ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENGAJAR MENGGUNAKAN MEDIA SISOAL WHATSAPP

  • MEILANINGSIH STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • NANAN ABDUL MANAN STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Analisis Kesulitan Guru dalam Mengajar Menggunakan Media Sosial Whatsapp (Studi Kasus di SD Negeri 1 Dukuhmaja)”, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), 2020, halaman. Proses belajar mengajar berlangsung secara daring selama pandemi Covid-19. Salah satu alat yang digunakan untuk menunjang proses belajar mengajar di SD Negeri 1 Dukuhmaja adalah dengan menggunakan media sosial whatsapp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi guru dalam mengajar menggunakan media sosial whatsapp di SD Negeri 1 Dukuhmaja. Desain penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Sampel yang digunakan adalah seluruh guru SD Negeri 1 Dukuhmaja yang berjumlah 8 orang. Teknik pengumpulan data adalah observasi, angket dan dokumentasi, serta instrumen penelitian berupa pernyataan kuesioner berbantuan google form dengan 4 alternatif jawaban. Data dianalisis dengan cara reduksi, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan digital guru masuk dalam kategori tidak sulit, sementara keterampilan implementasi konten masuk dalam kategori sulit, sedangkan keterampilan assessment guru masuk dalam kategori tidak sulit

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, R. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ningsih, H. S. (2016). Analisis Kesulitan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Saintifik Pada Mata Pelajaran
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Published
2020-02-19
Section
Articles
Abstract viewed = 84 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 227 times