http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/issue/feed Jurnal Lensa Pendas 2019-10-16T04:16:06+00:00 Nana nana@upmk.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;">Jurnal Lensa Pendas merupakan majalah publikasi artikel ilmiah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memuat karya tulis ilmiah berkaitan dengan IPTEK terkait dengan pendidikan dasar, ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Lensa Pendas menjadi salah satu media penerbitan artikel ilmiah berupa hasil penelitian atau hasil pemikiran (konseptual) sebagai upaya meningkatkan publikasi ilmiah dalam bidang pendidikan dasar. Lensa Pendas dapat membantu civitas akademik dalam menambah wawasan dan memudahkan pencarian referensi terkait dengan penulisan karya ilmiah.</p> http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/article/view/593 Learning Model Discovery Learning for Enhancing Storytelling Skills of Elementary School Students 2019-10-02T14:46:17+00:00 Agni Kusuma Wardani agnikusumawardani06@gmail.com Lia Mareza agnikusumawardani06@gmail.com Dedy Irawan agnikusumawardani06@gmail.com <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan bercerita siswa. Penelitian ini bertujuan&nbsp; untuk meningkatkan keterampilan bercerita menggunakan model <em>discovery learning</em> dan media <em>pop up book</em>. Teknik penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus, dan menggunakan desain penelitian Kemmis &amp; McTaggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang dilakukan di SD Negeri 2 Purbadana menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan <em>discovery learning</em> dibantu dengan media <em>pop up book</em> berlangsung dengan baik. Hasil keterampilan bercerita pada siklus I mencapai rata-rata 3,1 dengan persentase ketuntasan sebesar 34%, artinya keterampilan bercerita siswa masih termasuk dalam kategori kurang. Pada siklus II rata-rata 3,9 dengan persentase ketuntasan sebesar 86%, artinya keterampilan bercerita siswa sudah termasuk dalam kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model pembelajaran <em>discovery learning</em> dibantu dengan media <em>pop up book</em> dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas IV SD Negeri 2 Purbadana.</p> 2019-10-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2019 Jurnal Lensa Pendas http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/article/view/680 Effective Learning Strategies for Children with Special Needs Based on Mobile Learning 2019-10-02T14:48:31+00:00 Moh Syadidul Itqan itqan0790@gmail.com Supriadi Supriadi supriadi@unuja.ac.id <p>Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki kondisi berbeda dengan anak normal lainnya baik dalam hal mental, fisik, maupun karakteristik sosialnya. Oleh karena perbedaan kondisi dengan anak normal lainnya, maka dibutuhkan pendekatan berbeda pula dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan anak normal lainnya. Salah satu pendekatan yang berbeda tersebut ialah menggunakan perangkat mobile learning sebagai strategi pembelajaran efektif bagi anak berkebutuhan khusus untuk membantu memahami materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sidodadi Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo Tahun Ajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini menghasilkan aplikasi android untuk membantu belajar anak berkebutuhan khusus. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research &amp; Development). Hasil penelitian ini adalah telah dihasilkan aplikasi android sebagai strategi pembelajaran efektif bagi anak berkebutuhan khusus di Kecamatan Paiton.</p> 2019-10-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2019 Jurnal Lensa Pendas http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/article/view/610 Teachers' Efforts in Motivating Learning to Count Students in Class II of SD YPK Manggari 2019-10-02T14:49:52+00:00 Max Eddy Rumbewas maxerumbewas29@gmail.com <p>Abstrak</p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan tentang upaya guru memotivasi belajar berhitung siswa.&nbsp; Dalam rangka membangun suasana kelas yang sejuk dan menyenankan, sangat besar peranannya dalam membangkitkan motivasi siswa dalam proses belajar khususnya belajar berhitung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan, selanjutnya dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa observasi, wawancara, dan studi kepustakaan, Angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya guru dalam memotivasi belajar berhitung siswa kelas II SD YPK Manggari Distrik Poiru, berjalan efektif dengan baik dan lancar, hal ini juga ternyata sesuai dengan informasi yang diberikan oleh guru kelas II, tentang proses belajar mengajar yang berlangsung di SD YPK Manggari.