http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/issue/feed Jurnal Lensa Pendas 2022-09-01T03:11:22+00:00 Nana Sutarna nana@upmk.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;">Journal Lensa Pendas&nbsp; is a national scientific journal published by the Department of Elementary Education, STKIP Muhammadiyah Kuningan which contains the results of research that is raised from theoretical studies and results of research in the field of Elementary Education. Journal Lensa Pendas is published twice a year, namely in February and September. The purpose of this journal is to facilitate scientific publications which are the results of research conducted by students, teachers, academics and researchers. Journal Lensa Pendas contains various disciplines of <strong>Elementary Education</strong>, especially in the scope of <strong>policy</strong>,&nbsp;<strong>parenting</strong>,&nbsp;<strong>child development</strong>, and <strong>elementary&nbsp;problems.</strong></p> http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/article/view/1716 Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Pecahan Desimal melalui Tuan Ratu Pede pada Peserta Didik Kelas V SDN Kendal Rongkop 2022-09-01T03:11:21+00:00 Ana Fitrotun Nisa ananisa@ymail.com Riska Ashar Luthfia Erva riskaashar000@gmail.com <p style="text-align: justify;">Penelitian in bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung pecahan desimal melalui media Tuan Ratu Pede pada peserta didik kelas V SDN Kendal Rongkop Kabupaten Gunungkidung. Rendahnya hasil belajar materi operasi hitung pecahan desimal pada peserta didik menuntut guru untu melakukan inovasi pembelajaran. Alternatif solusi yang dilakkukan adalah dengan menggembangkan media yang dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep abstrak menjadi kongkret yaitu dengan kartu pasangan operasi hitung pecahan desimal (Tuan Ratu Pede). Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptid dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, pengamatan dan penilaian. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah meserta didik kelas V SDN Kendal yang berjumlah 11 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Tuan Ratu Pede dapat meningkatkan hasil belajar operasi hitung pecahan desimal peserta didik kelas V dengan hasil rata-rata hasil belajar 54,55 dengan persentase ketuntasan KKM sebesar 54, 55% meningkat menjadi 86, 36 dengan persentase ketuntasan KKM sebesar 100%.</p> 2022-08-31T10:07:02+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Lensa Pendas http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/article/view/1717 Implementasi Etnomatematika Melalui Permainan Tradisional “Gobag Sodor” Pada Materi Bilangan Bulat 2022-09-01T03:11:21+00:00 Sumiyati sumiyati.ariprasetyo@gmail.com Purwati purwatiartis@gmail.com <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Matematika berbasis budaya pada materi bilangan bulat melalui permainan tradisional “Gobag Sodor”. Permainann gobag sodor merupakan salah satu unsur etnomatematika. Etnomatematika atau pembelajaran matematika berbasis budaya merupakan strategi pembelajaran matematika dengan memasukkan unsur budaya di dalamnya. Unsur budaya tersebut bisa sebagai sumber belajar maupun media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian edeskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitati, yaitu data yang diperoleh selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan pada pembelajaran matematika materi bilangan bulat kelas VI SD Negeri Srepeng Semanu. Hasil penelitian menunjukkan aturan bermain pada permainan gobag sodor dapat dikembangkan sebagai media pembelajaran penjumlahan bilangan bulat. Belajar materi bilangan bulat melalui permainan gobag sodor memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa belajar matematika materi bilangan bulat dapat dilakukan dengan menemasukkan unsur budaya yaitu melalui permainan tradisional “Gobag Sodor”.</p> 2022-08-31T10:07:48+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Lensa Pendas http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/article/view/1836 Analisis Kemampuan Literasi Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum 2022-09-01T03:11:22+00:00 Tressa Linanda tressalinanda@upi.edu Deri Hendriawan derihendriawan@upi.edu <p>The National Assessment consists of a Minimum Competency Assessment (AKM), a Character Survey and a Learning Environment Survey. Literacy skills in AKM consist of informational text content and fictional texts by emphasizing students to be able to understand, evaluate, and reflect on texts on questions with the aim of developing individuals to be able to develop themselves optimally as Indonesian citizens. The location of this research was carried out by SD Negeri Lilang with the aim of identifying the reading literacy skills of fifth grade students in solving Minimum Competency Assessment simulation questions. The research approach used is a qualitative approach with content analysis methods. The subjects in this study were the researchers themselves. The object of the research is a simulation test sheet for class V students as many as 30 students. Data collection was carried out in this study using tests, interviews and documentation. The literacy ability of class V students got the results that from 30 students, as many as 20 students or 66.67% were in moderate ability.</p> 2022-08-31T10:16:44+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Lensa Pendas http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/article/view/1997 Pengaruh Video Pembelajaran Kalimat Tanya Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas VI 2022-09-01T03:11:22+00:00 Nuke Yulinda nukey71@gmail.com Sunanih sunanih@umtas.ac.id Muhammad Fahmi Nugraha m.fahminugraha@umtas.ac.id <p>Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa bahasa Indonesia khususnya dalam materi kalimat tanya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh video pembelajaran penggunaan kalimat tanya terhadap hasil belajar bahasa Indonesia kelas VI SDN 5 Imbanagara. Desain yang digunakan <em>nonprobability</em> dengan teknik <em>purposive sampling</em>.&nbsp;Teknik ini dipilih karena peneliti ingin memberikan kesempatan kepada kelas yang nilainya masih kurang dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu kelas VI-B untuk dijadikan kelas eksperimen dan kelas VI-A sebagai kelas kontrol. