Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Parisa Terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas V Materi Warisan Budaya Daerah

  • Ratih Kusuma Dewi Universitas PGRI Semarang
  • Choirul Huda Universitas PGRI Semarang
  • Istiqomah Istiqomah SDN Bugangan 02 Semarang
  • Joko Sulianto Universitas PGRI Semarang

Abstract

Penemuan hasil pembelajaran IPAS materi warisan budaya menjadi pendorong penelitian ini. Pendekatan PBL dengan bantuan media PARISA memberikan pengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V sekolah dasar. Selain itu untuk mengetahui apakah hasil belajar kognitif dari model PBL dengan berbantuan media PARISA sudah memenuhi standar KKTP. Penelitian ini menggunakan desain Pra-eksperimental, one group pre-test post-test mengambil tes sebelum dan sesudah perlakuan; itu bersifat kuantitatif. Ha diterima setelah menguji hipotesis penelitian dengan Uji Paired sample t-test yang menunjukkan bahwa Sig. = 0,000 < α = 0,05. Terlihat penggunaan model PBL dengan berbantuan media Parisa sangat berpengaruh terhadap hasil pembelajaran. Selain itu, uji T satu sampel pada penelitian ini menunjukkan bahwa t_hitung = 7,260 > t_tabel atau sig. 0,000 < 0,05, maka menerima Ha. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas V IPAS materi warisan budaya daerah mempunyai nilai minimum 75.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bintang, T. A., Ayu, N., Murniati, N., Adi, L. G., Guru, P., & Semarang, U. P. (2024). Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar IPAS Melalui Model PBL Berbantuan Media Papan Tempel Kelas IVB. November 2023, 1865–1871.

Hutami S. S., Yayuk, E., & Bintari, Y. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Keragaman Budaya Indonesia Terhadap Hasil Belajar Ipas Materi Keragaman Budaya Kelas Iv Sd Negeri Gabusbanaran Jombang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1804–1814. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8100

Kurniawati, P. V., Sufa, F. F., & Handini, O. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Menggunakan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Materi IPS di Kelas V SDN Karangasem II Surakarta Tahun Pelajaran 2022 / 2023. 7, 20352–20356.

Silvia A. D, Fenny Roshayanti, & Ngurah Ayu Nyoman M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas Iv Sd Negeri Gayamsari 02. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4362–4370. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1106

Solehah, S. H, Pramadyahsari, A. S., & Nugroho, A. . (2023). Pengaruh Model Pbl Berbantuan Canva Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3237–3246. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1011

Umbara, I. A.A. P., Sunjana, I. W., & Negara, I. . G. . A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Mimbar Ilmu, 25(2), 13. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154

Virgiantini, N. K. P., Suryawan, A. J., & Nirmayni, L. H. (2021). Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V. Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD, 2(1), 50–59.

Warayang, W. J., Ardi, B & Huda C. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Papan Tangram Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Iv Sdn Pandeanlamper 04 Materi Bangun Datar Segi Banyak Beraturan Dan Tidak Beraturan. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2),5335–5342. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1139

Wicaksana, Z. A., & Khotijah, D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning BerbantuanMedia Papan Pancasila di Kelas III Tema 8 Praja Muda Karana SDN 03 Jebol.

Zulfa, T. T. D. S. (2020). 1. Zulfa TTDS. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. J Basicedu. 2020;5(5):3(2), 524-532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Be. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Published
2024-09-01
Section
Articles
Abstract viewed = 25 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 11 times