Pengaruh Penerapan Model Moody Terhadap Hasil Belajar Memahami Makna Lirik Lagu Wajib Nasional Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sindangbarang Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan

  • Juju Juhaeriah STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Dadang Cunandar STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar memahami makna lirik lagu siswa kelas V masih relatif rendah, hal ini berdampak pada rendahnya nilai hasil belajar 22 siswa yaitu sebesar 48,55%, dari jumlah seluruhnya belum mencapai KKM dimana KKM Bahasa Indonesia  di SD Negeri 1 Sindangbarang sebagaimana telah ditetapkan yaitu 70. Model Moody dapat dijadikan alternatif yang dapat meningkatkan hasil belajar memahami makna lirik lagu dalam jangka waktu yang lebih panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Moody Terhadap Hasil Belajar Memahami Makna Lirik Lagu Wajib Nasional Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sindangbarang Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan. Desain penelitian ini menggunakan One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 1 Sindangbarang  yang berjumlah 22 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling total. Hasil penelitian nilai pretest yaitu 48,55. Hasil penelitian menunjukan terdapat Pengaruh Penerapan Model Moody Terhadap Hasil Belajar Memahami Makna Lirik Lagu Wajib Nasional Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sindangbarang Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus. 2015. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Replika Aditama
Afandi, Muhammad. 2013. Model dan Metode Pembelajaran diSekolah. Semarang: UNISSSULA Press
Aminuddin.2015. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Arifin, Zainal.2013. Evaluasi Pembelajaran.Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Aritonang, Keke T. 2008. Minat Dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur-No.10/Tahun ke-7/Juni 2008. Jakarta : Guru SMPK 1 Bpk Penabur. Diakses tanggal 21 februari 2019, jam 14.00 WIB, dari: https://www.academia.edu>minat_dan_motivasi_dalam_meningkatkan_hasil_belajar_siswa. Pdf.
Clarencia, Chiquita. 2018. Jenis-Jenis Makna Dari Lirik-Lirik Lagu Terlaris Boyband VIXX. Jurnal Skripsi. Universitas SAM Ratulangi Fakultas Ilmu Budaya Manado. Diakses tanggal 21 februari 2019, jam 14.00 WIB, dari: https://ejournal.unsrat.ac.id>article. Pdf.
Cunandar, Dadang.2017.Buku Pedoman Penyusunan Proposal dan Penulisan Skripsi. STKIP Muhammadiyah Kuningan: Lembaga Pengembangan Riset dan Teknologi.
Cunandar,Dadang.2019.Pengaruh Penerapan Model Moody Terhadap Kemampuan Siswa Kelas IV SD Dalam Memahami Isi Cerita. Jurnal Lensa Pendas Volume 4 Nomor 1, Februari 2019, Hal 28-35. STKIP Muhammadiyah Kuningan: Jurnal Lensa Pendas. Diakses tanggal 29 februari 2019, jam 12.10 WIB, dari: https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/article/view/484.Pdf
Daryanto. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media
Desternedi dkk. 2005. Meningkatkan Kemampuan Menyanyikan Lagu Wajib Nasionak Dengan Metode Solfegio di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD FKIP Universitas Jambi ISBN 978-602-70471-2-9. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa. Jambi : PGSD FKIP Universitas Jambi. Diakses tanggal 28 februari 2019, jam 18.10 WIB, dari: https://online-journal.unja.ac.id>view.Pdf.
Ditjen Dikdasmen. 2003. Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Ditjen Dikdasmen. Diakses tanggal 29 februari 2019, jam 12.10 WIB, dari: https://kelembagaan.ristekdikti.go.id.Pdf.
Djamarah dkk.2010.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Djojosuroto, Kinayati. 2006. Pengajaran Puisi, Analisis dan Pemahamannya. Bandung: Nuansa.
Faizi, Mastur. 2013.Ragam Metode Mengajar Eksakta Pada Murid. Jogjakarta: Diva Press
Gunawan, Indra.2016. Melalui Metoden Direct Instruction Berbantuan Media Audio Visual Dapat Meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air dan Keterampilan Menyanyikan Lagu Wajib Dikelas IV SD Negeri 2 Cilongok Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas.Jurnal FKIP UMP, 2016 Universitas Purwokerto. Diakses tanggal 28 februari 2019, jam 16.14 WIB, dari: prosiding.upgris.ac.id>view>2428.Pdf
Hartini, dkk.2017.Peran Lagu Wajib Nasional” Bagimu Negeri” Dalam Implementasi Pembelajaran Karakter Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Volume 1 Nomor 2a Desember 2017 P-ISSN: 2581-1800 E-ISSN: 2597-4122. Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Madiun . Diakses tanggal 28 februari 2019, jam 10.32 WIB, dari: https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/download/1040/723..Pdf
Indrawati. 2011. Modul Pembelajaran Fisika: Model-Model Pembelajaran Implementasinya dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Kementrian pendididkan Dan Kebudayaan Universitas Jember Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Jember, Juli 2011. Jember: PMIPA FKIP Universitas Jember. Diakses tanggal 28 februari 2019, jam 17.29 WIB, dari: https://repository.unej.ac.id>handle.Pdf.
Khusnul Khotimah. 2016 . Pengaruh Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Aktifitas Belajar.Surakarta Diakses tanggal 29 februari 2019, jam 15.49 WIB, dari: eprints.ums.ac.id.Pdf.
Komariah, Elynda.2017. Hubungan Kebiasaan Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SDN Dukuhbadag. Skripsi Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar.Kuningan: STKIP Muhammadiyah Kuningan.