</p> 2019-10-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2019 Jurnal Lensa Pendas http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/article/view/569 Barriers to Communication Principal Teachers and Parents in Realizing Character Education 2019-10-02T14:52:09+00:00 Syamsul Bahri syamsulbahri.stmm@gmail.com Sepni Wita syamsulbahri.stmm@gmail.com Ernita Arif syamsulbahri.stmm@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan komunikasi komunikasi kepala sekolah dan guru dengan orang tua untuk mewujudkan pendidikan karakter, didesain sebagai penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di lembaga pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Gunung Pangilun Kota Padang. Informan penelitian adalah pimpinan lembaga pendidikan, Guru dan Orang Tua Siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis model interaktif milik Miles dan Huberman, dimana aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus-menerus sampai tuntas, sehingga datanya jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah dan orang tua melakukan komunikasi dengan orang tua melalui rapat, pengambilan raport, buku penghubung dan media sosial. Hambatan yang dihadapi oleh kepala sekolah dan guru dalam berkomunikasi dengan orang tua adalah pada umumnya orang tua sibuk sehingga tidak semua orang tua dapat terlibat dalam rapat dan pertemuan lainnya. Media yang digunakan seperti buku penghubung belum dioptimalkan dalam penerapan pendidikan karakter</p> 2019-10-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2019 Jurnal Lensa Pendas http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/article/view/666 The Use of Digital Media on Student Cognitive Learning Outcomes in SDN 2 Surodakan 2019-10-02T14:53:05+00:00 Mohammad Ilham Ali Wafa mohammadilhamaliwafa13@gmail.com Ria Fajrin Rizkyana mohammadilhamaliwafa13@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar kognitif. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain <em>Nonequivalent Control Group Design. </em>Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas VA dan VB SDN 2 Surodakan Trenggalek dengan jumlah 52 peserta didik. Instrumen utama pada penelitian ini menggunakan jenis tes tulis dan alat penilaiannya berupa soal pilihan ganda dengan jumlah 20 soal. Penskoran soal tersebut apabila salah = 1 dan benar = 2. Metode ini digunakan untuk mengetahui pengaruh media diorama (<em>Variabel X</em>) terhadap hasil belajar (<em>Variabel Y</em>). Untuk mengetahui pengaruh media diorama dengan menghitung data menggunakan <em>Independent Sample T Test.</em> Hasil uji <em>Independent Sample T Test </em>menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 &lt; 0,05. Maka H<sub>0</sub> ditolak dan H<sub>a</sub> diterima, berarti terdapat pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar kognitif pada materi siklus air pada pembelajaran tematik peserta didik kelas V SDN 2 Surodakan Trenggalek tahun pelajaran 2018/2019.</p> 2019-10-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2019 Jurnal Lensa Pendas http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/article/view/595 The Effect of Implementation of Environmental-Based Contextual Learning Models on Interests and Learning Outcomes 2019-10-02T14:53:46+00:00 Ni Nyoman Lisna Handayani lisnahandayani201@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan <em>The Posttest-Only Control-Group Desain.</em> Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 5 Bunutan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat perbedaan secara signifikan minat belajar antara siswa yang belajar dengan pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri 5 Bunutan. Kedua, terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri 5 Bunutan. Ketiga, Secara simultan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap minat belajar dan hasil belajar matematika antara siswa yang belajar dengan pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri 5 Bunutan.</p> 2019-10-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2019 Jurnal Lensa Pendas http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/article/view/612 Application of the Cooperative Model Snowball Throwing to Improve Social Studies Learning Outcomes 2019-10-02T14:54:33+00:00 Nunu Nurfirdaus nunu@upmk.ac.id Asep Usamah nunu@upmk.ac.id Atang Sutisna nunu@upmk.ac.id <p>Latar belakang dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa pada ranah kognitif mata pelajaran IPS masih banyak siswa memperoleh hasil belajar yang dibawah KKM. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah guru dapat menerapkan model pembelajaran yang efektif untuk menyampaikan materi pembelajaran khususnya pelajaran IPS di Siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar IPS.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, bentuk desain eksperimen <em>One Group Pretest-Posttest Design.</em> Sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji N-Gain yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe <em>Snowball Throwing</em> terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Siswa SDN 3 Cisantana. Berdasarkan perhitungan statistik diperoleh thitung (6,34) ˃ ttabel (2,71) artinya Hi diterima artinya peningkatan hasil belajar IPS dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe <em>Snowball Throwing</em> dalam pembelajaran IPS Siswa SDN 3 Cisantana.