Pelatihan Senam Pelajar Indonesia Bagi Guru Pendidikan Jasmani Koordinator Wilayah Kesesi

Pelatihan Senam Pelajar Indonesia Bagi Guru Pendidikan Jasmani Koordinator Wilayah Kesesi

  • Gilang Nuari Panggraita universitas muhammadiyah pekajangan pekalongan
  • Idah Tresnowati Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Mega Widya Putri Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Abstrak

Kurangnya kompetensi guru dalam menguasai materi senam ritmik untuk mengoptimalkan pembelajaran melalui pemanfaatan media, potensi yang dimiliki oleh guru dan siswa, serta kemauan untuk meningkatankan kemampuan dalam materi aktivitas ritmik. Minimnya model pembelajaran senam yang umumnya bersifat kaku dan monoton menyebabkan minat siswa menurun. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan kepada guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan mengenai Senam Pelajar Indonesia yang dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran aktivitas ritmik. Metode pendekatan dalam kegiatan ini menggunakan metode demonstrasi, ceramah dan diskusi. Pelaksanaan kegiatan terdiri dari 5 tahap yang diakhiri dengan evaluasi hasil pelatihan. Hasil pelatihan yang diikuti oleh 32 peserta ini adalah peningkatan kompetensi pedagogik dalam memahami dan mempraktikkan Senam Pelajar Indonesia dalam pembelajran aktivitas ritmik,  meningkatkan konsistensi dan tanggungjawab guru dalam menyampaikan materi aktivitas ritmik, yang pada akhirnya dapat meningkatkan motivasi belajar siswa melalui Senam Pelajar Indonesia sebagai media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan gerak serta karakteristik siswa sekolah dasar.

Kata Kunci: Aktivitas Ritmik, Senam

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2021-01-25
Abstrak viewed = 251 times
pdf downloaded = 270 times