Kusmana, Suherli. 2010. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Cerdas dan Kreatif.Ciamis: APBI Mandiri Press.
Massi, Grace. 2014. Analisis Unsur-Unsurr Struktur Batin Beberapa Puisi Dalam Antalogi Puisi ”Jakarta Berlin”. Jurnal Skripsi. Universitas SAM Ratulangi Fakultas Ilmu Budaya Manado. Diakses tanggal 28 februari 2019, jam 16.14 WIB, dari: https://media.neliti.com>publications.Pdf
Murtono, Sri, dkk.2005. Kerajinan Tangan dan Kesenian. Jakarta: Yudhistira.
Nurgiyantoro, Burhan.2010. Teori Pengkajian Fiksi.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Nurgiyantoro, Burhan.2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta
Pateda, Mansoer.2010. Semantik Leksikal. Jakarta: PT Rineka Cipta
Permana, Yudi. 2015. Model-Model Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Mengembangkan Profesional Guru. Bandung : UPI Press
Printina, Brigida Intan.2017. Strategi Pembelajaran Sejarah Berbasis Lagu-lagu Perjuangan Dalam Kontekks Kesadaran Nasionalisme. Jurnal Agastya Vol 7 No 1 Januari 2017. Jurusan Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Diakses tanggal 29 februari 2019, jam 13.14 WIB, dari: e-journal.inipma.ac.id>article>view.Pdf.
Purnomo, Agus dkk.2016.Pengembangan Aplikasi Info Lagu Nusantara Berbasis Android untuk melestarikan Warisan Budaya Indonesia.Jurnal SIMETRIS, Vol 7 No 2 November 2016 ISSN: 2252-4983. Fakultas MIPA, Program Studi D3 Teknik Informatika Universitas Sebelas Maret. Diakses tanggal 28 februari 2019, jam 16.14 WIB, dari: jurnal.umk.ac.id>simet>article>view.Pdf.
Rahmanto,B. 1995. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius
Rohmah, Ai Nur. 2017. Pengarauh Penerapan Model Moody Terhadap Kemampuan Memahami Isi Cerita Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Karoya Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan. Skripsi Program Studi Pendididkan Guru Sekolah Dasar. Kuningan: STKIP Muhammadiyah Kuningan
Rusmawan dkk.2009.Ilmu Pengetahuan Sosial 5 Untuk Sekolah Dasar & Madrasah Ibtidaiyah Kelas 5.Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Rusyana, Yus. (2000). Prasa Tradisional : Pengertian, Klasifikasi, dan teks. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Rusyana, Yus. dan M. Suryaman. (2004). Pedoman Penulisan Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD, SMP, dan SMA. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Saleh.2011.Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Efektivitas Pembelajaran Pada Mts PUI Cikaso.Skripsi Program Studi Agama Islam.Kuningan: Sekolah Tinggi Islam Al-Ihya.
Sapardan, Dadang Ahmad.2005. Penerapan Model Respons Analisis & Model Moody dalam Pembelajaran Apresiasi Cerita Pendek. Bandung:UPI
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR Ruzz Media
Simanjuntak, W.S.2007. Indonesiaku Persadaku Dengan Rangkaian Lagu-lagu Wajib Lagu-lagu Daerah Dilengkapi Dengan Akrod Gitar. Jakarta: Cv Titik Terang
Siregar, Eveline. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Soemanto, Wasty. 1990. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit PT Ganindo
Subana,M. 2011. Starategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Berbagai Pendekatan, Metode, Teknik, dan Media Pengajaran. Bandung: Cv Pustaka Setia
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Cv Alfabeta
Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Cv Alfabeta
Supriatun. Pedoman Nasah Porto Folio Karya Seni Monumental Pertunjukan. Jakarta:Depdiknas. 2008. Diakses tanggal 28 februari 2019, jam 16.14 WIB, dari: https://scribd.com>doc>pedoman>naskah>por_to_folio>karya seni>monumental.
Suprihatin, Titin. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran PQRST (Preview, Question, Read, Summary, dan Test) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Rakyat Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sindangbarang Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan.Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Kuningan: STKIP Muhammadiyah Kuningan.
Sutarna, Nana. 2016. Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Dalam Prespektif Islam. Kuningan :Upmk Press
Tatang.2012. Ilmu Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Tonggengbio, Christien. 2014. Pengembangan Tema Cinta Dalam Lirik-lirik Lagu Eisblume. Jurnal Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Universitas SAM Ratulangi Fakultas Ilmu Budaya 2014. Diakses tanggal 28 februari 2019, jam 16.14 WIB, dari: prosiding.upgris.ac.id>view>2428.Pdf
Toyiba, Fitriyani dkk. Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Pada Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Diakses tanggal 28 februari 2019, jam 16.14 WIB, dari: eprints.umsida.ac.id.Pdf
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Wardani, Ventiana Nervi. 2016. Keefektifan Model Sinektik Dan Model Moody Dalam Pembelajaran Menyusun Teks Cerita Fabel Berbantuan Media Gambar Pada Peserta Didik kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Skripsi Fakultas Bahasa dan Seni. Semarang :UNNES Press. Diakses tanggal 28 februari 2019, jam 16.14 WIB, dari: lib.unnes.ac.id.Pdf
Widodo, Wahyu dkk. 2015. Pendidikan Kewarganegaraan Pengantar Teori. Yogyakarta: CV.Andi Offeset
Yamin, Sopyan dkk. 2014. SPSS Complete Teknik Analisis Statistik Terlengkap Dengan Software SPSS. Jakarta: Salemba Infotek.
Published
2022-01-19
Section
Articles
Abstract viewed = 212 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 229 times