ANALISIS KOMPETENSI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS III SDN 3 CILEUYA

  • Sela Sri Novianti STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Agus Saeful Anwar STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Analisis Kompetensi Guru terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran IPS di Kelas III SDN 3 Cileuya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru dan motivasi belajar pada mata pelajaran IPS di SDN 3 Cileuya. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif penelitian ini akan mengahasilkan deskripsi dan analisis yang berkaitan dengan kompetensi guru dan motivasi belajar pada mata pelajaran IPS kelas III SDN 3 Cileuya. Lokasi penelitian bertempat di SD Negeri 3 Cileuya dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas III guru beserta kepala sekolah sebagai informan. Teknik pengumpulan data dan instrumen adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian angket menunjukan  83% kompetensi pedagogik guru sudah dimiliki 75% kompetensi kepribadian yang dimiliki oleh guru kelas III 77% kompetensi sosial yang dimiliki guru kelas III dan 78% kompetensi professional yang dimiliki oleh guru kelas III. Dalam mengajar mata pelajaran IPS menunjukan hasil angket yang diperoleh adalah 79% kategori kompetensi yang dimiliki guru menunjukan bahwa guru kelas III dalam mengajar  sudah baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamarah, Bahari.2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya-Indonesia: Usaha Nasional.
Ischak, 2007. Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Novauli Feralys, 2015. Kompetensi Guru dalam Peningkatan Prestasi Belajar: Universitas Syiah Kuala.
Sadulloh, Uyoh dkk. 2014. Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta cv.
Satori, Djam’an dkk. 2008. Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta cv.
Suprihatin Siti, 2015. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Muhammadiyah Metro.
Published
2022-01-19
Section
Articles
Abstract viewed = 375 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 274 times