http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/issue/feed Jurnal Lensa Pendas 2022-03-11T06:07:17+00:00 Nana Sutarna nana@upmk.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;">Journal Lensa Pendas&nbsp; is a national scientific journal published by the Department of Elementary Education, STKIP Muhammadiyah Kuningan which contains the results of research that is raised from theoretical studies and results of research in the field of Elementary Education. Journal Lensa Pendas is published twice a year, namely in February and August. The purpose of this journal is to facilitate scientific publications which are the results of research conducted by students, teachers, academics and researchers. Journal Lensa Pendas contains various disciplines of <strong>Elementary Education</strong>, especially in the scope of <strong>policy</strong>,&nbsp;<strong>parenting</strong>,&nbsp;<strong>child development</strong>, and <strong>elementary&nbsp;problems.</strong></p> http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/article/view/1689 PERAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI ERA DIGITAL 2022-03-11T06:07:16+00:00 Eka Yeni Winantika budifebriyanto@unma.ac.id Budi Febriyanto budifebriyanto@unma.ac.id Shopia Nida Utari shopia@gmail.com <p>Siswa sebagai generasi yang mencerminkan bangsa harus memiliki karakter yang baik. Nilai-nilai yang diterapkan pada siswa disekolah diharapkan dapat diserap dan direalisasikan dalam aktivitas kesehariannya. Tidaklah mudah bagi guru untuk menanamkan siswa pendidikan karakter, ditambah dengan adanya tantangan perkembangan teknologi seperti media sosial yang dapat mempengaruhi kepribadian pada diri siswa sehingga untuk memperbaiki karakter peserta didik yang sudah terlanjur tercemari dampak teknologi ini memerlukan adanya strategi yang tepat sebagai solusi krisisnya pendidikan nilai, Peran pendidik sangat penting untuk membangun karakter siswa harus sejalan dengan ajaran agama, adat istidat, budaya, dan nilai-nilai pancasila sebagai dasar negara.</p> 2022-03-01T14:48:48+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Lensa Pendas http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/article/view/1705 ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM FILM SERIAL ANIMASI RIKO THE SERIES DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI 2022-03-11T06:07:17+00:00 Nur ‘Afiatus Sa’adah snurafiatus@gmail.com Tamsik Udin tamsik63@gmail.com Aceng Jaelani acengjaelani@syekhnurjati.ac.id <p>Pendidikan akhlak merupakan suatu usaha menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk untuk mewujudkan perilaku-perilaku lahir maupun batin yang baik agar terciptanya keseimbangan antara <em>hablumminallah</em> dan <em>hablumminannas</em>. Kehadiran film serial animasi yang memuat nilai-nilai pendidikan akhlak ditengah isu kemerosotan akhlak anak membawa angin segar bagi para orang tua dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film serial animasi Riko <em>The Series</em> dan relevansinya terhadap materi pelajaran Akidah Akhlak di kelas rendah MI. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian metode semiotika teori Charles Sanders Peirce. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, dokumentasi dan transkrip. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi dengan model interaktif. <strong>Untuk menguji kreadibilitas data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik triangulasi. </strong>Hasil penelitian ini adalah (1) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film serial animasi Riko <em>The Series</em> meliputi akhlak terhadap Allah Swt., Rasulullah Saw., diri sendiri, keluarga, masyarakat, lingkungan dan akhlak bernegara; (2) Materi pelajaran Akidah Akhlak di kelas rendah (I, II, dan III) MI meliputi materi tentang dua kalimat syahadat, <em>asmaul husna</em>, kisah keteladanan nabi, rukun iman, kalimat <em>thayyibah, </em>adab dan akhlak sehari-hari<em>,</em>sifat wajib bagi Allah Swt., surga dan neraka serta kisah Kan’an;<em>&nbsp; </em>(3) Relevansi antara nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film serial animasi Riko <em>The Series</em> terhadap materi pelajaran Akidah Akhlak di kelas rendah MI dilihat dari segi materi pokok per bab (secara garis besar) serta berpedoman pada Kompetensi Dasar yang termaktub di dalam KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah.</p> 2022-03-01T14:55:00+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Lensa Pendas http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/article/view/1710 PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLY GAME SMART TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS 2022-03-11T06:07:17+00:00 Ria Kurniasari riakurniasari8@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media <em>pembelajaran monopoly game smart</em> terhadap kemandirian dan&nbsp; hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri Legok II Sumedang Tahun Pelajaran 2018/2019. Bentuk penelitian ini adalah <em>Quasi eksperimental design</em> dengan desain <em>one group pretest-postest</em>. Berdasarkan observasi yang dilakukan sebelumnya, didapatkan kelas V sebagai kelas eksperimen. Alat pengumpulan data yang digunakan terdiri dari tes tertulis dan lembar observasi. Berdasarkan analisis data skor menggunakan uji <em>paired t-test</em> (α=5%) diperoleh skor rata-rata hasil belajar pada <em>pretest </em>61,2 dan <em>posttest</em> 75,2. Kemudian diperoleh skor rata-rata observasi kemandirian yaitu 11,78 untuk <em>pretest</em> dan 20,79 untuk <em>posttest.