PEMANFAATAN POJOK BACA DALAM MENANAMKAN MINAT BACA SISWA KELAS 3 DI SDN 1 SEMPLO
Abstract
Tujuan penelitian ini upaya untuk menjaga budaya literasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara yang kemudian menghasilkan dokumentasi. Subjek penelitian di SDN 1 Semplo adalah siswa-siswi kelas tiga di SDN 1 Semplo. Hasil penelitiannya bahwa membuat pojok baca di kelas, atau membuat lebih nyaman dan menarik lagi perpustakaan sementara yang disiapkan oleh sekolah. Kesimpulannya adalah kegiatan inovasi pojok baca yang kami buat dari mulai observasi tempat sampai menemukan titik masalahnya yaitu kerusakan parah pada perpusatakan membuat kami berinisiatif untuk memecahkan masalah tersebut yaitu dengan membuat pojok baca. Desain inovasi tentunya adalah membuat pojok baca yang nyaman, kreatif dan lebih bergaya.
Downloads
References
Arwan. (2019). Pengaruh penerapan pojok baca di sekolah dasar terhadap minat baca peserta didik.
Ati Afriati, Ujang Jamaludin, I. N. (2021). Optimalisasi minat baca melalui program pojok baca di kelas v min 1 Kota Cilegon. 5(1), 81–89.
Aziza Nur Persia, Yuli Rohmiyati, S.Sos., M. S. (2013). Peran Perpustakaan anak dirumah sakit kanker dharmais Jakarta. 2, 0–7.
Faiz, A., & Soleh, B. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68–77. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250
Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tenteng Standar Proses Pendidikan dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud. Kementrian.
Khairi, D. (2017). Manfaat Layanan Program Sudut Baca pada Dinas Perpustakaan Kota Binjai.
lilissuryani. (2018). PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VI SDN 93 TOMBANG KECAMATAN WALENRANG KABUPATEN LUWU.
Muljono, P. (2018). Kerusakan buku di perpustakaan dan penanggulangannya: studi kasus di Institut Pertanian Bogor. In Jurnal Perpustakaan Pertanian: Vol. V (Issue 2, pp. 51–58).
Mulyo Teguh. (2017). Aktualisasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolahuntuk Menyiapkan Generasi Unggul Dan Berbudi Pekerti. Prosiding Seminar Nasional , 18–26.
Nahdli, H. F. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Melalui Sudut Baca Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Zhafira Keboansikep Sidoarjo. Surabaya : Uin Sunan Ampel.
National, G., & Pillars, H. (n.d.). Pemanfaan pojok baca kelas dalam peningkatan GSL.
Nurhadi. (2007). pengertian membaca. 8–37.
Rahayu, T. (2016). Penumbuhan Budi Pekerti Melalui Gerakan Literasi Sekolah. The Progressive and Fun Education Seminar, 179–183.
Rahim, F. (2011). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Bumi Aksara.
Rohim, cahya dhina, & Rahmawati, S. (2020). Di Sekolah Dasar Negeri. Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 2.
Septiary, D., & Sidabutar, M. (2020). Pelaksanaan program gerakan literasi sekolah (GLS) di SD Muhammadiyah Sokonandi. Epistema, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/ep.v1i1.32054
sinta zakiya. (2019). KREATIVITAS GURU DAN SISWA DALAM PENGELOLAAN.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Suyono, Titik, H., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116–123.
Witanto, J., Kristen, U., & Wacana, S. (2018). Rendahnya Minat Baca MINAT BACA YANG SANGAT RENDAH Mata Kuliah Manajemen Kurikulum. April.