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VI SDN 5 Imbanagara sebanyak 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melakukan observasi, kemudian wawancara kepada guru dan tes kepada siswa. Tes yang diberikan tes <em>pre-test</em> dan <em>post-test</em>. Instrumen pengumpulan data yang digunakan instrumen tes (tes uraian). Data dianalisis dengan menggunakan <em>software Statistical Product and Service Solutions</em> (SPSS) versi 24. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa video pembelajaran penggunaan kalimat tanya memiliki pengaruh terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VI SDN 5 Imbanagara Kabupaten Ciamis. Hal ini terlihat dari perbedaan hasil nilai rata-rata pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai rat-rata pre-test sebesar&nbsp; 55,36 dan nilai post-test sebesar 93,81, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pre-test 59,04 dan nilai post-test sebesar 90,00. Uji hipotesis dilakukan menggunakan Independent Samples T-test. Dalam uji hipotesis diperoleh nilai&nbsp; thitung &gt; ttabel (2,387 &gt; 1,6972) sehingga dapat disimpulkan bahwa Hₐ diterima dan Hₒ ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kelas eksperimen dengan kelas kontrol, sehingga penggunaan video pembelajaran penggunaan kalimat tanya berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa Indonesia kelas VI SDN 5 Imbanagara Kabupaten Ciamis.</p> <p>&nbsp;</p> 2022-08-31T10:16:18+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Lensa Pendas http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/article/view/1835 Analisis Kemampuan Numerik Siswa Kelas V dalam Mengerjakan Soal Tipe HOTS 2022-09-01T03:11:22+00:00 NurBerlianty Silalahi nurberliantys@gmail.com Deri Hendriawan derihendriawan@upi.edu <p>Numeric capability is a person's capability to formulate, define, and interpret Mathematics in various contexts. This ability is also included in a person's high-level reasoning ability and ability in a problem that is related to digits.This study aims to identify the numeric capabilities of fifth-grade students by carrying out a trial test with numeric questions of the <em>higher order of thinking skill</em>(HOTS) type.The type of research used is qualitative with content analysis method accomplished at Lialang State Elementary School.The research respondent were fifth-grade students consisting of 35 students. The data collection technique was carried out with the interviews, observations, and trial test. The results of the study show that the numerical ability of students has a percentage of 53.33% of the students were in the medium-ability group, and 46,67% of the students were in the low-ability group.</p> 2022-08-31T10:10:53+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Lensa Pendas http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/article/view/1725 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Multiliterasi Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas III Sekolah Dasar 2022-09-01T03:11:22+00:00 Uun Nani uunnani11@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan model pembelajaran Multiliterasi Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas III SD NU Kaplongan Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu. 2) Mengetahui aktifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dipelajari oleh siswa kelas III SD NU Kaplongan Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu dan 3) Mengetahui hasil belajar siswa kelas III SD NU Kaplongan Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu dengan menggunakan model pembelajaran Multiliterasi. Dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran Multiliterasi. Penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK) desain Kurt Lewin, dengan 3 siklus dan tiap siklusnya terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.<br>Berdasarkan hasil penelitian diperoleh prosentasi skor nilai awal mencapai 30% dan skor prosentase siklus I untuk hasil belajar siswa mencapai 36,36%, pada siklus II skor untuk hasil belajar siswa mencapai 75,57% dan pada siklus III skor untuk hasil belajar siswa mencapai 80%. Sebagai tolak ukur keberhasilannya adalah jika indikator keberhasilannya mencapai 80%. sedangkan hasil penelitian yang diperoleh mencapai 80%. Jadi simpulan penelitian ini adalah pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan model pembelajaran multiliterasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sikap Percaya Diri Nabi Muhammad SAW di kelas III SD NU Kaplongan Kecamatan Karangampal Kabupaten Indramayu.</p> 2022-08-31T10:11:22+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Lensa Pendas http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/article/view/2041 Dampak Model Project based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Sekolah Dasar 2022-09-01T03:11:22+00:00 Dadan Setiawan dsetiawan@syekhnurjati.ac.id Yusuf Tri Herlambang yusufth@upi.edu <p><em>This study aims to explain the impact of the project based learning model on the ability to write explanatory texts for elementary school students. This study uses a quantitative approach with a quasi-experimental type. The research design used was a nonequivalent pretest posttest control group design. The population of this study was grade 5 elementary school students in Jamblang District. Sampling in this study was conducted by purposive sampling. The sample of this study amounted to 50 students who were divided into the experimental group and the control group. The data collection instrument in this study used a test to measure the ability to write explanatory texts of elementary school students. The research data were analyzed using the normality test, then continued with the Mann-Whitney test because the data were not normally distributed. The results showed that there was a significant effect of the project based learning model on students' writing skills. This can be seen from the significance value of 0.006 &lt;0.005. Thus the project based learning model has a positive impact on the ability to write explanatory texts for elementary school students.</em></p> 2022-08-31T10:11:52+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Lensa Pendas