PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

  • Erma Erawati
  • Dudung Abdu Salam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok jual beli di Kelas III SDN I Puncak Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan tahun pelajaran 2014-2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dimana penulis mengatur ke dalam populasi sampel. Sampel yang digunakan adalah siswa Kelas III SDN I Puncak Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan sebesar 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, dan uji hipotesis (uji z). Berdasarkan perhitungan statistik diperoleh Z Hit (5,915)> Z daf (2,35). Ha diterima berarti ada pengaruh metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi pokok jual beli Kelas III siswa SDN I Puncak Kecamatan Cigugur. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi pokok jual beli Kelas III siswa SDN I Puncak Kecamatan Cigugur.

Keywords: eksperimen, metode, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-09-01
Abstract viewed = 229 times
PDF downloaded = 0 times