Teachers' Efforts in Motivating Learning to Count Students in Class II of SD YPK Manggari

  • Max Eddy Rumbewas SD YPK Manggari Biak Papua

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan tentang upaya guru memotivasi belajar berhitung siswa.  Dalam rangka membangun suasana kelas yang sejuk dan menyenankan, sangat besar peranannya dalam membangkitkan motivasi siswa dalam proses belajar khususnya belajar berhitung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan, selanjutnya dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa observasi, wawancara, dan studi kepustakaan, Angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya guru dalam memotivasi belajar berhitung siswa kelas II SD YPK Manggari Distrik Poiru, berjalan efektif dengan baik dan lancar, hal ini juga ternyata sesuai dengan informasi yang diberikan oleh guru kelas II, tentang proses belajar mengajar yang berlangsung di SD YPK Manggari.

Keywords: Motivating, Learning, Counting

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dikdaktik dan Dirjen Dikdasmen. 1996. Dikdaktik Metodik umum, Jakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2007. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Munawir Yusuf. 2003. Pendidikan Bagi Anak dengan Problem Belajar, Solo.
Nawawi, Hadari. 1993. Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.
Oemar Hamalik. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara,
Sardiman, A.M. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Usman, Moh Uzer. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung, PT Remaja Roda Karya.

Usman, Moh Uzer. 2017. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya
Published
2019-10-01
Section
Articles
Abstract viewed = 80 times
PDF downloaded = 84 times