</em> Hal tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran <em>monopoly game smart</em> terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa.</p> 2022-03-02T02:52:47+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Lensa Pendas http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/article/view/1711 PARENTING MODEL IN THE ESTABLISHMENT OF CHILDREN'S SOCIAL BEHAVIOR 2022-03-11T06:07:17+00:00 Hesti Ariestina hestiariestina@iainsalatiga.ac.id Umdzatul Atiqah umdzatulatiqah@gmail.com <p>This study aims to determine the model of parenting that is carried out by parents for their children in Plataran Hamlet, where this parenting model supports the success of parents in shaping children's social behavior. This study uses a qualitative method, this method is carried out to determine the appropriate parenting model for shaping children's social behavior. data collection by interview, observation and documentation. Data analysis used descriptive qualitative, namely the presentation in written form and explained what it was in accordance with the data. Checking the validity of the data in this study used source triangulation and time triangulation. The results obtained indicate that the parenting model in instilling children's social behavior has been implemented. The parenting style used by the parents in Plataran Hamlet is more dominant in the democratic parenting pattern, while the authoritarian parenting style is also used. There are two supporting factors, namely internal factors including the family environment, the establishment of children. external factors, namely formal education and non-formal education. There are two inhibiting factors, namely internal factors and external factors, namely the child's self, the family's economic situation. External factors are unfavorable environment and technological progress.</p> 2022-03-04T12:58:43+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Lensa Pendas http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/article/view/1712 BAGAIMANA GEJALA FISIK DAN MENTAL SISWA, GURU, DAN ORANG TUA PADA MASA PEMBELAJARAN PANDEMI COVID-19 DI SD? 2022-03-11T06:07:17+00:00 CHILDA CHITMANATUL AINI apriani25@upi.edu DANIATI GINAYANTI apriani25@upi.edu RAIDA YULIA apriani25@upi.edu SELIN NADIA ALWINI apriani25@upi.edu NANDANG RUSMANA apriani25@upi.edu IKA FITRI APRIANI apriani25@upi.edu <p style="text-align: justify;">Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kendala pada pembelajaran di masa pandemi covid-19 bagi siswa, guru dan orang tua siswa SD. Tuuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gejala yang dialami oleh siswa SD, orang tua dan guru. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan cara menyebar angket dalam bentuk <em>google form</em> kepada responden. Adapun responden yang terlibat terdiri dari 47 siswa SD (82,5%), 6 orang guru (5%), dan 4 orang tua (7%). Hasil penelitian ini mengungkap bahwa siswa SD sangat beresiko tinggi pada pembelajaran pandemi Covid-19 ini. Temuan penelitian ini juga menunjukkan adanya perbedaan gejala fisik dan mental antara kelompok anak, orang tua, dan guru. Penelitian menunjukkan gejala fisik dan mental merupakan salah satu gejala yang timbul dari <em>Post Traumatic Stress Disorder</em> (PTSD). Dari segi mental, pandemi COVID-19 memberikan dampak stres yang tidak biasa karena seseorang dapat terpapar dengan beberapa sumber stres secara bersamaan. Akibat dari timbulnya stres tersebut, mengakibatkan timbulnya gangguan terhadap kondisi kesehatan fisik.</p> 2022-03-10T02:08:15+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Lensa Pendas http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/article/view/1714 PEMANFAATAN POJOK BACA DALAM MENANAMKAN MINAT BACA SISWA KELAS 3 DI SDN 1 SEMPLO 2022-03-11T06:07:17+00:00 Aiman Faiz aimanfaiz@umc.ac.id <p>Tujuan penelitian ini upaya untuk menjaga budaya literasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara yang kemudian menghasilkan dokumentasi. Subjek penelitian di SDN 1 Semplo adalah siswa-siswi kelas tiga di SDN 1 Semplo. Hasil penelitiannya bahwa membuat pojok baca di kelas, atau membuat lebih nyaman dan menarik lagi perpustakaan sementara yang disiapkan oleh sekolah. Kesimpulannya adalah kegiatan inovasi pojok baca yang kami buat dari mulai observasi tempat sampai menemukan titik masalahnya yaitu kerusakan parah pada perpusatakan membuat kami berinisiatif untuk memecahkan masalah tersebut yaitu dengan membuat pojok baca. Desain inovasi tentunya adalah membuat pojok baca yang nyaman, kreatif dan lebih bergaya.</p> 2022-03-10T03:01:11+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Lensa Pendas