ANALISIS PEMBELAJARAN ONLINE MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MEKARSARI

  • Zulfa Faridatuz Zakiyah STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Oman Suryaman STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Saat ini, karena adanya pandemi covid 19 (Corona Virus Disease) maka pembelajaran matematika sangat tidak efektif dan tidak efisien. Siswa tidak dapat bertatap muka secara langsung dengan guru, dan teman-temannya. Pada masa pandemi covid 19 ini, siswa diminta belajar dirumah dengan menggunakan daring media sosial (online). Dalam pembelajaran online mata pelajaran matematika, banyak siswa yang mengeluh, dan tertinggal materi pembelajarannya. Siswa kesulitan dalam mengerjakan soal-soal yang telah diberikan oleh guru dengan media sosial. Guru harus selalu aktif dalam memberikan materi atau memberi informasi terkait pembelajaran online matematika pada saat ini. Selain itu, pada saat observasi peneliti menemukan kegelisahan orang tua dengan latar belakang pengetahuan dan penguasaan Ilmu Teknologi yang kurang sehingga hal tersebut menjadi keterbatasan mereka untuk membatu anak-anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembelajaran Online Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Mekarsari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah guru kelas V, kepala sekolah, 3 orang siswa kelas V sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan pada penelitian ini adalah Pelaksanaan pembelajaran online mata pelajaran matematika di kelas V SD Negeri Mekarsari kurang efektif. Alasan teknis tidak semua siswa memiliki handphone, kendala sinyal dan kuota. Alasan non teknis karena kemampuan belajar siswa yang berbeda, kemampuan orang tua dalam memberikan bimbingan berbeda, kesibukan orang tua

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi H. Abu dan Uhbiyati Nur. September 2007,Ilmu Pendidikan. (Jakarta: PT Rineka Cipta)
Apriyanto, M. Tohimin dan Lilis Herlina. 2020. Analisis Prestasi Belajar Matematika pada Masa Pandemi Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Proseding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika. Universitas Indraprasta PGRI: Jakarta. Hal 135-144.
Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI. (Jakarta: Rineka Cipta)
Arnesi Novita Dan Hamid K Abdul. Juni 2015. Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris, Dalam Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, Vol. 2. No. 1.
Hamalik Oemar. 2002. Proses Belajar Mengajar. (Jakarta: PT Bumi Aksara)
Hasratuddin. Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Dalam Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA. Vol 6 No.2
https://kbbi.kemendikbud.go.id/entri/kemudahan, (diunduh pada tangga (10 Januari 2021)
J. Moleong Lexy. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Rosdakarya).
Kamarullah. Juni 2017. “Pendidikan Matematika” Al-Kwarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. Vol 1. No 1.
Mulyaning Tyas Ni’mah. dalam Skripsi Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang
Nabila. 2020. Hambatan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Virus Corona di SDN 5 Purwawinangun. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. STKIP Muhammadiyah Kuningan.
Nakayama M, Yamamoto H, & S. R. The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students, Dalam Jurnal Wahyu Aji Fatma Dewi, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 2. No. 1 April 2020
Putri Balqis, N. U. (2014). Kommpetensi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada SMPN 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan , 25-38.
Putria, Hilna, Maula, Luthfi Hamdani, & Uswatun, Din Azwar. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Silaen Sofar dan Widiyono. 2013. Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: In Media.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsaputra Uhar. 2012. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif DanTindakan. (Bandung: PT Refika Aditama).
UU No.20 Tahun 2003 Tentang Sikdiknas Pasal 1 Ayat 20
Published
2021-02-26
Section
Articles
Abstract viewed = 104 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 112 times