Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Parisa Terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas V Materi Warisan Budaya Daerah
Abstract
Penemuan hasil pembelajaran IPAS materi warisan budaya menjadi pendorong penelitian ini. Pendekatan PBL dengan bantuan media PARISA memberikan pengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V sekolah dasar. Selain itu untuk mengetahui apakah hasil belajar kognitif dari model PBL dengan berbantuan media PARISA sudah memenuhi standar KKTP. Penelitian ini menggunakan desain Pra-eksperimental, one group pre-test post-test mengambil tes sebelum dan sesudah perlakuan; itu bersifat kuantitatif. Ha diterima setelah menguji hipotesis penelitian dengan Uji Paired sample t-test yang menunjukkan bahwa Sig. = 0,000 < α = 0,05. Terlihat penggunaan model PBL dengan berbantuan media Parisa sangat berpengaruh terhadap hasil pembelajaran. Selain itu, uji T satu sampel pada penelitian ini menunjukkan bahwa t_hitung = 7,260 > t_tabel atau sig. 0,000 < 0,05, maka menerima Ha. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas V IPAS materi warisan budaya daerah mempunyai nilai minimum 75.
Downloads
References
Hutami S. S., Yayuk, E., & Bintari, Y. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Keragaman Budaya Indonesia Terhadap Hasil Belajar Ipas Materi Keragaman Budaya Kelas Iv Sd Negeri Gabusbanaran Jombang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1804–1814. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8100
Kurniawati, P. V., Sufa, F. F., & Handini, O. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Menggunakan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Materi IPS di Kelas V SDN Karangasem II Surakarta Tahun Pelajaran 2022 / 2023. 7, 20352–20356.
Silvia A. D, Fenny Roshayanti, & Ngurah Ayu Nyoman M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas Iv Sd Negeri Gayamsari 02. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4362–4370. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1106
Solehah, S. H, Pramadyahsari, A. S., & Nugroho, A. . (2023). Pengaruh Model Pbl Berbantuan Canva Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3237–3246. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1011
Umbara, I. A.A. P., Sunjana, I. W., & Negara, I. . G. . A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Mimbar Ilmu, 25(2), 13. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154
Virgiantini, N. K. P., Suryawan, A. J., & Nirmayni, L. H. (2021). Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V. Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD, 2(1), 50–59.
Warayang, W. J., Ardi, B & Huda C. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Papan Tangram Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Iv Sdn Pandeanlamper 04 Materi Bangun Datar Segi Banyak Beraturan Dan Tidak Beraturan. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2),5335–5342. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1139
Wicaksana, Z. A., & Khotijah, D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning BerbantuanMedia Papan Pancasila di Kelas III Tema 8 Praja Muda Karana SDN 03 Jebol.
Zulfa, T. T. D. S. (2020). 1. Zulfa TTDS. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. J Basicedu. 2020;5(5):3(2), 524-532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Be. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971