PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MENGGUNAKAN STRATEGI MEMBACA DAN BERPIKIR SECARA LANGSUNG (MBL) TEMA 7 SUBTEMA 1 PADA SISWA KELAS IV B SD NEGERI BANGETAYU WETAN 01 SEMARANG

  • Meika Nurul Hidayah Program Studi PGSD Universitas PGRI Semarang

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dari penerapan model Think Pair Share terhadap kemampuan membaca tema 7 subtema 1 siswa kelas IV SD Negeri Bangetayu Wetan 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Eksperimental Design dengan rancangan One-Group PretestPosttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV B SD Negeri Bangteayu Wetan 01 Semarang. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas IV B yang berjumlah 37 siswa dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling berbentuk sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan tes. Hasil analisis pada nilai pretest 50,595 mencapai ketuntasan 100 % atau semua siswa tidak tuntas tuntas karena nilai tertinggi pada saat pretest hanya diangka 68, dibandingkan dengan nilai postest yang mencapai peningkatan di atas rata-rata 79,027 dengan ketuntasan 77% atau 30 siswa yang tuntas dan 23% atau 7 siswa belum tuntas. Perhitungani uji t yang diperoleh thitung = 39 dengan taraf signifikan 5% didapat nilai ttabel = 2,021 karena thitung 39 > ttabel 2,021 , dari uji t yang telah didapatkan terdapat perbedaan rata-rata yang mempengaruhi antara hasil pretest dan posttest.

Keywords: Model Think Pair Share, Strategi Membaca, mbl

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-19
Section
Articles
Abstract viewed = 149 times
PDF downloaded = 183 times