PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS WEB UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANJARINGAN DASAR DI SMK MUHAMMADIYAH 3KUNINGAN

  • Yoyo Zakaria STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Berdasrkan hasil observasi dengan guru mata pelajaran jaringan dasar dengan melihat hasil ujian tengah semester ganjil yaitu hanya 54 % siswa yang lulus KKM, hal ini disebabkan kurangnya penguasaan siswa terhadap konsep jaringan komputer dikarnakan keterbatasan alat praktik dan kurangnya media pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media pembelajaran elearning berbasis web terhadap hasil belajar siswasehingga dapat membantu dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada mata pelajaaran jaringan dasar.Metode penelitian yang digunakan penulis adalah menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, angket, dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X TKJ pada SMK Muhammadiyah 3 Kuningan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random atau sampel acak. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah pretest - posttest control group design. Uji beda dilakukan untuk mengukur perbedaan efektivitas media pembelajaran E-Learning berbasis web dan media pembelajaran konvensional berdasarkan kriteria hasil belajarnya. Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan antara variabel Independen (x) dengan variabel lainnya, dengan hasil terakhir thitung sebesar 3,946 dan ttabel = 1,678, karena thitung = 3,946 > ttabel = 1,678.Sehingga \dapat diasumsikan bahwa Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar antaramenggunakan metode pembelajaran e-learning berbasis web lebih tinggi dibandingkan dengan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran biasa(konvensional). Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran e-learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Jaringan Dasar

Keywords: hasil belajar siswa, e-learning berbasis web

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-05-01
Section
Articles
Abstract viewed = 89 times
PDF downloaded = 83 times