</p> 2019-10-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2019 Jurnal Lensa Pendas http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/article/view/580 Improving Student Learning Outcomes Through theLearning Model PDEODE 2019-10-02T14:57:27+00:00 Yuyu Yuliati yuyuliati74@gmail.com Dudu Suhandi Saputra yuyuliati74@gmail.com Neneng Siti Aisah yuyuliati74@gmail.com <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Padahanten Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain Kemmis dan McTaggart, yang dilaksanakan dengan tiga siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pra siklus dengan tingkat ketuntasan 30% dengan rata-rata 68,97 mengalami penurunan pada siklus satu tingkat ketuntasan 19% rata-rata nilai 62,02, namun pada siklus dua mengalami peningkatan dengan ketuntasan belajar 30% rata-rata nilai 68,44 dan siklus tiga ketuntasan belajar 76% rata-rata nilai 77,02. Selain terjadi peningkatan jumlah siswa yang tuntas, sikap dan keterampilan siswa juga mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran <em>Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain</em> (PDEODE) merupakan model pembelajaran yang efektif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPA dan model ini juga dapat dijadikan sebagai referensi untuk memperbaiki proses pembelajaran</p> 2019-10-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2019 Jurnal Lensa Pendas http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/article/view/716 The Effect of Contextual Learning Model on Writing Skills Description 2019-10-02T14:58:02+00:00 Muhafidin Muhafidin fidinmuhaf@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas V SDN Cidempet 3 Tahun Pelajaran 2017/2018. Model pembelajaran kontekstual adalah model pembelajaran yang menghubungkan atau mengaitkan antara materi pembelajaran dengan kehidupan nyata yang terjadi di lingkungan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cidempet 3 Kecamatan Arahan Kabupaten Indramayu yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling, dimana penulis menetapkan populasi sebagai sampel penelitian sehingga sampel yang didapat adalah siswa kelas V SDN Cidempet 3 Kecamatan Arahan Kabupaten Indramayu yang berjumlah 19 siswa. Berdasarkan perhitungan secara statistik diperoleh t hitung (3,53) &gt; t tabel (2,434) maka Hi yang diterima artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas V SDN Cidempet 3 Tahun Pelajaran 2017/2018.</p> 2019-10-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2019 Jurnal Lensa Pendas http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/article/view/551 The Effectiveness Of The Picture and Picture Learning Model of the Simple Writing Ability 2019-10-02T15:35:13+00:00 Nofiana Ulfa nofiulfa@gmail.com Zainal Arifin nofiulfa@gmail.com Arfilia Wijayanti nofiulfa@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis siswa kelas IV SD Islam Al-Fattah Semarang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 26 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif Penggunaan model dan media pembelajaran yang kurang variatif menyebabkan rendahnya kemampuan siswa dalam menulis karangan sederhana dilihat dari rata-rata nilai kelas IV SD Islam Al-Fattah Semarang materi menulis dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu 63, hasil ulangan harian menulis karangan sederhana siswa dengan persentase ketuntasan 30,8%. Sedangkan untuk KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Islam Al-Fattah Semarang yaitu 70. Hasil penelitian keefektifan tersebut dibuktikan dengan lebih tinggi perolehan nilai rata-rata hasil <em>posttest</em> sebesar 76, sedangkan rata-rata hasil <em>pretest</em> sebesar 56 dengan persentase kenaikan belajar siswa sebesar 16,61%.</p> 2019-10-02T15:35:13+00:00 Copyright (c) 2019 Jurnal Lensa Pendas http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/article/view/744 Improving Learning Outcomes Using the Story Telling Method for Elementary School Students 2019-10-16T04:16:06+00:00 N Etit Herawati etit.herawati@gmail.com <p>Penelitian ini berdasarkan pada permasalahan rendahnya hasil belajar siswa kelas III pada pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran hanya berpusat pada guru. Pelaksanaan proses pembelajaran di kelas masih bersifat konvensional yaitu kegiatan yang hanya berpusat pada guru saja. Dari permasalahan tersebut, peneliti menerapkan metode mendongeng. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III SD Negeri I Ciporang melalui penerapan metode mendongeng. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain Kemmis dan Taggart. Adapun instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar angket, lembar wawancara, dan lembar evaluasi. Secara keseluruhan penerapan metode mendongeng ini membawa hasil yang positif terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan temuan-temuan penelitian dari data-data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari siklus I sampai dengan Siklus II. Dapat disimpulkan bahwa metode mendongeng dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 1 Ciporang pada pembelajaran Bahasa Indonesia.</p> 2019-10-16T04:16:06+00:00 Copyright (c) 2019 Jurnal Lensa Pendas