Game Interaktif Wordwall Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Digital Pada Anak Usia Dini
Abstract
Perkembangan teknologi yang terus berkembang berpengaruh pada bidang pendidikan. Anak usia dini sudah mengenal yang namanya teknologi, bahkan anak-anak lebih pintar dalam mengoperasikan teknologi khusunya handphone. Hal tersebut perlu menjadi perhatian khusus pendidik dalam menciptakan lingkungan yang nyaman bagi anak dan menyediakan media pembelajaran yang menarik bagi anak. Untuk mencapai hal tesebut, guru dapat menggunakan game interaktif wordwall sebagai media pembelajaran yang merupakan aplikasi website untuk membuat permainan interaktif dengan berbagai template yang tersedia. Dengan menggunakan template-termplate tersebut, pendidik dapat membuat konten materi yang sesuai dengan kebutuhan anak. Metode penelitian yang digunakan ini yaitu studi literatur yang bertujuan untuk menggali informasi mengenai game interaktif wordwall sebagai inovasi media pembelajaran digital pada anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game interaktif wordwall efektif digunakan dalam pembelajaran khusunya pada anak usia dini. Karena ketika digunakan dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar yang signifikan.
Downloads
References
Aeni, S., & Bundu, P. (2023). The Development of Social Science Learning Media Based on Wordwall Digital Game in Elementary Schools. 44(2), 9–19. https://doi.org/10.9734/AJESS/2023/v44i2957
Alifah, H. N., Virgianti, U., Imam, M., Sarin, Z., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Kudus, U. M. (2023). Systematic Literature Review : Pengaruh Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. 1(3).
Aliya, N., Amin, S. M., Indrati, J., & Nafi, U. (2024). Penerapan Pendekatan TaRL Berbantuan Media Wordwall Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II-C SDN Margorejo VI. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9, 1094–1103.
Aprilia, R. (2024). Pengembangan Wordwall : Inovasi Media Pembelajaran Digital Terintegrasi. 13(2), 1525–1540.
Bacon, V. R., & Kearney, C. A. (2020). Children and Youth Services Review School climate and student-based contextual learning factors as predictors of school absenteeism severity at multiple levels via CHAID analysis. Children and Youth Services Review, 118(May), 105452. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105452
Budi Tri Cahyono, Ibnu Nazim Bintoro, W. N. (2022). Pemanfaatan E-Learning Platform Wordwall Untuk Menunjang Pembelajaran Daring Bagi Guru Tk Di Kabupaten Banyuwangi. 3, 36–46.
Desty, A., Utami, D., Marini, A., & Sabanil, S. (2022). Penerapan Aplikasi Game Wordwall dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar Adinda. 6(4), 6855–6865. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3365 ISSN
Dhillan Zalillah, A. (2022). Penggunaan Game Interaktif Wordwall Dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdn 17 Gurun Laweh Padang. 4, 491–504. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i2.1996
Fidya, I., & Oktaviana, E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Media Game Interaktif Wordwall. 219–227.
Hikam, C. S., & Setiawan, A. (2024). Wordwall Website : Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) dalam Merespon Era Digital. 06(03), 17525–17531. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i3.5679
Khoriyah, R., & Muhid, A. (2022). Inovasi Teknologi Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Wordwall Website pada Mata Pelajaran PAI di Masa Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh : Tinjauan Pustaka. 9(3), 192–205. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/twt.v9i3.4862
Mardhiyah, A. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Wordwall Sebagai Evaluasi Pembelajaran Pada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. 1(4), 481–488.
Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 7(1), 140–147. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/022035jpgi0005
Nurul Awalyah, Hidayah Quraisy, S. (2024). Pengaruh Game Interaktif Wordwall Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn No. 138 Inpres Mangulabbe. 5(138), 44–55.
Olisna, Zannah, M., Sukma, A., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Game Interaktif Wordwall untuk Meningkatkan Akhlak Terpuji Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4133–4143. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2737
Puspitasari, D. Y., Haryanto, H., Sofyan, S., Jambi, U., Jambi, U., Jambi, U., Pebelajaran, M., Game, S., & Siswa, H. B. (2022). Efektivitas Pembelajaran Simulasi Berbantukan Game Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Atletik. 3(2), 1103–1109.
Rifki Ristiawan, Nurfidah Dwitiyanti, N. S. (2024). Pelatihan wordwall untuk membuat games pembelajaran interaktif bagi guru sdn sukaindah 02 kab. bekasi. 07(02), 190–198.
Rosdiani, L., Munawar, B., & Dewi, R. (2021). Pelatihan Membuat Game Edukasi Wordwall Untuk Guru. 2(2), 247–255.
Sari, I. K. (2021). Blended Learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran Inovatif di Masa Post-Pandemi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156–2163.
Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru SDIT Al-Kahfi. 4(April), 195–199.
Sentani, A. D., Yudianto, A., & Rahmat, D. (2022). Implementasi Game Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris di Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kota Sukabumi. JPTIV (Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Vokasional ), 4(1), 1–8.
Sholichah, N. F., & Munshif, F. A. (2023). Wordwall Tournament : Inovasi Model Pembelajaran Team Games Tournament pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. 01, 2019–2024.
Tatminingsih, S. (n.d.). Hakikat Anak Usia Dini. 1–31.
Triyani, R. (2023). Penggunaan Game Interaktif Berbasis Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP. 1(1), 40–49.
Ulfi Purnamasari, Fika Rahmanita, Soffi Soffiatun, Wiwit Kurniawan, F. A. (2022). Bermain bersama pengetahuan peserta didik melalui media pembelajaran berbasis game online word wall. November.
Vanisa Magasvaran, Jennie Ukat, M. M. Y. (2022). Boosting Vocabulary Mastery in Primary School Pupils by Revolutionizing Wordwall through C & K. January. https://doi.org/10.6007/IJARPED/v11-i1/11852
Wildan, A., & Rusdiyani, I. (2023). Pengembangan Media GAULL ( Game Edukasi Wordwall ) pada Materi Bangun Ruang untuk Siswa Sekolah Dasar. 07(02), 1623–1634. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2357
Copyright (c) 2024 Nisna Nursarofah, Gilar Gandana, Taopik Rahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.