., & Zhedanov, A. (2011). A “missing” family of classical orthogonal polynomials. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 1689–1699. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201
Viviana Yunita. (2022). Representasi Nilai Maja Labo Dahu pada Novel Mbojo Mambure karya Parange Anaranggana. https://doi.org/https://www.doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.833
Yunita, V., Murahim, M., & Khairusibyan, M. (2022). Representasi Nilai Maja Labo Dahu pada Novel Mbojo Mambure karya Parange Anaranggana. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1727–1731. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.833
Zulkarnaen, M. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Era Milenial. Pendidikan, 4(1), 1–11.
Copyright (c) 2024 Ade S. Anhar, Ros Nini, Muslimin Muslimin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.