PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLY GAME SMART TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS

  • Ria Kurniasari FKIP Universitas Sebelas April

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran monopoly game smart terhadap kemandirian dan  hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri Legok II Sumedang Tahun Pelajaran 2018/2019. Bentuk penelitian ini adalah Quasi eksperimental design dengan desain one group pretest-postest. Berdasarkan observasi yang dilakukan sebelumnya, didapatkan kelas V sebagai kelas eksperimen. Alat pengumpulan data yang digunakan terdiri dari tes tertulis dan lembar observasi. Berdasarkan analisis data skor menggunakan uji paired t-test (α=5%) diperoleh skor rata-rata hasil belajar pada pretest 61,2 dan posttest 75,2. Kemudian diperoleh skor rata-rata observasi kemandirian yaitu 11,78 untuk pretest dan 20,79 untuk posttest. Hal tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran monopoly game smart terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief S. Sadiman, dkk. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arsyad, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.

Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Gea, A.A., dkk. (2003). Character Building 1 Relasi dengan Diri Sendiri (edisi revisi). Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Husna. (2009). 100+ Permainan Tradisional Indonesia Untuk Kreativitas, Ketangkasan, dan Keakraban. Yogyakarta: Andi.

Jawandi, A. (2013). Bimbingan Kelompok Media Permainan Smart Monopoli Untuk Meningkatkan Krativitas Siswa. Jurnal pendidikan.

M. Rohman. & Sofyan. Amry. (2013). Strategi dan desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Suatu Panduan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Noviati, P.R. (2017). Penerapan Media Puzzle dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas III SDN 2 Paseh Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang. Golden Age: Jurnal Pendidikan Siswa Usia Dini. 1(1), 47-57

Sudjana. N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Published
2022-03-02
Section
Articles
Abstract viewed = 469 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 356 times