Learning Model Discovery Learning for Enhancing Storytelling Skills of Elementary School Students

  • Agni Kusuma Wardani Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Lia Mareza Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Dedy Irawan Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan bercerita siswa. Penelitian ini bertujuanĀ  untuk meningkatkan keterampilan bercerita menggunakan model discovery learning dan media pop up book. Teknik penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus, dan menggunakan desain penelitian Kemmis & McTaggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang dilakukan di SD Negeri 2 Purbadana menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan discovery learning dibantu dengan media pop up book berlangsung dengan baik. Hasil keterampilan bercerita pada siklus I mencapai rata-rata 3,1 dengan persentase ketuntasan sebesar 34%, artinya keterampilan bercerita siswa masih termasuk dalam kategori kurang. Pada siklus II rata-rata 3,9 dengan persentase ketuntasan sebesar 86%, artinya keterampilan bercerita siswa sudah termasuk dalam kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model pembelajaran discovery learning dibantu dengan media pop up book dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas IV SD Negeri 2 Purbadana.

Keywords: Keterampilan bercerita, discovery learning, pop up book

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fauzi, A.R., Zainuddin., & Rosyid. A. A. 2017. Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial melalui Discovery Learning. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2, 2, 27-36.

Kartini, D.A. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik tentang Materi Kebudayaan Indonesia melalui Penggunaan Media Pop Up Book Kelas V SDN Kebraon II Surabaya. JPGSD. 06, 09, 1644-1654.

Kusmaryono, H. 2015. Keefektifan Pembelajaran Discovery-Inkuiri Berbantuan CD Interaktif terhadap Hasil Belajar Materi Kurs Tukar Valuta Asing dan Neraca Pembayaran di SMA Negeri 1 Bae Kudus. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 10,1.

Liznawati & Retno. 2017. Peningkatan Kemampuan Bercerita Menggunakan Teknik Paired Storytelling. Jurnal Edukasi. 5, 2, 223-231.

Nurgiyantoro, B. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Bpfe-Yogyakarta.

Priyatni, E.T. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Rahmatilah, S., Syarip. H., & Seni. A. 2017. Media Buku Pop Up untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Rendah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 4, 1, 39-148

Sipahutar, R.B. 2018. Peningkatan Keterampilan Bercerita Melalui Model Pembelajaran Mind Map. Jurnal Global Edukasi. 2, 1, 75-81

Yustina, L. 2018. Peningkatan Kemampuan Menceritakan Kembali isi Cerita melalui Alat Peraga Gambar Seri di TK Negeri Pembina Kabupaten Sragen. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 12, 1, 190-200.
Published
2019-10-01
Section
Articles
Abstract viewed = 207 times
PDF downloaded = 408 times