PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B TK SITI FATIMAH PURWAWINANGUN

  • Ahmad Fajri Lutfi STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional melalui media animasi pada anak Kelompok B TK Siti Fatimah Purwawinangun Kuningan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah 28 anak Kelompok B yang terdiri dari 19 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Objek penelitian adalah kemampuan sosial emosional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila skor rata-rata kelas dalam kemampuan sosial emosional mencapai 75%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan sosial emosional anak melalui media animasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah perkembangan kemampuan sosial emosional anak kelompok B TK Siti Fatimah sudah baik? 2) Apakah perkembangan kemampuan sosial emosional anak kelompok B TK Sifi Fatimah meningkat sesudah penggunaan media animasi dalam proses pembelajaran? Hipotesis dalam penelitian adalah terdapat perbedaan yang signifikan pada perkembangan sosial emosional anak antara sebelum dan sesudah menggunakan media animasi. Hasil penelitian adalah perkembangan sosial emosional anak sebelum menggunakan media animasi masih rendah, baru mencapai nilai rata-rata 5,57 Perkembangan sosial emosional anak setelah menggunakan media animasi ternyata meningkat dari nilai ratarata sebelum menggunakan media animasi 5,57 menjadi 8,14. Penggunaan media animasi ternyata mempunya pengaruh terhadap perkembangan sosial emosional anak, dapat dilihat dari hasil uji t berpasangan = 6,6 dan = 2,003 atau > artinya Ho ditolak.

Keywords: kemampuan sosial emosional, media animasi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-12-01
Section
Articles
Abstract viewed = 239 times
PDF downloaded = 160 times